Cara Meningkatkan Volume Mikrofon di

Windows 11 memberikan pengalaman pengguna yang ditingkatkan dalam banyak aspek, tetapi seperti halnya sistem operasi apa pun, itu tidak sempurna. Beberapa pengguna telah melaporkan masalah dengan volume mikrofon, yang dapat menyebabkan berbagai masalah.

Jika Anda bekerja dari rumah, kemungkinan besar Anda sedang rapat di Zoom atau Skype, jadi Anda harus memiliki kualitas mikrofon yang sangat baik. Hal yang sama berlaku untuk menggunakan komputer Windows 11 Anda untuk merekam video atau berbicara dengan teman.

Kecuali Anda berurusan dengan masalah perangkat keras pada laptop Windows 11 Anda, memperbaiki masalah ini biasanya mudah. Kami akan memandu Anda melalui semua solusi potensial, dan Anda dapat menerapkan proses penghapusan sampai Anda menemukan apa yang berhasil.

Periksa Pengaturan Suara Windows 11 Terlebih Dahulu

Sebelum kita masuk ke cara mengatasi masalah dengan volume mikrofon, penting untuk memeriksa pengaturan volume . Mungkin volume mikrofon Anda sangat kecil, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikannya ke tingkat yang sesuai untuk Anda.

Kabar baiknya adalah Anda dapat melakukannya dalam beberapa klik selama Anda mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka ke Mulai menu dan pilih “Pengaturan” dari daftar opsi. Pilih “Sistem” dari panel sisi kiri, diikuti oleh “Suara.” Di bawah bagian “Input”, Anda akan melihat ubin “Volume” dengan penggeser. Periksa persentase volume.Jika volume terlalu rendah, pastikan untuk memindahkan penggeser untuk meningkatkannya.
Jika penggeser volume input di bawah 20%, mungkin itulah alasan orang lain tidak dapat mendengar Anda saat menelepon. Idealnya, volume mikrofon harus di atas 85%.

Namun, Anda dapat menguji mikrofon untuk memastikannya menghasilkan tingkat volume yang Anda inginkan. Berikut cara melakukan pengujian:
Klik ubin “Mikrofon” yang terletak di atas penggeser volume. Di bawah “Pengaturan input”, klik “Mulai pengujian”. Ucapkan sesuatu dengan nada suara normal atau putar suara selama beberapa detik.Hentikan pengujian dan baca hasil yang ditampilkan oleh Windows di sebelah tombol uji.
Jika volume mikrofon Anda seperti yang Anda inginkan sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi. Namun, jika volume mikrofon tidak bagus atau mikrofon tidak berfungsi sama sekali, lanjutkan ke solusi berikut.

Periksa Izin Mikrofon Windows 11

Beberapa pengguna Windows 11 mungkin menguji volume mikrofon mereka dan menemukan bahwa itu berfungsi dengan baik. Tetapi ketika mereka masuk ke Zoom atau aplikasi panggilan video lainnya, mikrofon menjadi senyap lagi.

Ketika ini terjadi, kemungkinan besar Anda belum mengaktifkan izin mikrofon di Windows 11. Tanpa izin ini, aplikasi pihak ketiga tidak dapat mengakses mikrofon, dan Anda tidak dapat melakukan panggilan audio dan video. Ini adalah perbaikan yang sangat mudah – yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut:
Dari menu Mulai, pilih “Pengaturan.” Klik opsi “Privasi & keamanan”. Pilih “Mikrofon” dari jendela berikut. Di samping “Akses mikrofon”, pindahkan sakelar sakelar dari “Mati” ke “Aktif.”
Sekarang, kembali ke aplikasi pihak ketiga dan uji mikrofon Anda. Perlu diingat bahwa Zoom, Skype, Microsoft Teams, dan aplikasi serupa lainnya memiliki pengaturan suara internal. Jadi, Anda mungkin perlu menyesuaikan level volume mikrofon dalam aplikasi secara manual juga.

Manfaatkan Pemecah Masalah Mikrofon

Salah satu fitur terbaik Windows 11 adalah Anda dapat memecahkan masalah apa pun yang Anda temui. Pengguna Windows tahu bahwa gangguan sesekali sering terjadi dan dapat terjadi karena berbagai alasan.

Untuk memecahkan masalah volume mikrofon, Anda perlu mengakses pengaturan sistem Windows 11. Begini cara kerjanya:
Buka “Pengaturan” dengan mengklik menu Mulai. Pilih “Sistem” dan klik ubin “Pemecahan masalah”. Klik opsi “Pemecah masalah lainnya”. Pilih ubin “Rekaman Audio” dan klik “Jalankan” tombol. Jendela pemecahan masalah akan muncul. Pastikan untuk memilih opsi “Mikrofon”. Klik “Berikutnya.”
Ini mungkin memakan waktu beberapa menit saat Windows memindai sistem Anda dan mencari masalah. Jika ditemukan, itu akan menyarankan perbaikan juga.

Perbarui Driver Mikrofon

Jika volume mikrofon Windows 11 Anda tidak berfungsi dengan benar atau ada banyak gangguan dan inkonsistensi, mungkin Anda berurusan dengan driver yang ketinggalan zaman.

Seringkali, hanya memperbarui driver menyelesaikan masalah seluruh rentang masalah. Untungnya, Windows 11 menjadikan ini upaya yang mudah. Inilah yang harus Anda lakukan:
Buka menu Start dan masukkan “Device Manager” ke dalam kotak pencarian. Atau, klik kanan pada menu Start. Luncurkan “Device Manager” dan perluas bagian “Audio inputs and outputs”. Klik kanan pada “Mikrofon.” Dari menu perluasan, pilih “Perbarui driver.” Ketika jendela lain muncul, pilih “Cari secara otomatis untuk driver.”
Komputer Windows 11 Anda akan mencari driver mikrofon terbaru secara online dan mengunduhnya. Setelah selesai, pastikan untuk me-restart komputer Anda.

Catatan: Komputer Anda harus terhubung ke internet untuk menemukan driver.

Tweak the Microphone Boost

Jika driver mikrofon Anda sudah up-to-date tetapi masih mengalami masalah volume, mungkin Anda perlu menyesuaikan penguat mikrofon, pengaturan Windows bawaan.

Ini harus menjadi solusi utama jika mikrofon Anda berfungsi, tetapi Anda tidak dapat meningkatkan volume dengan cara lain. Untuk mengakses fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:
Di taskbar Windows 11 Anda, klik kanan pada ikon speaker di sudut kanan bawah. Ketika sebuah menu muncul, pilih opsi “Pengaturan suara”. Di jendela berikutnya, pilih ” Pengaturan lanjutan”. Pilih “Pengaturan suara lainnya.” Jendela pop-up baru akan muncul. Pilih tab “Rekaman”. Klik kanan pada “Mikrofon” dan pilih “Properti” dari menu tarik-turun. Pilih tab “Levels” di jendela baru. Gerakkan penggeser untuk meningkatkan sensitivitas suara mikrofon. Klik ” Apply” diikuti dengan “Ok.”
Solusi ini akan meningkatkan level volume mikrofon Anda secara signifikan, asalkan tidak ada masalah perangkat keras.

FAQ Tambahan
Apa yang Anda lakukan jika mikrofon eksternal Anda tidak berfungsi?

Pengguna PC Windows 11 mengandalkan mikrofon eksternal untuk mendapatkan audio masukan, tetapi mungkin masih mengalami masalah perangkat lunak.

Semua solusi yang disarankan di atas berlaku, meskipun Anda menggunakan mikrofon eksternal. Banyak pengguna laptop Windows 11 lebih suka menggunakan mikrofon eksternal. Namun, penting untuk menunjukkan bahwa mikrofon ini dapat dengan mudah rusak.

Akibatnya, tingkat volume mikrofon mungkin terlalu rendah atau tidak berfungsi sama sekali. Setelah menyelesaikan semua perbaikan perangkat lunak, pertimbangkan untuk memeriksa kabel mikrofon atau mengujinya di komputer lain untuk melihat apakah ada masalah.

Memastikan Volume Mikrofon Anda Optimal

Menemukan tingkat volume mikrofon yang sempurna sangatlah penting, terutama jika Anda menggunakannya setiap hari. Dalam kebanyakan kasus, masalahnya adalah volumenya terlalu rendah atau tidak ada sama sekali, tetapi meskipun terlalu keras, penting untuk mengetahui cara memperbaikinya. Namun perbaikan lainnya termasuk menjalankan pemecah masalah mikrofon, memperbarui driver, atau menyesuaikan penguat mikrofon.

Selain itu, jangan lupa bahwa aplikasi pihak ketiga memerlukan izin Windows 11 untuk menggunakan mikrofon Anda dan memiliki pengaturan suara terpisah yang mungkin perlu Anda sesuaikan.

Seberapa sering apakah Anda mengalami masalah volume mikrofon? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.