Cara Meningkatkan VRAM di PC

Video Ram (VRAM) menyimpan data gambar untuk grafik komputer yang mulus. Ini sangat penting dalam aplikasi yang menampilkan tekstur gambar multifaset atau struktur 3D. Efek samping dari VRAM rendah termasuk pengalaman bermain game atau animasi yang buruk.

Untungnya, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan VRAM Anda. Baca terus untuk mengetahui opsi Anda untuk PC yang menggunakan grafik terintegrasi dengan RAM bersama.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Meningkatkan VRAM
Lebih baik membeli GPU khusus untuk meningkatkan daya komputer Anda demi stabilitas jangka panjang.Metode yang disarankan dalam artikel ini tidak akan berfungsi jika komputer Anda tidak dapat menangani perangkat lunak atau game yang Anda mainkan.Menurunkan pengaturan grafis komputer Anda adalah pilihan solusi.
Cara Meningkatkan VRAM di Windows 11

Di Windows 11, Anda dapat meningkatkan VRAM dengan masuk ke BIOS atau dengan melakukan tweak melalui Editor Registri. Meskipun banyak produsen akan membiarkan Anda menyempurnakan pengaturan VRAM Anda, opsi ini tidak tersedia di semua motherboard.

Ikuti langkah-langkah ini untuk meningkatkan VRAM menggunakan menu BIOS:
Restart PC Anda, lalu untuk masuk ke BIOS, tekan tombol “F2, ” atau “F5”, atau “F8”, atau tombol “Del”. Jika tidak, temukan cara masuk ke BIOS untuk motherboard khusus Anda dengan melakukan pencarian pabrikan. Saat Anda melihat opsi BIOS, temukan menu kedua di bawah “Pengaturan Video,” “Pengaturan Grafik,” atau “Konfigurasi Grafik Terintegrasi.” Biasanya ditemukan di bawah menu “Lanjutan”. Sekarang Anda dapat menyesuaikan “VRAM Pra-Alokasi DVMT” atau “Ukuran Penyangga Bingkai UMA” ke ukuran yang sesuai untuk sistem Anda. GIGABYTESetelah selesai, simpan modifikasi, lalu reboot komputer. Saat Anda me-reboot PC, Anda akan melihat jumlah VRAM yang diperbarui.
Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan perubahan melalui Editor Registri:
Ketik “Run” di menu Start untuk meluncurkan aplikasi “Run”. Kemudian untuk mengakses “Registry Editor,” ketik “regedit.” Buka jalur berikut: “HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareIntel.” Klik kanan pada folder “Intel” di panel kiri. Arahkan penunjuk Anda pada “Baru,” lalu pilih “Kunci.” Panggil kunci baru “GMM,” lalu pilih. Klik kanan di dalam panel kanan, lalu pilih “Baru” dan klik “DWORD (32-bit) Value .” Beri nama nilai baru “DedicatedSegmentSize.” Pastikan huruf awal setiap kata menggunakan huruf besar dan tanpa spasi. Klik dua kali pada “DedicatedSegmentSize”, lalu atur “Base” menjadi “Desimal” dan tambahkan nilai dari 0 hingga 512. Nilai yang dimasukkan akan menjadi total VRAM yang ditampilkan di dalam Menu “Adapter Properties”. Simpan pembaruan dan reboot PC Anda untuk mengonfirmasi bahwa modifikasi telah diterapkan.
Cara Meningkatkan VRAM di Windows 10

Di Windows 10, Anda dapat meningkatkan VRAM melalui BIOS atau menggunakan “Registry Editor.” Ikuti langkah-langkah ini untuk meningkatkan VRAM Anda vis BIOS:
Reboot PC Anda, lalu untuk mengakses opsi BIOS dengan menekan tombol “F2,” atau “F5,” atau “F8,” atau “Del” berulang kali. Atau cari tahu cara masuk ke BIOS untuk motherboard spesifik Anda dengan menemukan pabrikan melalui pencarian internet. Saat Anda melihat opsi BIOS, temukan menu kedua di bawah “Pengaturan Video,” “Pengaturan Grafik,” atau “Konfigurasi Grafik Terintegrasi.” Biasanya ditemukan di bawah menu “Advanced”. Sekarang Anda dapat menyesuaikan “DVMT Pre-Allocated VRAM” atau “UMA Frame Buffer Size” ke ukuran yang sesuai untuk sistem Anda. MSI GIGABYTE Setelah selesai, simpan modifikasi, lalu reboot komputer Anda.Setelah me-restart PC Anda, Anda akan melihat bahwa jumlah VRAM Anda telah meningkat.
Atau, ikuti langkah-langkah ini untuk meningkatkan VRAM di Registry Editor:
Masukkan “Run” di menu Start untuk meluncurkan aplikasi “Run”. Ketik “regedit” untuk mengakses “Registry Editor.” Arahkan ke jalur berikut: “HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareIntel“. Di panel kiri, klik kanan pada folder “Intel”. Kemudian arahkan pointer Anda pada “New,” dan pilih “Key.” Beri nama kunci baru “GMM,” lalu klik di atasnya. Klik kanan di dalam panel kanan, lalu klik “New” dan pilih “DWORD (32-bit) Value.” Panggil nilai baru “DedicatedSegmentSize.” Pastikan huruf awal setiap kata menggunakan huruf kapital dan tanpa spasi. Klik dua kali pada “DedicatedSegmentSize”, atur “Base” menjadi “Decimal”, dan tambahkan nilai dari 0 hingga 512. Nilai yang dimasukkan harus merupakan total VRAM yang ditampilkan di dalam menu “Adapter Properties”. Terakhir, simpan peningkatan dan reboot PC Anda untuk memastikan penyesuaian telah diterapkan.
Cara Meningkatkan VRAM dengan Kartu Grafis NVIDIA

Cara paling stabil untuk meningkatkan RAM PC Anda adalah dengan meningkatkan kartu grafis. Kartu grafis suara seperti NVIDIA direkomendasikan untuk beberapa kekuatan serius dan pengalaman bermain game yang lebih tinggi. GPU khusus akan menawarkan Anda lebih banyak VRAM dan daya komputasi secara keseluruhan.

Tidak ada jumlah VRAM yang sempurna yang cocok untuk semua orang. Tapi di sini ada beberapa panduan untuk berapa banyak VRAM yang harus Anda cari dalam kartu grafis:

1-2GB VRAM

Kartu ini biasanya berada di ujung skala yang lebih terjangkau. Mereka akan memberikan kinerja yang lebih baik daripada konfigurasi grafis terintegrasi tetapi tidak dapat menangani banyak pengaturan game modern di atas rata-rata. Pertimbangkan untuk membeli kartu dengan jumlah VRAM ini untuk memainkan game lama yang tidak dapat diakomodasi oleh pengaturan grafis terintegrasi. Jumlah ini tidak disarankan untuk tugas pengeditan 3D atau video.

3-6GB VRAM

Ukuran ini dianggap menengah. Ini cocok untuk game rata-rata atau pengeditan video yang agak intensif. Ini tidak akan cukup untuk paket tekstur yang berlebihan, tetapi Anda dapat memainkan game modern pada 1080p dengan sedikit masalah.

8GB VRAM dan Above

RAM sebanyak ini untuk gamer hardcore. Ukurannya sempurna untuk game modern dengan resolusi 4K.

Cara Meningkatkan VRAM di BIOS

Opsi untuk mengubah pengaturan VRAM Anda tidak tersedia untuk semua motherboard. Ikuti langkah-langkah ini untuk meningkatkan VRAM menggunakan menu BIOS:
Reboot PC Anda, lalu saat komputer dimulai ulang, tekan terus salah satu tombol berikut untuk mengakses BIOS: “F2,” “F5,” “F8,” atau “Del.” Jika tidak, cari tahu cara mengakses BIOS untuk motherboard spesifik Anda melalui pencarian internet. Setelah layar BIOS ditampilkan, buka menu kedua di bawah “Pengaturan Video,” “Pengaturan Grafik,” atau “Konfigurasi Grafik Terintegrasi.” Biasanya terdapat di bawah menu “Advanced”. Sekarang Anda dapat menyesuaikan “DVMT Pre-Allocated VRAM” atau “UMA Frame Buffer Size” ke ukuran yang sesuai untuk sistem Anda. MSI GIGABYTE Setelah itu, simpan pembaruan, lalu reboot PC Anda. Jumlah VRAM baru akan tersedia ketika PC Anda kembali.
Cara Meningkatkan VRAM Menggunakan CMD

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk meningkatkan VRAM di Registry Editor melalui CMD:
Launch “Start.”Masukkan pencarian untuk CMD.Klik kanan pada hasil dan pilih “Jalankan sebagai administrator.” Kemudian untuk mengakses “Registry Editor,” dan ketik “regedit.” Pergi ke jalur berikut: “HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareIntel” Di panel kiri, klik kanan pada “Intel” map. Arahkan pointer Anda pada “New,” lalu pilih “Key.” Panggil kunci baru “GMM,” lalu pilih. Klik kanan di dalam panel kanan, lalu pilih “New” dan klik “DWORD (32-bit) Value .” Beri nama nilai baru: “DedicatedSegmentSize.” Pastikan huruf awal setiap kata menggunakan huruf kapital dan tanpa spasi. Klik dua kali pada “DedicatedSegmentSize”, lalu atur “Base” menjadi “Desimal” dan tambahkan nilai dari 0 hingga 512. Angka yang dimasukkan harus merupakan total VRAM ditampilkan di dalam menu “Properti Adaptor”. Simpan pembaruan, lalu reboot PC Anda untuk memverifikasi bahwa perubahan telah diterapkan.
Dapatkan Lebih Banyak Dari Kartu Grafis Anda

Jika memori GPU Anda rendah atau penuh, ini memengaruhi seberapa cepat kinerja GPU Anda dan seberapa kuat Anda komputer adalah. Selain memutakhirkan kartu grafis Anda, Anda memiliki opsi untuk meningkatkan VRAM dengan beberapa penyesuaian ke Windows 10 dan 11. Ini dapat dilakukan dengan mengakses BIOS atau Registry Editor. Solusi ini nyaman tetapi harus digunakan sebagai solusi jangka pendek saja. Disarankan untuk meningkatkan ke kartu grafis yang lebih kuat.

Jenis aktivitas atau permainan yang menggunakan grafis apa yang Anda sukai? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.