Cara Menjalankan Chrome OS Flex di PC atau Mac Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sistem operasi baru Google, Chrome OS Flex, tersedia untuk semua orang. Ini akan berjalan di hampir semua komputer — bahkan mungkin dinosaurus yang duduk di garasi Anda. Cari tahu bagaimana Anda dapat mencobanya sekarang.

Apa itu Chrome OS Flex?

Chrome OS Flex adalah versi Chrome OS yang dirancang untuk setelan bisnis dan pendidikan. Ini didasarkan pada perangkat lunak CloudReady, yang dikembangkan oleh Neverware, yang memungkinkan Chrome OS berjalan di hampir semua PC. Anda tidak memerlukan Chromebook untuk menjalankannya.

Update, 8/5/22: Kami awalnya menerbitkan bagian ini untuk rilis eksperimental Chrome OS Flex pada Februari 2022. Kami telah memperbaruinya sekarang karena Chrome OS Flex tidak lagi tersedia akses awal.

Tujuannya adalah membuat OS yang ringan untuk menggantikan Windows dan macOS di komputer lama sehingga tidak melambat seiring waktu — meningkatkan umur panjang dan mengurangi limbah elektronik. Chrome OS Flex sangat bergantung pada integrasi cloud, seperti halnya Chrome OS, untuk membantu mencapainya. Selain ringan dan mengutamakan cloud, Chrome OS Flex dirancang agar aman — mendukung UEFI Secure Boot —  dan mudah dikelola menggunakan konsol Google Admin.

Apa yang Anda Perlukan untuk Menjalankannya?

Idealnya, Anda harus menjalankan Chrome OS Flex di satu perangkat bersertifikat Google. Namun, jumlah perangkat bersertifikat saat ini terbatas. Ini kemungkinan akan berjalan di banyak perangkat yang tidak terdaftar, tetapi tidak ada jaminan tentang stabilitas sistem atau driver perangkat keras.

Catatan: Chrome OS Flex tidak lagi dalam “akses awal” mulai Juli 2022. Google lebih menargetkannya pada bisnis daripada pengguna rumahan, tetapi siapa pun dapat mengunduhnya untuk penggunaan pribadi juga. Anda bahkan dapat mencobanya langsung dari drive USB bahkan tanpa menginstalnya di PC Anda.

Setidaknya, Anda memerlukan komputer dengan setidaknya yang berikut:

A 64-bit Intel atau AMD CPUEmpat gigabyte RAMA 16-gigabyte USB driveMendukung booting dari USBAkses administratif ke pengaturan BIOS/UEFIKoneksi internetCatatan: Chrome OS Flex tidak mendukung sistem berbasis ARM.Cara Mencoba Chrome OS Flex Tanpa Menginstalnya

Chrome OS Flex dapat dijalankan di drive USB tanpa menginstalnya ke hard drive PC Anda , seperti drive USB Linux langsung. Kami akan menggunakan ekstensi Utilitas Pemulihan Chromebook untuk memformat dan menyiapkan drive USB.

Menyiapkan Drive USB

Mulai dengan memasang ekstensi Utilitas Pemulihan Chromebook dari Toko Web Chrome di Google Chrome.

Instal ekstensi dengan mengeklik “Tambah Ekstensi”, lalu colokkan drive USB Anda ke PC.

Klik potongan puzzle kecil di sudut kanan atas Google Chrome untuk melihat ekstensi yang terpasang, lalu klik “Utilitas Pemulihan Chromebook.”

Pada halaman pertama Utilitas Pemulihan Chromebook, klik “Mulai” di kanan bawah. Kemudian pada layar berikutnya, klik “Pilih model dari daftar.”

Gunakan menu tarik-turun untuk terlebih dahulu mengatur pabrikan ke “Google Chrome OS Flex”, lalu atur produk ke “Chrome OS Flex (Pengembang-Tidak Stabil) ,” dan klik “Lanjutkan.”

Pilih drive USB yang telah Anda colokkan, lalu tekan “Lanjutkan.”

Peringatan: Melanjutkan di luar titik ini akan menghapus seluruh drive USB yang telah Anda masukkan. Periksa untuk memastikan tidak ada yang penting tersimpan di dalamnya.

Pada halaman berikutnya, klik “Buat Sekarang” di sudut kanan bawah. Membuat drive USB yang dapat di-boot akan memakan waktu beberapa menit. Setelah selesai, klik “Selesai.”

Booting Drive USB

Anda perlu mengubah urutan boot PC Anda untuk mencoba Chrome OS Flex.

Google mengatakan bahwa Chrome OS Flex harus kompatibel dengan UEFI Boot Aman, tetapi mungkin perlu menyesuaikan pengaturan Boot Aman Anda. Misalnya, perangkat Surface yang kami uji memerlukan keyset sertifikat Boot Aman untuk diubah dari “Microsoft only” menjadi “Microsoft & 3rd party CA” agar drive USB Flex Chrome OS dapat boot.

Mencoba Chrome OS Flex

Jika tidak memiliki perangkat bersertifikat, Chrome OS Flex mungkin tidak sepenuhnya mendukung semua perangkat keras di perangkat Anda. Ini dapat menyebabkan crash atau perangkat keras yang tidak berfungsi. Ikuti petunjuknya setelah mem-bootnya untuk memulai.

Warning: Pastikan untuk memilih “Coba Dulu,” terutama jika Anda tidak memiliki perangkat bersertifikat. Selain itu, perhatikan bahwa menginstal Chrome OS Flex akan menghapus data yang ada di hard drive Anda.

Anda juga akan ditanya apakah Anda ingin mencoba masuk sebagai tamu atau dengan akun Google Anda. Masuk dengan akun Google Anda secara otomatis memasukkan Anda ke semua aplikasi Google di perangkat, seperti di Chromebook.

Seperti Apa Menggunakan Chrome OS di PC

Jika Anda pernah menggunakan Chrome OS di Chromebook, Anda akan langsung di rumah dengan Chrome OS Flex. Sistem operasi terlihat dan terasa identik.

Antarmuka pengguna mulus dan responsif, dan tidak ada bug utama yang muncul selama pengujian kami.

Ada beberapa perbedaan penting yang mungkin Anda perhatikan. Chrome OS Flex tidak mendukung Aplikasi Android atau Google Play Store. Pintasan keyboard yang Anda kenal dari Chrome OS mungkin juga berbeda, karena tidak semua keyboard Chrome OS Flex akan sama.

Dukungan perangkat keras Chrome OS Flex juga cukup bagus. Sayangnya, tidak ada laptop yang kami uji pada Februari 2022 yang akan merespons trackpad atau keyboard yang terpasang di dalamnya. Namun, mouse dan keyboard USB yang terpasang ke perangkat berfungsi. Wi-Fi, Bluetooth, dan perangkat audio semuanya bekerja dengan sempurna di komputer yang memilikinya. Chrome OS Flex bahkan berjalan dengan sempurna di PC berusia 13 tahun dengan GPU dan kartu suara khusus. Chrome OS Flex juga berkinerja sangat baik dalam pengujian kami.

Itulah berita seputar Cara Menjalankan Chrome OS Flex di PC atau Mac Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.