Cara Mengurutkan Berdasarkan Warna di Microsoft Excel

Menggunakan fitur penyortiran Microsoft Excel, Anda dapat mengurutkan sel yang diwarnai secara manual atau diwarnai berdasarkan warnanya. Ini berfungsi untuk beberapa warna dan kami akan menunjukkan cara menerapkannya di spreadsheet Anda. Dengan spreadsheet Anda terbuka, di pita klik Data > Urutkan. Di menu tarik-turun “Urutkan Menurut” pilih kolom yang Anda inginkan untuk mengurutkan data. Dari daftar “Sort On”, pilih “Cell Color”, lalu pilih warna dan lokasi untuk disortir. Tambahkan level sebanyak yang diperlukan, lalu klik “OK”. bagian atas atau bawah daftar. Misalnya, Anda dapat menempatkan semua sel berwarna hijau di bagian atas sambil menyimpan semua yang berwarna merah di bagian bawah.

Anda dapat mengurutkan berdasarkan warna latar belakang sel serta warna font, seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Mengurutkan Data menurut Warna Sel atau Warna Font di Excel

Untuk mulai menyortir, buka spreadsheet Anda dengan Microsoft Excel. Di spreadsheet Anda, klik sel mana pun di kumpulan data Anda.

Dari pita Excel di bagian atas, pilih tab “Data”.

Pada tab “Data”, dari bagian “Urutkan & Filter”, pilih “Urutkan.”

A “Urutkan” jendela akan terbuka. Jika kumpulan data Anda memiliki header, maka di sudut kanan atas jendela ini, aktifkan opsi “Data Saya Memiliki Header”.

Klik menu tarik-turun “Urutkan Berdasarkan” dan pilih kolom yang datanya ingin Anda urutkan. Dari menu tarik-turun “Urutkan Pada”, jika Anda ingin mengurutkan sel berdasarkan warna latar belakangnya, pilih “Warna Sel”. Untuk mengurutkan sel berdasarkan warna fontnya, pilih “Font Color.” Kami akan menggunakan opsi sebelumnya.

Selanjutnya, klik menu tarik-turun “Pesan” dan pilih warna yang ingin Anda pertahankan di bagian atas atau bawah. Di sebelah drop-down ini, klik drop-down lain dan pilih di mana Anda ingin menempatkan sel yang berisi warna yang dipilih. Opsi Anda adalah “Di Atas” dan “Di Bawah.”

Jika Anda memiliki tiga sel warna atau lebih dalam kumpulan data, jangan ragu untuk menambahkan level pengurutan lain dengan mengklik “Tambah Level” di bagian atas jendela “Urutkan”.

Akhirnya, di bagian bawah jendela, klik “OK” untuk menerapkan perubahan Anda.

Kembali ke jendela spreadsheet, Anda akan melihat sel Anda diurutkan berdasarkan warnanya.

Tip: Jika Anda ingin membatalkan perubahan, tekan Ctrl+ dengan cepat Pintasan keyboard Z (Windows) atau Command+Z (Mac). Ini akan menghapus pengurutan yang telah Anda terapkan ke dataset Anda.

Dan begitulah cara Anda memfilter data dengan cepat menggunakan warna sel Anda di spreadsheet Excel. Sangat berguna!

Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat mengurutkan data Excel berdasarkan tanggal? Lihat panduan kami untuk mempelajari caranya.

Itulah berita seputar Cara Mengurutkan Berdasarkan Warna di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.