Cara Mengubah Manajer Tampilan Default di Desktop Ubuntu

Semua sistem Desktop Linux memiliki manajer tampilan default, yang bertanggung jawab untuk otentikasi pengguna dan memuat lingkungan desktop. Setelah sistem mulai, manajer tampilan memulai layar login, dan setelah otentikasi pengguna berhasil, ia memuat lingkungan desktop. Itu juga mengontrol sesi pengguna.

gdm3, lightdm, dan sddm adalah beberapa program pengelola tampilan yang populer. gdm3 adalah default untuk desktop Gnome, dan sddm adalah default yang digunakan oleh desktop KDE. lightdm adalah manajer tampilan lintas desktop yang ringan.

Tutorial ini akan membantu Anda mengubah manajer tampilan default di sistem desktop Ubuntu Anda.
Mengubah Manajer Tampilan Default di Ubuntu

Sebelum melakukan perubahan, sebaiknya aktifkan server ssh di sistem Anda. Jadi jika manajer tampilan baru gagal memuat Anda masih memiliki akses sistem melalui koneksi ssh.

Gunakan langkah-langkah berikut untuk menginstal manajer tampilan lightdm dan mengubah manajer tampilan default di sistem Ubuntu.
Periksa Manajer Tampilan Saat Ini – Untuk memulai, Anda perlu memeriksa manajer tampilan default saat ini.

cat /etc/X11/default-display-manager /usr/sbin/gdm3 

Installing Required Display Manager – LightDM adalah manajer tampilan lintas desktop yang mendukung berbagai desktop teknologi. Ini adalah manajer tampilan yang lebih ringan, dan lebih cepat daripada gdm3.
Gunakan perintah berikut untuk menginstal manajer tampilan LightDM:

sudo apt update Sudo apt install lightdm

Change Default Display Manager – Anda dapat mengubah manajer tampilan default kapan saja dengan menjalankan perintah berikut:

sudo dpkg-reconfigure gdm3 

Cara Mengganti Pengelola Tampilan di UbuntuMengganti Display Manager di Ubuntu
Anda akan melihat layar seperti di bawah ini. Ini akan mencantumkan semua manajer tampilan yang diinstal pada sistem Anda.

Gunakan tombol panah ATAS+BAWAH keyboard untuk memilih manajer tampilan yang diperlukan. Kemudian tekan tombol Tab untuk memilih Ok dan tekan Enter. Verifikasi Perubahan – Anda telah berhasil mengubah pengelola tampilan default pada sistem Ubuntu Anda. Untuk memverifikasi perubahan, jalankan perintah berikut.

cat /etc/X11/default-display-manager /usr/sbin/lightdm 

All done. Nyalakan ulang sistem Anda untuk memuat Desktop dengan pengelola tampilan yang baru dikonfigurasi. Kembalikan Semua Perubahan

Anda dapat mengembalikan perubahan di atas dengan menggunakan perintah:

sudo dpkg-reconfigure gdm3 

Pilih pengelola tampilan yang dikonfigurasi sebelumnya dan tekan tombol Ok.
Conclusion

Dalam panduan ini, Anda telah mempelajari cara mengubah tampilan default manajer pada sistem desktop Ubuntu. Ini juga termasuk langkah-langkah untuk menginstal manajer tampilan lightdm yang ringan dan lebih cepat.

Manajer tampilan default selalu diinstal selama instalasi Lingkungan Desktop. Manajer desktop juga memungkinkan Anda memilih lingkungan desktop di layar login.

Referensi tecadmin.com