Cara Mengunci Mouse ke Satu Monitor

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak yang memilih untuk mengatur pengaturan monitor ganda karena beberapa alasan. Ketika ada pengaturan multi-display, mouse dapat dengan bebas berpindah dari satu monitor ke monitor lainnya. Tetapi bagaimana jika itu adalah fitur yang tidak ingin Anda miliki karena menyebabkan hal-hal yang mengganggu dan tidak diinginkan?

Dalam hal itu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengunci kursor mouse Anda ke satu monitor saja. Pada artikel ini, kami akan membahas cara Anda dapat melakukannya dan membantu Anda mengontrolnya.

Cara Mengunci Mouse ke Satu Monitor di PC Windows

Untungnya, ada cara yang cukup mudah untuk mengunci mouse Anda di satu layar. Ketika datang ke PC yang memiliki Windows 7 atau versi yang lebih baru, Anda memiliki dua cara utama untuk mencapai ini.

Cara Paling Sederhana: Pengaturan Sistem Operasi

Di antara semua solusi lainnya, banyak yang melupakan yang termudah dan paling sederhana – mengubah pengaturan di sistem operasi Anda secara langsung. Jika Anda tidak suka menggunakan aplikasi pihak ketiga, hanya solusi ini yang mungkin Anda minta.

Monitor biasanya diatur untuk berdiri satu sama lain, dan itulah sebabnya kursor mengalir bebas di antara keduanya di sepanjang perbatasan.

Mengubah pengaturan sistem berfungsi untuk Windows 7, 10, dan 11, tetapi OS Windows lainnya biasanya memiliki pengaturan serupa. Berikut adalah cara melakukannya:
Klik kanan pada desktop Anda dan pilih “Pengaturan tampilan.” Buka pengaturan resolusi layar untuk melihat perataan monitor Anda. Pilih di mana Anda ingin mengunci mouse. Klik pada monitor yang ingin Anda kunci mouse Anda dan seret lebih tinggi atau lebih rendah, sehingga berdiri secara diagonal.
Dengan cara ini, kursor Anda akan tetap mengalir di antara layar, tetapi hanya jika Anda menyeretnya secara diagonal dari tepi. Solusi ini memperbaiki sebagian besar masalah yang disebabkan oleh mouse yang mengambang bebas.

Jika ini tidak sempurna untuk Anda dan Anda ingin mencapai penguncian monitor yang lengkap, Anda harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Kunci Mouse ke Satu Layar Menggunakan Pihak Ketiga Apps

Sebagian besar pengguna yang ingin mengunci mouse ke satu layar menggunakan Alat Monitor Ganda atau aplikasi Kunci Kursor. Kedua alat tersebut gratis untuk diunduh.

Mengunci Mouse Menggunakan Alat Monitor Ganda

Dual Monitor Tools adalah alat perangkat lunak yang dirancang untuk pengelolaan pengaturan multi-monitor yang lebih mudah. Untuk mengunci mouse Anda ke satu layar menggunakan alat ini, lakukan langkah-langkah berikut:
Luncurkan Alat Monitor Ganda.Di bilah notifikasi, klik ikon aplikasi untuk membuka jendela aplikasi.Saat Anda membuka aplikasi, buka “Umum” di menu di sebelah kiri. Pilih opsi bernama “Kunci kursor ke layar.” Pilih “Ubah.” Sebuah jendela baru akan muncul, di mana Anda harus memilih “Aktifkan hotkey ini.” Tetapkan hotkey ke opsi ini ke tombol gratis kombinasi pilihan Anda.Klik “OK” dan simpan pengaturannya.
Kunci Mouse Menggunakan Kunci Kursor

Cursor Lock adalah solusi perangkat lunak untuk mengunci mouse ke satu layar yang menawarkan opsi lebih kompleks. Mengunci mouse Anda adalah fitur gratis, tetapi jika Anda perlu melakukan pengaturan lebih lanjut, versi premium juga tersedia.

Program ini mengubah tepi fisik monitor Anda menjadi batas digital untuk mouse. Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat kedua monitor dan memungkinkan Anda memilih tempat untuk mengunci kursor. Dengan membatasi area tetikus, Anda mencegah tetikus mengembara ke area yang tidak diinginkan dari ruang kerja virtual Anda.

Aplikasi ini menawarkan opsi untuk secara tepat menentukan area yang ingin Anda batasi tetikus, dan dengan menyetelnya, tetikus akan berfungsi daerah itu saja. Ini juga memungkinkan Anda memilih tombol pintas untuk mengunci mouse.

Cara Mengunci Mouse ke Satu Monitor di Mac

Komputer Mac memungkinkan Anda menggunakan hampir semua perangkat Apple sebagai layar kedua. Apple menawarkan banyak fitur, opsi, dan cara untuk menyesuaikan pengalaman multi-tampilan di Mac. Namun, masalah dengan kursor mouse mengambang sama seperti untuk pengguna Windows.

Mac tidak memiliki opsi berbasis sistem untuk mengunci mouse saat menggunakan beberapa layar. Ada juga kekurangan aplikasi pihak ketiga gratis yang memperbaiki masalah ini.

Untuk solusi yang berfungsi, kami menemukan EdgeCase di App Store. Ini adalah paket utilitas kecil yang mencegah pergerakan mouse di antara monitor. Sayangnya, biayanya $14,99 untuk pembelian.

Atau, hanya dengan memperbesar kursor di pengaturan tampilan OS, Anda akan dapat melihat gerakan kursor dengan lebih baik. Opsi ini mungkin tidak menghentikan kursor Anda sepenuhnya dari membuka layar berdiri. Tapi itu pasti akan membantu Anda mengontrolnya lebih tepat dan mencegahnya mengambang secara acak.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:
Buka menu Apple dan temukan “System Preferences.” Klik “Aksesibilitas”. Tekan “Tampilan” di tab kiri .Buka tab “Penunjuk” di tengah sisi kanan jendela. Gerakkan penggeser untuk mengatur ukuran Penunjuk.
Lihat Solusi Apa yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Memiliki ruang virtual ekstra dapat meningkatkan pengalaman kerja atau bermain game Anda secara besar-besaran cara. Namun, ini hanya berlaku jika Anda tahu cara mengatur monitor dengan benar. Rekomendasi kami untuk Anda adalah mencoba berbagai solusi untuk penguncian mouse, dan lihat apa yang terbaik untuk Anda.

Apa alat pilihan Anda untuk mengunci mouse ke satu monitor? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!