Cara Menjaga Layar Lebih Lama di

Meskipun Windows 11 menawarkan fitur yang lebih canggih daripada pendahulunya, sistem operasi akan tetap mematikan layar saat Anda tidak menggunakan perangkat. Setelah Anda kembali dari istirahat, Anda harus mengotak-atik mouse atau touchpad untuk kembali ke pekerjaan Anda. Jika Anda sedang mencari cara untuk mengatasi masalah ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Artikel ini akan membahas beberapa metode untuk menjaga tampilan tetap berjalan dan mengurangi batas waktu layar di Windows 11. Kami juga akan membahas cara nonaktifkan penghematan daya dan cegah gangguan layar.

Cara Menjaga Layar Lebih Lama di Windows 11 Menggunakan “Pengaturan”

Aplikasi “Pengaturan” menyesuaikan sebagian besar perilaku PC Anda, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mengubah waktu tunggu dan menjaga layar Anda menyala lebih lama. Untuk memperpanjang waktu tunggu layar Anda:
Temukan ikon “Pengaturan” di atas tombol “Daya” dan klik di atasnya. Pilih opsi “Sistem” dari bilah menu “Pengaturan” dan ketuk “Daya & baterai.” Klik pada “Layar dan tidur” untuk memperluasnya. Anda akan melihat dua opsi batas waktu. Masukkan periode batas waktu yang diinginkan di bidang “Pada daya baterai” dan “Saat dicolokkan” untuk mencegah layar menjadi gelap terlalu dini.
Jika menunggu layar menyala membuat Anda frustrasi, Anda juga dapat mematikan batas waktu layar sepenuhnya. Pengguna yang lebih suka bekerja di laptop harus memperhatikan bahwa batas waktu memperpanjang masa pakai baterai, sehingga menonaktifkannya dapat menguras baterai lebih cepat. Untuk mematikan batas waktu dan selalu menjaga layar tetap menyala:
Arahkan ke tombol “Mulai” dan klik ikon “Pengaturan” di atasnya. Pilih opsi “Sistem” dari menu samping “Pengaturan” dan klik “Daya & baterai. ”Tekan bagian “Layar dan tidur” untuk melihat opsi batas waktu layar. Buka bidang “Pada daya baterai” dan ubah nilainya menjadi “0.” Di bidang “Saat dicolokkan”, sesuaikan nilainya menjadi “0. ”
PC atau laptop Anda akan secara otomatis menyimpan perubahan. Terlepas dari berapa lama Anda membiarkan perangkat tidak aktif, itu akan membuat layar tetap cerah. Anda akan dapat kembali ke pekerjaan Anda tanpa menggoyangkan kursor untuk membangunkan layar.

Cara Menjaga Layar Lebih Lama di Windows 11 Menggunakan Panel Kontrol

Cara lain untuk meningkatkan masa pakai layar adalah mengubah pengaturan melalui Panel Kontrol. Prosesnya relatif mudah dan memungkinkan pengguna untuk meninggalkan perangkat mereka tanpa khawatir kembali ke layar hitam. Begini cara kerjanya:
Klik tombol “Start” dan ketik “Control Panel” di kolom pencarian. Ketuk program ketika muncul di hasil pencarian. Itu harus menjadi opsi pertama. Arahkan ke bidang pencarian Panel Kontrol dan ketik “Opsi Daya.” Pilih “Opsi Daya” dari jendela Panel Kontrol. Ketuk “Pilih kapan harus mematikan tampilan” di bilah menu di bagian kiri dari antarmuka. Sesuaikan setpoint batas waktu layar dan tekan tombol “Simpan perubahan” untuk menerapkan modifikasi.
Control Panel adalah program hebat yang menawarkan metode tambahan untuk menyesuaikan batas waktu layar. Untuk mengakses dan mengubah pengaturan rencana daya:
Ketuk tombol “Mulai” dan ketik “Panel Kontrol” di menu pencarian. Klik “Panel Kontrol” ketika muncul di hasil pencarian. Biasanya, itu akan muncul sebagai opsi pertama. Buka menu pencarian Panel Kontrol dan ketik “Opsi Daya.” Pilih “Opsi Daya” di bagian kiri jendela Panel Kontrol. Tekan opsi “Ubah pengaturan paket” di sebelah opsi Paket daya aktif PC. Klik “Ubah pengaturan daya lanjutan.” Ketuk judul “Tampilan” untuk meluaskannya. Pilih bagian “Matikan tampilan setelah” untuk melihat nilai batas waktu. Sesuaikan nilai agar sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Ketuk tombol “OK” untuk merekam perubahan.
Meskipun memperpanjang periode waktu tunggu mungkin memuaskan beberapa pengguna, mungkin ada keadaan di mana Anda akan mendapat manfaat dari menonaktifkan pemadaman layar. Untuk melakukannya dengan Panel Kontrol:
Tekan “Mulai” dan temukan Panel Kontrol menggunakan bilah pencarian. Pilih program setelah Anda melihat Panel Kontrol di hasil pencarian. Arahkan ke bidang pencarian Panel Kontrol dan ketik “Opsi Daya.” Pilih “Opsi Daya” dari sisi kiri jendela Panel Kontrol. Klik opsi “Ubah pengaturan paket” di sebelah paket daya aktif PC. Tekan “Ubah pengaturan daya lanjutan.” Tekan judul “Tampilan” untuk memperbesarnya. Pilih judul “Matikan tampilan setelah” untuk melihat setpoint batas waktu. Pilih “0” di bidang “Pada baterai”. Ketuk “0” di bidang “Dicolokkan”.
Setelah Anda menekan “OK”, perangkat Anda akan menerapkan perubahan, dan layar akan selalu tetap menyala. Ingatlah bahwa yang terbaik adalah menonaktifkan batas waktu pada komputer karena komputer beroperasi pada stopkontak eksternal. Saat menggunakan laptop, ingatlah untuk memantau masa pakai baterainya karena layar menghabiskan banyak energi. Ini bukan masalah jika laptop terhubung ke stopkontak.

Cara Menjaga Layar Lebih Lama di Windows 11 Menggunakan Command Prompt

Pengguna juga dapat mengubah pengaturan layar menggunakan Command Prompt. Untuk melakukannya:
Arahkan kursor ke atas tombol “Start” dan klik kanan. Klik opsi “Windows Terminal”. Ketuk tombol panah ke bawah di samping tab baru dan pilih “Command Prompt” dari menu dropdown. Saat perangkat Anda sedang berjalan pada mode baterai, jalankan perintah berikut:”powercfg -change -monitor-timeout-dc x”Alih-alih “x,” ketik periode batas waktu yang diinginkan untuk menghentikan layar menjadi gelap sebelum waktunya. Saat perangkat dicolokkan, jalankan perintah berikut:”powercfg – change -monitor-timeout-ac x”Ingat untuk mengganti “x” dengan periode batas waktu yang sesuai. Ketuk “Enter.” Keluar dari Terminal Windows.
Jika Anda merasa nyaman bekerja di Command Prompt, Anda mungkin pertimbangkan untuk mematikan batas waktu layar sepenuhnya. Selama perangkat dihidupkan, layar akan tetap cerah dan memberikan pengalaman pengguna yang bebas repot. Untuk menonaktifkan batas waktu:
Arahkan ke tombol “Mulai” dan klik kanan. Temukan dan pilih opsi “Terminal Windows”. Tekan tombol berbentuk panah di sebelah tab baru dan pilih “Prompt Perintah” dari menu tarik-turun. Jika Anda sering menggunakan laptop Anda dalam mode baterai, jalankan perintah berikut: “powercfg -change -monitor-timeout-dc x” Mengganti “x” dengan “0” akan mencegah timeout layar. Untuk perangkat yang terhubung, jalankan baris perintah berikut: ” powercfg – ubah -monitor-timeout-ac x“
Setelah Anda mengganti “x” dengan “0,” layar tidak akan pernah menjadi hitam lagi.

Menonaktifkan Mode Penghemat Baterai

Jika Anda mengalami masalah tampilan, mode Penghemat Baterai laptop Anda mungkin penyebabnya . Saat perangkat berjuang untuk tetap menyala, Anda akan menghadapi lebih banyak waktu tunggu layar. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin menonaktifkan mode Penghemat Baterai agar tidak mengganggu tampilan. Namun, melakukannya dapat menyebabkan perangkat mati dengan cepat kecuali Anda mengisi dayanya.

Untuk menonaktifkan Mode Penghemat Baterai:
Tahan “Windows + A” untuk meluncurkan “Pengaturan Cepat”. Jika ikon “Penghemat Baterai” dipilih, ketuk untuk batalkan pilihannya.
Anda juga dapat mematikan penghemat baterai dan meningkatkan kecerahan layar dengan aplikasi “Pengaturan”.
Tekan “Windows + I” untuk meluncurkan “Pengaturan” laptop Anda. Atau, temukan program menggunakan bilah pencarian Windows 11. Klik “Sistem” dan pilih opsi “Daya & baterai”. Ketuk bagian “Hemat baterai” untuk memperbesarnya. Tekan opsi “Matikan sekarang”. Keluar dari program .
Setelah Anda mencolokkan laptop Anda, perangkat akan secara otomatis menonaktifkan penghematan daya, sehingga kecerahan layar Anda tidak akan terpengaruh.

Selalu Kendalikan Layar Windows 11 Anda

Meskipun Windows 11 hadir dengan banyak fasilitas, ia tidak menawarkan solusi bawaan untuk batas waktu layar masalah. Untungnya, Anda dapat mengubah pengaturan perangkat Anda menggunakan Panel Kontrol, Prompt Perintah, atau Pengaturan untuk menyesuaikan periode waktu habis secara manual. Program-program ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan batas waktu, menjaga layar selalu menyala.

Sudahkah Anda mengubah pengaturan tampilan pada perangkat Windows 11 Anda? Manakah dari program di atas yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.