Cara Menguji Keamanan Antivirus, Firewall, Peramban, dan Perangkat Lunak Anda

Jadi Anda memiliki program antivirus yang menjaga sistem Anda, firewall Anda aktif, browser Anda diperbarui, dan Anda tidak kehilangan patch keamanan apa pun. Tetapi bagaimana memastikan pertahanan Anda benar-benar berfungsi sebaik yang Anda pikirkan?

Alat ini juga dapat sangat berguna jika Anda mencoba menentukan dengan cepat seberapa aman PC orang lain. Mereka dapat menunjukkan kepada Anda seberapa banyak perangkat lunak rentan yang telah diinstal oleh PC.

Test Antivirus Anda

Tidak, kami tidak akan merekomendasikan mengunduh virus untuk menguji program antivirus Anda — itu adalah resep untuk bencana. Jika Anda ingin menguji perangkat lunak antivirus Anda, Anda dapat menggunakan file uji EICAR. File tes EICAR bukanlah virus yang sebenarnya — itu hanya file teks yang berisi serangkaian kode tidak berbahaya yang mencetak teks “EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!” jika Anda menjalankannya di DOS. Namun, semua program antivirus dilatih untuk mengenali file EICAR sebagai virus dan meresponsnya sama seperti mereka merespons virus yang sebenarnya.

TERKAIT: Apa Antivirus Terbaik untuk Windows 10? (Apakah Windows Defender Cukup Baik?)

Anda dapat menggunakan file EICAR untuk menguji pemindai antivirus waktu-nyata dan memastikannya akan menangkap virus baru, tetapi juga dapat digunakan untuk menguji jenis perlindungan antivirus lainnya. Misalnya, jika Anda menjalankan perangkat lunak antivirus di server email Linux dan Anda ingin menguji apakah itu berfungsi dengan baik, Anda dapat mengirim file EICAR melalui email melalui server email dan memastikan file tersebut ditangkap dan dikarantina.

Catatan: Penting untuk menguji dan membuat yakin semua pertahanan Anda dikonfigurasi dengan benar dan berfungsi dengan baik, tetapi ini tidak dapat menjamin anti-virus Anda akan menangkap setiap virus baru. Karena ada virus baru setiap hari, sebaiknya tetap waspada tentang apa yang Anda unduh.

Anda dapat mengunduh file uji EICAR dari situs web EICAR. Namun, Anda juga dapat membuat file uji EICAR Anda sendiri dengan membuka editor teks (seperti Notepad), menyalin dan menempelkan teks berikut ke dalam file, lalu menyimpannya:

X5O!P%@AP[4PZX54(P^)7CC )7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Advertisement

Program antivirus Anda akan bereaksi seolah-olah Anda baru saja membuat virus yang sebenarnya.

Port Pindai Firewall Anda

Jika Anda berada di belakang router, terjemahan alamat jaringan router (NAT) fitur secara efektif bertindak sebagai firewall, mencegah komputer lain di Internet terhubung ke komputer Anda. Untuk memastikan bahwa perangkat lunak komputer Anda terlindung dari Internet — baik dengan router NAT atau melalui firewall perangkat lunak jika komputer Anda terhubung langsung ke Internet — Anda dapat menggunakan ShieldsUP! situs web uji. Ini akan melakukan pemindaian port alamat IP Anda, menentukan apakah port terbuka atau tertutup di alamat Anda. Anda ingin port ditutup untuk melindungi layanan yang berpotensi rentan dari lingkungan barat liar Internet terbuka.

TERKAIT:Cara Meneruskan Port di Router Anda

Periksa Ekstensi Browser

Ekstensi browser tidak rentan seperti plugin browser lama (terutama Java dan Flash) sebelumnya, tetapi Anda tetap harus mengawasinya.

TERKAIT:Apakah Ekstensi Peramban itu?

Ekstensi peramban hanya berfungsi karena dapat membaca dan mengubah konten laman web yang berinteraksi dengan Anda. Implikasi privasi dan keamanannya sangat besar — ​​setiap kali Anda mengunduh dan memasang ekstensi peramban, Anda percaya bahwa pembuatnya tidak menyertakan sesuatu yang berbahaya.

RELATEDTahukah Anda bahwa Ekstensi Peramban Melihat Rekening Bank Anda?

Tentu saja, beberapa ekstensi browser — bahkan mungkin sebagian besar — ​​sangat aman untuk digunakan, tetapi tanpa mengaudit kodenya sendiri, Anda tidak dapat benar-benar yakin. Jika Anda akan menggunakan ekstensi browser, cobalah untuk tetap menggunakan ekstensi yang memiliki banyak pengguna, dan tidak ada keluhan tentang perilaku jahat. Selain itu, pastikan bahwa izin yang diminta ekstensi masuk akal untuk layanan yang diberikannya. Sebagai contoh, tidak ada alasan untuk ekstensi pemblokir iklan memerlukan akses ke mikrofon dan webcam Anda; jika Anda melihat sesuatu seperti itu, Anda harus mempertimbangkan kembali untuk menginstal ekstensi itu.

Perbarui Perangkat Lunak Anda

Pada sistem operasi dengan repositori perangkat lunak pusat (seperti Linux) atau toko aplikasi (seperti iOS, Android, dan Microsoft Store yang ditemukan di versi Windows yang lebih baru), itu mudah untuk memberi tahu bahwa semua aplikasi Anda mutakhir dengan patch keamanan terbaru yang dirilis. Semuanya ditangani melalui satu alat yang menemukan pembaruan secara otomatis. Mereka tidak diinstal melalui Microsoft Store, dan pembaruan ditangani berdasarkan aplikasi demi aplikasi. Untungnya, sebagian besar aplikasi akan secara otomatis memeriksa pembaruan mereka sendiri. Umumnya, Anda harus mengizinkan mereka untuk memperbarui kecuali Anda memiliki alasan khusus untuk menghindari pembaruan.

Aplikasi apa pun yang terutama dirancang untuk mengirim informasi melalui Internet (seperti aplikasi obrolan, browser, VPN, dll.) harus lebih sering diperbarui. Pembaruan mereka jauh lebih mungkin berisi perbaikan keamanan penting.

Tentu saja, ini tidak mencakup semuanya. Tidak ada cara untuk memastikan antivirus Anda akan menangkap setiap virus yang pernah dibuat — itu tidak akan terjadi karena tidak ada antivirus yang sempurna. Tidak ada cara untuk memastikan Anda tidak menjadi mangsa phishing atau serangan rekayasa sosial lainnya. Tetapi alat ini akan membantu Anda menguji beberapa pertahanan terpenting Anda dan memastikan mereka siap untuk serangan.

TERKAIT:10 Penipuan Marketplace Facebook yang Harus Diwaspadai For

Itulah berita seputar Cara Menguji Keamanan Antivirus, Firewall, Peramban, dan Perangkat Lunak Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.