Cara Mengubah Kursor di Mac, Chromebook, atau PC Windows

Satu hal yang ingin dilakukan banyak orang ketika mereka mendapatkan gadget baru adalah mempersonalisasikannya.

Benar; banyak dari kita menyukai komputer atau smartphone kita untuk mencerminkan kepribadian kita. Anda dapat mengubah beberapa hal dasar di laptop baru Anda, seperti gambar latar belakang, untuk memilih sesuatu yang lebih pribadi. Anda juga dapat mengubah warna jendela ke warna favorit Anda atau mencoba mode gelap.

Tapi tahukah Anda bahwa Anda dapat masuk ke lebih detail?

Misalnya, ubah kursor?

Jika itu yang ingin Anda lakukan, artikel ini telah membantu Anda tertutup.

Cara Mengubah Kursor di Chromebook

Bagian ini akan memandu Anda dalam mengubah kursor di Chromebook. Misalkan Anda tidak ingin menggunakan kursor default Chromebook biasa. Dalam hal ini, Anda memiliki banyak opsi untuk membuatnya lebih menarik.

Ada berbagai metode yang dapat diterapkan pengguna Chromebook untuk mengubah kursor, tergantung pada seberapa unik yang mereka inginkan.

Jika Anda hanya ingin mengubah ukuran atau warna kursor, Anda dapat melakukan ini dalam beberapa langkah sederhana melalui Pengaturan. Mereka yang menginginkan sesuatu yang lebih menarik akan memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Dari Pengaturan
Nyalakan Chromebook Anda dan buka menu Sistem. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, cukup arahkan ke sudut kanan bawah dan klik waktu. Saat menu Sistem terbuka, pilih ikon roda gigi di bagian atas untuk membuka Pengaturan. Anda akan melihat menu di sebelah kiri saat Jendela pengaturan terbuka. Pilih Aksesibilitas. Jika Anda tidak dapat menemukan tab ini, pilih bagian Lanjutan untuk membuka menu baru di bawah ini. Pilih opsi kedua – Kelola fitur aksesibilitas lalu, dari menu ini, pilih Mouse dan touchpad. Anda akan melihat opsi terkait kursor yang berbeda di sini . Pilih Tampilkan kursor mouse besar untuk mengubah ukurannya. Secara default, ini akan disetel ke besar saat Anda mengklik tombol, tetapi Anda dapat membuatnya menjadi sedang atau kecil menggunakan opsi Sesuaikan ukuran kursor yang akan Anda lihat di bawah. Opsi lainnya memungkinkan Anda menyorot kursor saat memindahkannya dan menyesuaikan ketukan dan opsi tarik. Apakah Anda ingin menyesuaikan kecepatan kursor atau mengubah arah gulir? Anda dapat melakukan semua ini dalam pengaturan Perangkat dan Panel Sentuh, dapat diakses dari panel Pengaturan.

Perhatikan bahwa Anda dapat mengaktifkan pintasan Aksesibilitas di menu Sistem; Anda dapat melewati beberapa langkah ini.

Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengubah lebih banyak fitur kursor, Anda dapat mengunduh ekstensi Chrome yang memungkinkan Anda melakukannya. Anda akan menemukan beberapa opsi yang bekerja dengan sangat baik di Chromebooks.

Kami merekomendasikan Kursor Saya atau Kursor Kustom karena pustaka kursornya cukup besar, dan Anda memang akan menemukan sesuatu yang Anda sukai. Jika Anda menggunakan aplikasi Android atau Linux, jangan heran jika kursor kembali seperti semula. Aplikasi ini tidak kompatibel dengan ekstensi Chrome yang telah kami sebutkan.

Cara Mengubah Kursor di Windows 10

Kursor default mungkin merupakan pilihan yang paling mudah, dan kebanyakan orang masih menggunakannya, tetapi bagaimana jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Inilah cara Anda dapat mengubah kursor jika Anda adalah pengguna Windows 10. Navigasikan ke bilah tugas dan klik tombol Windows di sudut kiri bawah. Anda juga dapat menekan tombol Windows pada keyboard Anda jika Anda mau. Ketika menu muncul, gulir ke Pengaturan dan klik untuk membuka. Di jendela Pengaturan, Anda akan melihat opsi Perangkat; klik itu. Dari menu di sebelah kiri, pilih Mouse. Anda juga dapat mencapai langkah ini lebih cepat – ketika Anda membuka menu Windows, mulailah mengetik “mouse” dan klik pada hasil pertama di sebelah kiri. Setelah di tab Mouse, pilih opsi Mouse tambahan di sebelah kanan. Dari pop-up jendela, pilih tab kedua, bernama Pointers. Di bawah Skema, Anda akan melihat bahwa itu adalah default untuk Windows, dan di bawah Kustomisasi, Anda akan melihat daftar kursor yang tersedia. Anda juga dapat mengklik Browse jika Anda ingin menambahkan kursor pihak ketiga yang telah Anda unduh. Namun, sebelum Anda melakukannya, Anda akan dapat memilih dari beberapa kursor yang sudah tersedia di Windows karena mengklik Browse akan membawa Anda langsung ke folder Cursors. Saat Anda memilih kursor baru, klik Apply dan kemudian OK untuk menyimpan perubahan.
Perhatikan bahwa Anda akan menggunakan kursor pada latar belakang yang berbeda. Pastikan selalu terlihat dan sesuai dengan resolusi yang berbeda.

Mengubah Warna dan Ukuran

Jika Anda hanya ingin mengubah warna atau ukuran kursor, ikuti petunjuk di bawah.
Klik ikon Windows atau tekan pada keyboard Anda.Ketik “Ease of Access.”Pilih pengaturan mouse dari hasil yang Anda dapatkan. Dari daftar di sebelah kiri, pilih Kursor & penunjuk. Di sini Anda dapat menyesuaikan ukuran penunjuk dan warnanya. Selain itu, Anda dapat mengubah ketebalannya sehingga lebih jelas di latar belakang apa pun.
Cara Mengubah Kursor di Mac

Pengguna Mac juga dapat menyesuaikan kursor mereka, meskipun mereka mungkin tidak memiliki banyak opsi. Jika kursor standar tidak sesuai dengan preferensi Anda, inilah yang perlu Anda lakukan untuk membuatnya lebih sesuai dengan kebutuhan Anda dan menjadi lebih terlihat di layar.

Untuk mengakses kursor, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Klik menu Apple.Pilih Sistem Preferensi dan dari sana, pilih Aksesibilitas. Dari menu yang baru dibuka, pilih Tampilan. Pilih Penunjuk untuk melihat fitur apa yang dapat Anda ubah. Pindahkan penggeser di sebelah Ukuran penunjuk untuk menambah atau mengurangi ukuran kursor. Pilih kotak di sebelah Warna garis penunjuk atau Pointer fill color.
Catatan: Jika Anda cenderung kehilangan kursor, pastikan untuk mencentang kotak di sebelah Shake mouse pointer to find. Ini akan memperbesar ukuran kursor Anda dan membuatnya lebih mudah ditemukan.

Option 1

Anda mungkin tidak dapat mengubah warna kursor, tetapi ada sesuatu yang dapat Anda coba. Jika Anda memindahkan penggeser di sebelah Kontras tampilan, Anda dapat membuat kursor lebih mudah ditemukan di layar. Warnanya bervariasi dari terang ke gelap.

Opsi 2

Anda dapat mengaktifkan opsi cari. Jika Anda tidak dapat menemukan kursor di layar, fitur ini memungkinkan Anda untuk menggerakkan jari di bidang sentuh atau menggerakkan mouse dengan cepat (atau cukup menggoyangkannya) untuk memperbesar kursor selama beberapa detik. Hal ini memudahkan untuk menemukan.

Option 3

Misalkan Anda ingin kursor menjadi lebih besar secara permanen. Dalam hal ini, Anda dapat menavigasi ke opsi kedua dan menyeret penggeser untuk membuat kursor lebih besar atau lebih kecil.

Tergantung pada versi Mac OS yang dijalankan komputer Anda, langkahnya mungkin sedikit berbeda. Anda mungkin perlu mengklik Akses Universal alih-alih Aksesibilitas. Namun, ikon akan berada di tempat yang sama dalam panel System Preferences.

Cara Mengganti Kursor pada Laptop Dell

Cara mengubah kursor tidak bergantung pada laptop atau komputer desktop Anda, kecuali jika Anda memiliki Mac, yang berbeda dari sistem operasi lain.

Jika laptop Dell Anda menjalankan OS Windows, periksa bagian artikel, di mana kami menjelaskan cara mengubah kursor di Windows 10. Jika Anda memiliki versi yang lebih lama, nama opsi mungkin berbeda dan lebih terbatas , tetapi langkah-langkahnya sangat mirip.

Mengubah Kursor di Linux

Dan bagaimana jika Dell Anda berjalan di Linux? Berikut cara mengubah kursor dalam kasus ini, meskipun Anda hanya dapat memilih ukuran yang berbeda.
Buka Dash Ubuntu, navigasikan ke sudut kanan atas layar Anda, dan pilih panah bawah. Kemudian, klik Pengaturan. Ketika jendela Pengaturan terbuka, pilih Akses Universal dari menu di sebelah kiri. Di kolom Melihat, Anda akan melihat opsi Ukuran Kursor. Klik untuk membuka lima ukuran berbeda dan pilih yang Anda inginkan. Perhatikan bahwa ukuran terkecil juga merupakan opsi default.
Di mana Mengunduh Kursor Baru

Apakah Anda tidak puas dengan opsi yang tersedia di komputer Anda? Seperti yang telah kami sebutkan, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau ekstensi untuk mengunduh kursor baru yang menarik dan menginstalnya di komputer Anda.

Pustaka apa pun yang Anda pilih untuk diunduh, kursor ini biasanya akan datang dalam paket tema. Mungkin juga ada skema yang tersedia. Kedua metode ini cukup sederhana.

Jika Anda mengunduh paket tema, itu akan secara otomatis diterapkan setelah mengunduh file dan mengklik dua kali di atasnya. Ini karena paket ini biasanya berisi file penginstal, sehingga mudah digunakan.

Jika Anda mengunduh skema, mungkin diperlukan beberapa klik lagi. Setelah menyelesaikan unduhan, Anda harus membuka folder dan mencari file .inf. Ketika Anda menemukannya, klik kanan padanya dan tunggu menu drop-down muncul. Dari sana, pilih Instal. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan di bagian Windows 10.

Ketika Anda membuka Pointer, Anda akan melihat paket yang baru diunduh di menu tarik-turun di bawah Scheme.

Jika Anda tidak yakin pustaka kursor mana yang harus dikunjungi, kami sarankan Buka Pustaka Kursor atau Kursor 4 U, tempat Anda dapat menemukan semua jenis set kursor. Selain itu, jika Anda menggunakan Chrome, Anda dapat memasang ekstensi Kursor Khusus untuk menemukan tema baru.

Menikmati Kursor Baru

Komputer apa pun yang Anda miliki, Anda dapat dengan cepat mengubah ukuran atau kontras kursor agar lebih mudah dikenali di layar.

Dan jika Anda menginginkan lebih dari itu, tidak masalah. Tidak perlu terpaku pada kursor lama yang sama jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih trendi atau lebih cocok dengan kepribadian Anda. Anda dapat memilih hampir semua tema yang Anda inginkan karena ada perpustakaan kursor dengan semua jenis paket kursor: kartun, musim, selebriti, olahraga, makanan, dan banyak lagi.

Apakah Anda menyiapkan komputer untuk anak Anda? Kami yakin mereka akan menyukai Frozen atau Toy Story. Apakah Anda ingin kursor yang tampak berkelas cocok dengan latar belakang Mac profesional Anda? Anda akan menemukan sesuatu yang cocok di perpustakaan ini.

Sudahkah Anda mencoba mengubah pengaturan kursor Anda? Apakah Anda punya ide menarik untuk dibagikan? Beri tahu kami tentang mereka di bagian komentar di bawah.