Cara Mengubah Ukuran Font di Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda bekerja atau bermain di komputer Windows 10 hampir sepanjang hari? Apakah sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk memperbesar dan memperbesar untuk menyesuaikan ukuran layar Anda? Alasan untuk ini mungkin karena ukuran font Anda tidak memadai untuk penglihatan Anda.

Ketidakmampuan untuk melihat layar dengan jelas dapat mengakibatkan ketegangan mata, sakit kepala, dan penurunan produktivitas. Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat mengubah ukuran font di Windows 10 daripada terus-menerus menyempurnakan layar komputer.

Untungnya, Microsoft Windows memungkinkan Anda mengubah ukuran font sesuai preferensi pribadi Anda. Teruslah membaca untuk mempelajari cara menyesuaikan ukuran font di Windows 10 di komputer Anda.

Cara Mengubah Ukuran Font di Windows 10

Pengaturan ukuran font default di Windows 10 diatur ke sepuluh atau sebelas poin. Ini mungkin ukuran yang cocok untuk beberapa orang, tetapi jika Anda harus mengubah ukuran pada setiap layar, Anda mungkin memerlukan solusi yang lebih permanen.

Setelah Anda mengubah pengaturan ukuran font di Windows 10, teks akan berubah di seluruh sistem Windows Anda, termasuk semua aplikasi dan program. Misalnya, jika Anda beralih dari pengolah kata ke situs web, teks akan tetap konsisten dengan ukuran yang Anda pilih.

Tidak sulit untuk mengubah ukuran font jika Anda mengikuti langkah-langkah berikut:
Ketik “Pengaturan” di kotak pencarian bilah tugas.Tekan tombol “Enter”. Buka “Ease of Access.” Pilih “Tampilan” (jika tidak terbuka secara otomatis). Di bawah “Buat Teks Lebih Besar,” sesuaikan penggeser ke kiri (atau kanan untuk memperkecil teks). Klik “Terapkan.”
Diperlukan satu atau dua menit agar perubahan diterapkan. Buka aplikasi atau halaman browser untuk melihat apakah Anda menyukai ukuran baru. Anda dapat menyesuaikan ukuran font lagi jika diperlukan, dengan mengikuti langkah yang sama di atas.

Anda mungkin tidak melihat opsi untuk mengubah ukuran teks. Di salah satu dari banyak versi Windows 10 yang dirilis selama bertahun-tahun, Microsoft menghapus pilihan ini dari penggunanya. Meskipun fitur ini diperkenalkan kembali di versi yang lebih baru, Anda mungkin menggunakan versi lama Microsoft Windows 10.

Berikut cara memperbarui Windows 10:
Buka “Pengaturan” menggunakan ikon Windows dan pintasan huruf “I” atau ketik “pengaturan” di kotak pencarian bilah tugas. Arahkan ke “Pembaruan dan Keamanan.” Ketuk “Instal Pembaruan” jika pembaruan diperlukan.
Pembaruan penting akan mulai diinstal di komputer Anda. Anda mungkin harus keluar sampai selesai.

Jika Windows 10 tidak menginstal pembaruan Anda secara otomatis, pertimbangkan untuk mengubah pengaturan Anda di halaman Pembaruan dan Keamanan. Dari sana, Anda dapat menyesuaikan pembaruan sistem sebagai berikut:
Ubah jam Anda paling tidak aktif (sehingga pembaruan tidak mengganggu Anda)Jeda pembaruan hingga 35 hariMelihat riwayat pembaruan komputer AndaPilih fitur lanjutan seperti pemberitahuan pembaruan dan opsi koneksi
Mulai ulang komputer setelah Anda membuat perubahan dan memverifikasi bahwa opsi ukuran font tersedia. Dari titik ini, Pembaruan Windows akan memeriksa untuk melihat apakah ada pembaruan yang diperlukan. Ini juga akan memeriksa pembaruan opsional.

Pembaruan Windows dapat melakukan pembaruannya sendiri terlebih dahulu sebelum menginstal yang baru ke sistem Anda.

Cara Mengubah Ukuran Font di Windows 10 File Explorer

Mungkin Anda kesulitan membaca nama file di File Explorer Windows 10 Anda . Bagian ini akan menunjukkan cara menyesuaikannya sesuai keinginan Anda. Coba langkah-langkah ini:
Tekan ikon Windows dan tombol huruf “I” untuk membuka “Pengaturan.” Sesuaikan penggeser ke kiri atau kanan di bawah “Buat Teks Lebih Besar.” Ketuk “Terapkan.”
Kotak yang bertuliskan “Contoh Teks” mempratinjau bagaimana font akan terlihat. Pilih “Terapkan” ketika Anda puas dengan bagaimana teks di dalam kotak muncul. Anda akan melihat layar biru selama beberapa detik. Setelah selesai, buka File Explorer Anda untuk memastikan Anda menyukai perubahannya. Jika tidak, ulangi langkah ini hingga teks menjadi ukuran yang Anda inginkan.

Cara Mengubah Ukuran Font di Outlook Windows 10?

Ukuran font di Microsoft Outlook di Windows 10 juga bisa disesuaikan. Langkah-langkah yang Anda ambil untuk membuat perubahan berbeda untuk setiap bagian di Outlook. Kami telah membuat daftar instruksi secara terpisah sesuai dengan bagian.

Untuk panel email di Outlook:
Buka Mail.Pilih tab “Lihat”. Buka “Pengaturan Tampilan” di grup “Tampilan Saat Ini”. Pilih “Pengaturan Lainnya.” Ketuk tombol Tombol “Font Kolom”.Pilih ukuran font yang Anda inginkan.Klik “Ok” untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
Untuk judul daftar pesan email di Outlook:
Buka Mail.Pilih tab “Tampilan”. Buka grup “Tampilan Saat Ini” dan pilih “View Settings.” Pilih “Other Settings.” Ketuk tombol “Row Font”. Pilih ukuran font yang Anda inginkan. Klik “Ok” untuk mengonfirmasi.
Untuk panel navigasi di Outlook:
Klik kanan opsi apa pun di bagian bawah untuk membuka menu Opsi. Pilih “Opsi Panel Navigasi.” Sorot opsi yang Anda ubah. Ketuk “Font.” Sesuaikan ukuran sesuai kebutuhan. Ketuk “OK” untuk mengonfirmasi.
Anda akan segera melihat ukuran font berubah. Beberapa pesan email yang dibuka tidak akan menampilkan ukuran font yang Anda pilih. Ini karena klien email tidak memiliki ukuran default yang sama. Kode yang disematkan di email pengirim mengarahkan browser Anda untuk menggunakan ukuran defaultnya.

Anda masih dapat melihatnya dengan mengubah ukuran pesan email yang terbuka sebagai berikut:
Ketuk “Tindakan Lain” di panel email.Pilih “Zoom.”Gunakan penggeser untuk memilih tingkat zoom.
Perhatikan bahwa ini adalah perbaikan sementara sehingga Anda dapat membaca email. Teks akan kembali ke ukuran semula setelah email ditutup.

Cara Mengubah Ukuran Font Ikon di Windows 10

Mungkin Anda kesulitan membaca kata-kata di bawah ikon Windows 10 karena ukurannya. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menyesuaikan ukuran font ikon. Berikut adalah petunjuknya:
Tahan ikon Windows dan huruf “I” untuk membuka “Pengaturan.” Pilih “Kemudahan Akses” pada halaman “Tampilan”. Sesuaikan penggeser “Buat Teks Lebih Besar” hingga Anda melihat ukuran yang diinginkan di panel pratinjau. Ketuk “Terapkan.” Layar biru akan terbuka. Perubahan selesai saat ditutup.
Kebanyakan perubahan yang Anda buat di Windows 10 dilakukan dari halaman “Pengaturan”. Jika Anda tidak dapat menahan kedua tombol pintasan untuk membuka aplikasi, ketik “pengaturan” di kotak pencarian di bilah tugas Anda. Halaman tampilan pengaturan akan terbuka secara otomatis, dan Anda dapat membuat perubahan dari sana.

Berikan Mata Anda Istirahat yang Layak

Tidak perlu menyipitkan mata Anda sepanjang hari kerja. Tunjukkan rasa cinta pada mata Anda dengan menyesuaikan ukuran font di Windows 10 ke ukuran yang dapat mereka lihat tanpa melelahkan. Mereka akan berterima kasih untuk itu sekarang dan di masa depan.

Ukuran dan gaya font apa yang paling cocok untuk Anda di Windows 10? Apakah Anda sendiri yang membuat perubahan? Beri tahu kami di kotak komentar di bawah.