Cara Mengubah Peramban Default di

Kinerja, keamanan, kemudahan penggunaan, fitur, dan estetika adalah alasan umum mengapa kami lebih suka menggunakan satu browser daripada browser lainnya. Namun, Microsoft lebih suka jika Anda menggunakan browser Microsoft Edge mereka, sehingga mereka membuat proses mengubah browser menjadi agak rumit. Untungnya, mereka menerima umpan balik dan memutuskan untuk menyederhanakan proses perubahan browser menjadi satu klik.

Baca terus untuk mempelajari cara menyetel browser default baru, serta beberapa tip pemecahan masalah umum untuk masalah menggunakan Google Chrome dan Firefox.

Cara Menyetel Browser Default di Windows 11

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengubah Microsoft Edge ke browser yang Anda sukai:
Klik ikon pencarian melalui bilah tugas.Masukkan pencarian untuk “Pengaturan,” lalu klik hasil pertama. Arahkan ke “Aplikasi,” lalu “Default Aplikasi.”Temukan browser yang ingin Anda gunakan.Di bagian atas jendela, temukan perintah “Jadikan (browser) browser default Anda” dan klik “Setel default.”
Dan hanya itu.

Jika Anda memutuskan untuk menjadikan Chrome atau Firefox sebagai browser default, ada beberapa laporan bahwa kedua browser tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Jadi kami telah menyiapkan beberapa perbaikan umum dan solusi sementara untuk Anda coba jika Anda mengalami masalah.

Cara Memecahkan Masalah Chrome di Windows 11

Mungkin ada berbagai masalah yang mencegah Chrome bekerja dengan benar, termasuk:
Ekstensi atau add-on yang bentrok. Perangkat lunak yang bentrok.Utilitas antivirus.Profil pengguna yang rusak.
Setiap kali Chrome non-starter, beberapa pengguna mengalami browser mogok dan menerima pesan kesalahan yang menyatakan bahwa Chrome telah berhenti bekerja dan ditutup. Coba langkah berikut jika Anda mengalami masalah ini:

Jalankan Chrome sebagai Admin
Klik kanan pada ikon Google Chrome.Pilih “Jalankan sebagai administrator” dari menu konteks.
Jika berhasil, lakukan hal berikut untuk menyetel Chrome agar selalu berjalan sebagai administrator:
Right -klik ikon Chrome lagi. Pilih “Properties.” Pilih tab “Compatibility”. Centang kotak di samping “Run this program as an administrator.” Klik “OK.”
Gunakan Mode Penyamaran
Pada bilah tugas, klik kanan “Mulai. Pilih “Jalankan.” Masukkan perintah berikut di bidang “Buka”: chrome.exe -incognitoKlik “OK,” maka Chrome akan diluncurkan dalam Mode Penyamaran.
Jalankan “Pemecah Masalah Kompatibilitas Program”
Gunakan hotkey “Windows + I” untuk membuka aplikasi “Pengaturan”. Pilih “Pemecahan masalah,” lalu “Pemecah masalah lainnya.” Dari “Pemecah Masalah Kompatibilitas Program,” tekan “Jalankan.” Dalam daftar perangkat lunak, pilih “Google Chrome.” Jika tidak ditampilkan, pilih “Not Listed.” Tekan “Next” untuk memecahkan masalah Chrome.
Luncurkan Chrome Tanpa Ekstensi
Gunakan hotkey “Windows + R” untuk membuka “Run.” Ketik perintah berikut:chrome.exe –disable-extensionsTekan “Enter. ” Chrome kemudian akan diluncurkan dalam mode aman dengan semua ekstensi dinonaktifkan.
Nonaktifkan Antivirus Utilities
Klik dua kali pada ikon baki sistem “Keamanan Windows”. Pilih tab “Perlindungan virus dan ancaman”, dan pilih “Kelola pengaturan.” Klik pada “Real- time protection” penggeser untuk menonaktifkannya.
Jika Anda menggunakan perangkat lunak antivirus pihak ketiga, nonaktifkan dari menu konteksnya.

Hapus File “chrome.dll” dan Siram DNS
Klik “Cari” di bilah tugas. Di kotak pencarian, ketik “Google Chrome.” Klik kanan Chrome, lalu pilih “Buka lokasi file.” Di “File Explorer,” klik kanan pintasan Chrome dan pilih opsi “Buka lokasi file”. Klik dua kali subfolder Chrome dengan nomor versinya .Klik kanan file “chrome.dll”, lalu pilih “Hapus.” Keluar dari “File Explorer” dan buka aplikasi “Search” lagi melalui taskbar. Di kolom teks, ketik “cmd”. Pilih “Command Prompt ”, lalu pilih “Run as administrator.” Ketik perintah berikut, lalu tekan “Enter:”Ipconfig /flushdns Kemudian ketik perintah berikut dan tekan “Enter:” netsh winsock resetTutup “Command Prompt,” lalu restart PC Anda.
Hapus Profil Pengguna Chrome Anda
Gunakan hotkey “Windows + X” untuk meluncurkan “Run.” Ketik perintah berikut, lalu tekan ” Masukkan:”%USERPROFILE%AppDataLocalGoogleChromeUser DataKlik kanan pada folder “Default”, lalu pilih “Copy.” Gunakan hotkey “Ctrl + V” untuk menempelkan folder tersebut ke direktori lain sebagai cadangan .Hapus folder “Default” dengan mengklik kanannya. Sekarang coba buka Chrome. Jika berhasil terbuka, setel ulang browser dengan memasukkan yang berikut di bilah alamat URL, lalu tekan “Enter:” chrome://settings/resetKlik opsi “Pulihkan pengaturan ke default aslinya”, lalu tekan tombol “Reset pengaturan” tombol .”
Jika Chrome masih bermasalah, Anda juga dapat mencoba mencopot pemasangan dan memasangnya kembali. Anda juga dapat mencoba menggunakan alternatif seperti Opera atau Vivaldi sementara Windows 11 bekerja melalui bug. Kedua browser menawarkan lebih banyak pengaturan penyesuaian dan fitur yang lebih baik, jadi Anda mungkin merasa lebih menikmati browser ini.

Cara Mengatasi Masalah Chrome di Windows 11

Ada beberapa laporan bahwa Windows 11 tidak dapat membuka Firefox, atau berhenti bekerja secara acak.

Jika Anda menukar Microsoft Edge untuk Firefox dan mengalami masalah dengan itu, berikut adalah beberapa perbaikan umum dan solusi sementara untuk Anda coba:

Jalankan Firefox dalam Mode Kompatibilitas
Untuk melakukan ini, Anda harus memiliki pintasan Firefox di desktop Anda. Jika tidak, navigasikan ke lokasi ini:C:ProgramDataMicrosoftWindowsStart MenuProgramsUntuk membuat pintasan Firefox, klik kanan Firefox dan pilih “Kirim ke”, lalu “Desktop (buat pintasan).” Klik kanan pada ikon Firefox dan pilih “Properties.” Pilih tab “Compatibility”, lalu centang kotak “Run this program in compatibility mode for”. Dari daftar pull-down, pilih “Windows 8,” lalu tekan ” Terapkan” dan “OK.”
Sekarang periksa apakah Firefox Anda telah diperbaiki.

Jalankan “Pemecah Masalah Kompatibilitas Program”
Gunakan tombol pintas “Windows + I” untuk meluncurkan “Pengaturan.” Dari menu kiri, pilih “Sistem.” Tekan “Pemecahan Masalah ,” lalu “Pemecah Masalah Lainnya.” Temukan “Pemecah Masalah Kompatibilitas Program,” lalu di sampingnya, klik “Jalankan.” Pilih “Firefox” dari daftar, lalu “Berikutnya.” Pemecah masalah sekarang akan memindai masalah dan menampilkannya beserta masalahnya perbaikan.Untuk menerapkan perbaikan, klik perbaikan, lalu nyalakan ulang komputer Anda agar perubahan diterapkan. Setelah komputer dihidupkan ulang, lihat apakah masalah teratasi.
Gunakan “Run” untuk Menonaktifkan Firefox Extensions
Gunakan hotkey “Windows + R” untuk meluncurkan “Run.” Ketik perintah berikut dan tekan “Enter:” firefox.exe –disable-extensionsSekarang lihat apakah Firefox berhasil dibuka.
Buka Firefox dalam Mode Penyamaran
Buka “Jalankan” menggunakan hotkey “Windows + R.” Ketik dan “Enter” perintah berikut: firefox.exe -incognito
Jika Firefox bekerja dalam mode pribadi, masalahnya disebabkan oleh data atau ekstensi yang rusak. Seperti yang telah kami bahas dengan cara menonaktifkan ekstensi di atas, berikut adalah langkah-langkah untuk menangani data yang rusak:
Untuk meluncurkan jendela “Hapus Data Penjelajahan”, gunakan tombol pintas “Ctrl + Shift + Del.” Centang kotak berikut, “Cookies dan data situs lainnya” dan “Gambar dan File Cached.” Klik “OK” dan tunggu sementara proses selesai.
Sekarang coba buka Firefox dalam mode biasa untuk melihat apakah itu memperbaikinya.

Mulai ulang Aplikasi Firefox
Gunakan hotkey “Ctrl + Shift + Esc ” untuk meluncurkan “Task Manager.” Arahkan ke “Processes” dan gulir ke bawah ke “Background Process.” Klik “Firefox” lalu “End Task.” Sekarang pilih tab “Details” dan klik “Firefox.exe” lalu “End Task.”Konfirmasi apakah Firefox sekarang dapat dibuka.
Hapus Data Pengguna Firefox
Gunakan hotkey “Windows + E” untuk membuka “File Explorer.” Arahkan ke lokasi berikut:%USERPROFILE%AppDataLocalMozillaFirefoxProfilesSalin folder profil Anda berlabel “Default” dan tempel di tempat yang aman, karena itu akan bertindak sebagai cadangan. Hapus “Default” asli untuk lder.Sekarang periksa apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, tempelkan “Default” Anda kembali ke direktori Firefox.
Jika perbaikan di atas belum menyelesaikan masalah, Anda dapat mencoba menginstal ulang Firefox. Atau, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan browser alternatif seperti Chrome, Opera, atau Vivaldi, sementara Microsoft mengatasi masalah kompatibilitas browser di Windows 11.

Gunakan Browser Pilihan Anda

Microsoft ingin agar kami menggunakan Microsoft Edge sebagai browser default sehingga prosesnya mengubahnya sangat bertele-tele. Namun, setelah mendengarkan umpan balik, mereka merilis pembaruan untuk mengubah browser default menjadi proses satu klik. Sekarang, mereka hanya perlu memperbaiki masalah yang dialami saat menggunakan browser pilihan Anda.

Browser apa yang Anda pilih untuk digunakan dan mengapa? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.