Cara Mengubah Penghemat Layar di Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin menambahkan beberapa bakat grafis pribadi ke Mac Anda—atau mencegah burn-in pada layar OLED, plasma, atau CRT—macOS memungkinkan Anda memilih dari sejumlah screen saver yang menarik. Berikut cara mengaturnya.

Bagaimana Cara Kerja Screen Saver?

Beberapa jenis monitor dan perangkat TV yang mungkin Anda hubungkan ke Mac dapat mengalami burn-in, yang berarti area tertentu pada layar akan menurun kualitas gambarnya seiring waktu jika terus menampilkan gambar statis yang sama. Teori di balik screen saver adalah bahwa mereka terus-menerus menampilkan gambar bergerak yang cair yang menyebabkan gambar berubah sehingga tidak ada area yang akan terbakar.

Bahkan jika Anda tidak khawatir tentang burn-in (seperti seperti panel LCD di sebagian besar monitor modern), screen saver juga merupakan cara yang menyenangkan untuk menyesuaikan Mac Anda. Anda dapat menggunakannya untuk hal-hal menyenangkan seperti menampilkan pesan khusus, menampilkan sampul album, atau memutar tayangan slide foto favorit Anda saat Anda tidak menggunakan mesin Anda.

Perlu dicatat bahwa jika Anda tidak akan menggunakan Mac untuk sementara, Anda dapat mengatur macOS untuk mematikan layar Anda secara otomatis atau cukup menidurkan Mac, yang dapat membantu Anda menghemat daya dari waktu ke waktu.

Cara Mengonfigurasi Screen Saver di Mac

Untuk mengonfigurasi layar saver di Mac, Anda harus mengunjungi aplikasi System Preferences bawaan. Buka System Preferences dengan mengeklik logo Apple di bilah menu, lalu pilih “System Preferences” di menu yang muncul.

Ketika System Preferences terbuka, pilih “Desktop & Screen Saver.”

Di preferensi Desktop & Screen Saver, Anda akan melihat desktop opsi wallpaper secara default. Klik tab “Screen Saver” di dekat bagian atas jendela untuk melihat opsi screen saver sebagai gantinya.

Di tab Screen Saver, Anda akan melihat daftar screensaver yang tersedia dengan thumbnail di kolom di sisi kiri jendela. Gulir melalui mereka dan pilih yang ingin Anda gunakan dengan mengkliknya. Anda akan melihat pratinjau animasi muncul di bagian kanan jendela.

Setelah memilih screensaver yang ingin Anda gunakan, Anda dapat membuat screen saver muncul secara otomatis setelah jangka waktu tertentu dengan mencentang kotak di samping “Show screen saver after” lalu memilih waktu (seperti “5 Menit”) di menu tarik-turun.

Pada layar yang sama, Anda juga dapat mencentang kotak yang memilih screen saver acak setiap kali atau menampilkan jam dengan screen saver. Atau Anda dapat mengklik “Hot Corners” untuk memicu screensaver saat Anda meletakkan kursor mouse di sudut tertentu layar.

Setelah selesai, tutup System Preferences, dan perubahan Anda akan disimpan secara otomatis. Jika Anda ingin menonaktifkan screensaver, kunjungi kembali System Preferences > Desktop & Screen Saver > Screen Saver dan hapus centang pada kotak berlabel “Show screen saver after.” Semoga berhasil!

Itulah berita seputar Cara Mengubah Penghemat Layar di Mac, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.