Cara Mengubah Tempat Screenshot Disimpan di Windows 10 dan 11

Jika Anda mengambil tangkapan layar di Windows 10 atau Windows 11 menggunakan pintasan bawaan yang umum, Anda dapat memindahkan folder Tangkapan Layar ke lokasi pilihan Anda. Berikut cara melakukannya.

Di Windows 10 atau Windows 11, Anda dapat menangkap tangkapan layar ke file menggunakan Windows+Print Screen. Ketika Anda melakukannya, Windows menyimpan bidikan secara otomatis ke folder “Screenshots” khusus, yang secara default ditautkan ke C:Users[User Name]PicturesScreenshots . Namun, cukup mudah untuk mengubah tautan ini sehingga tangkapan layar ini disimpan ke lokasi yang berbeda (bahkan di drive lain atau di folder Dropbox, misalnya).

Untuk memulai, pertama buka File Explorer dengan menekan Windows+E pada keyboard Anda. Atau Anda dapat mengklik kanan tombol Start dan memilih “File Explorer.”

Ketika jendela File Explorer terbuka, navigasikan ke This PC > Pictures. Kemudian klik kanan folder “Screenshots” dan pilih “Properties” pada menu yang muncul.

Di jendela “Screenshots Properties”, pilih tab “Location”.

Menggunakan kotak teks di tab “Location”, Anda dapat mengetik jalur file tempat Anda ingin Windows menyimpan tangkapan layarnya. Atau klik tombol “Pindah”, dan Anda dapat menjelajah ke lokasi baru menggunakan jendela “Pilih Tujuan”.

Tip: Anda dapat menyimpan tangkapan layar di mana saja, termasuk drive lain, layanan cloud, atau jaringan berbagi. Tetapi kami menyarankan untuk tidak menggunakan folder sistem khusus lain seperti desktop, karena Windows akan membuat perubahan permanen, dan bahkan memperingatkan Anda bahwa itu tidak dapat dibatalkan. Misalnya, jika Anda ingin tangkapan layar Anda mudah diakses dari desktop, Anda mungkin ingin menyimpannya ke folder bernama “Tangkapan Layar” di desktop Anda daripada di desktop Anda sendiri.

Ketika Anda menemukan lokasi yang ingin Anda gunakan, klik Tombol “Select Folder”, lalu konfirmasikan perubahan Anda dengan mengklik “OK” di jendela Screenshot Properties. Jika Windows menanyakan apakah Anda ingin memindahkan file tangkapan layar yang ada ke lokasi baru, klik “Ya” atau “Tidak” tergantung pada preferensi Anda.

Saat berikutnya Anda mengambil tangkapan layar menggunakan Windows+Print Screen, file akan disimpan secara otomatis di lokasi baru. Jika Anda ingin mengubah kembali lokasi tangkapan layar, telusuri ke folder tangkapan layar baru di File Explorer, klik kanan dan pilih “Properties,” klik “Tab Lokasi,” lalu pilih “Pulihkan Default.”

Itulah berita seputar Cara Mengubah Tempat Screenshot Disimpan di Windows 10 dan 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.