Cara Menjaga Mac Dari Tidur

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda berjalan menjauh dari Mac untuk sesaat, dan dalam sekejap mata, Mac sudah tertidur. Perasaan Anda tentang hal ini dapat berkisar dari sedikit kesal hingga benar-benar frustrasi. Mode tidur digunakan untuk menghemat daya, tetapi terkadang dapat mengganggu.

Artikel ini akan membahas cara mencegah Mac Anda masuk ke mode tidur dalam beberapa skenario. Untungnya, ada perbaikan mudah untuk fitur menjengkelkan ini.

Menjaga Mac Anda Dari Tidur

Ada metode sederhana untuk mengubah bagaimana dan kapan Mac Anda memutuskan waktunya untuk masuk ke mode tidur. Anda dapat mengatur ini dengan memeriksa pengaturannya di preferensi sistem Mac Anda. Untuk mempelajari cara melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini.
Ketuk ikon Apple di sudut kiri atas. Dari menu tarik-turun, pilih “System Preferences.” Temukan dan tergantung pada iOS Anda, pilih “Energy Saver” atau “ Baterai.” Di jendela pop-up, seret penggeser sepenuhnya ke kanan ke arah yang tertulis “Tidak pernah.” Ketuk kotak di samping “Cegah komputer tidur secara otomatis saat layar mati.” Pastikan bahwa “Tetapkan disk untuk tidur jika memungkinkan” tidak dicentang.
Perhatikan bahwa Mac Anda sekarang akan menggunakan lebih banyak energi daripada jika Anda membiarkannya tidur setelah jangka waktu tertentu.

Menjaga Mac Anda Dari Tidur Saat Tutupnya Ditutup

Anda mungkin ingin menjaga MacBook Anda dari tidur ketika tutupnya tertutup. Melakukannya diperlukan saat MacBook Anda terhubung ke monitor eksternal. Mencapai ini hanya membutuhkan beberapa langkah mudah dan mirip dengan melakukannya di desktop Mac. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk ini.
Klik ikon Apple yang terletak di sudut kiri layar.Pilih “System Preferences” dari menu dropdown.Tergantung pada iOS yang Anda miliki, pilih “Battery” atau “Energy Saver .”Di jendela pop-up, klik kotak di samping “Cegah Mac Anda dari tidur otomatis saat layar mati.” Dengan menggunakan penggeser di bagian atas jendela, klik dan seret ke paling kanan dengan kata “ Tidak pernah.”
Aplikasi untuk Menjaga Mac Anda dari Tidur

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda unduh untuk memantau mode tidur Mac Anda. Beberapa juga memiliki fitur tambahan, seperti menentukan apakah aplikasi lain mengganggu cara Mac tidur. Di bawah ini adalah beberapa yang paling populer.

Owly

Owly adalah utilitas bilah menu yang akan mencegah Mac Anda masuk ke mode tidur. Antarmukanya yang sederhana dan mudah digunakan beroperasi dengan sakelar hidup/mati yang sederhana.

Lungo

Lungo akan mencegah layar Mac Anda meredup atau tertidur. Setelah terinstal, cukup klik kanan ikon Lungo di bilah tugas dan nyalakan.

Wimoweh

Wimoweh adalah aplikasi bilah menu populer lainnya yang membantu menghentikan Mac Anda dari tidur. Ini juga akan membantu Anda dalam pencarian Anda untuk melihat apakah aplikasi lain yang Anda miliki memungkinkan Mac Anda masuk ke mode tidur. Fitur yang bagus adalah Anda dapat mengaturnya agar tetap terjaga saat aplikasi tertentu sedang berjalan dan membiarkan Mac Anda tidur setelah selesai.

Pusat Kontrol Tidur

Pusat Kontrol Tidur akan menghentikan Mac Anda dari tidur dan merupakan pilihan lain saat itu datang ke kontrol berbasis aplikasi dari kebiasaan tidur Mac Anda.

Amphetamine

Aplikasi Amphetamine akan menghentikan Mac Anda dari masuk ke mode tidur dan fitur sakelar sakelar hidup/mati langsung. Ini akan memungkinkan Mac Anda untuk tetap aktif selama pengunduhan dan kemudian akan masuk ke mode tidur setelah selesai.

Menjaga Mac Anda Dari Tidur Saat Mengunduh

Pengunduhan akan berhenti ketika Mac Anda masuk ke mode tidur. Jika Anda memiliki unduhan yang sangat lama, tidak nyaman harus duduk di sana dan menggerakkan mouse Anda atau mengetuk layar sentuh Anda agar Mac Anda tetap terjaga. Pilihan yang jauh lebih baik adalah mengubah pengaturan tidur Anda di preferensi sistem Mac Anda. Untuk mempelajari caranya, ikuti langkah-langkah ini.
Klik ikon Apple di sudut kiri atas.Ketuk “System Preferences” dari menu tarik-turun.Tergantung pada iOS Anda, pilih “Energy Saver” atau “Battery.”Dalam pop-up jendela, seret penggeser ke paling kanan di mana dikatakan “Tidak Pernah.” Beri tanda centang pada kotak di samping “Cegah komputer dari tidur secara otomatis saat layar mati.” Pastikan “Put hard disks to sleep bila memungkinkan” tidak dicentang.
FAQ
Apa yang dimaksud dengan Power Nap di Mac?

Power Nap tersedia di Mac memori kilat. Fitur ini memungkinkan fungsi tertentu untuk dilanjutkan bahkan setelah Mac Anda tertidur. Fungsi mana yang akan dilanjutkan tergantung pada apakah Anda menggunakan daya baterai atau jika Anda terhubung ke adaptor daya.

Saat menggunakan daya baterai dan Mac Anda tertidur, Power Nap akan terus memeriksa pesan email baru, memperbarui acara Anda di kalender, dan beberapa melakukan fungsi iCloud.

Ketika Mac Anda tertidur dan dicolokkan ke adaptor daya, Power Nap akan terus mengunduh pembaruan perangkat lunak.
Apa tujuan Mac akan tidur?

Tujuan utama mode tidur adalah untuk menghemat energi selama waktu idle . Lebih mudah untuk tetap menghidupkan Mac saat dalam mode hemat energi (tidur) daripada mematikannya. Menghidupkan Mac membutuhkan lebih banyak waktu daripada menggoyangkan mouse atau mengetuk layar sentuh. Dengan model yang memiliki fitur Power Nap, Anda dapat menghemat energi dan tetap mengizinkan pembaruan perangkat lunak.

Buat Mac Anda Terjaga Sepanjang Hari dan Sepanjang Malam

Anda tidak lagi akan dipaksa untuk menggerakkan mouse atau mengetuk layar sentuh untuk menghentikan Mac dari tidur. Baik dengan penggunaan aplikasi atau beberapa perubahan sederhana pada pengaturan sistem Anda, Anda dapat membuat Mac Anda tetap terjaga. Ini sangat berguna ketika Anda memiliki unduhan yang lama atau pembaruan sistem.

Apakah Anda perlu membuat Mac Anda tidak tidur? Apakah Anda mengikuti langkah-langkah yang dibahas dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.