Cara Menjumlahkan Kolom di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Microsoft Excel menawarkan beberapa cara untuk menjumlahkan nilai kolom tertentu. Anda dapat menggunakan bilah status, JumlahOtomatis, dan fungsi SUM untuk menambahkan nilai di kolom Anda. Berikut cara menggunakannya.

Cara Menjumlahkan Nilai Kolom di Excel

Salah satu cara menjumlahkan kolom adalah dengan menggunakan bilah status Excel. Jika Anda hanya ingin melihat jumlah dan tidak ingin menampilkannya di mana pun di spreadsheet, gunakan metode ini.

Metode kedua adalah menggunakan JumlahOtomatis, fitur Excel yang secara otomatis menambahkan fungsi SUM dengan argumen yang diperlukan ke pilihan Anda cell.

Terakhir, Anda dapat menggunakan fungsi SUM populer untuk menjumlahkan seluruh kolom atau baris atau rentang tertentu di dalamnya.

Melihat Jumlah Kolom Anda di Bilah Status Excel

Untuk hanya melihat jumlah kolom Anda, lalu pertama-tama, luncurkan spreadsheet Anda dengan Microsoft Excel.

Di spreadsheet Anda, pilih sel di kolom yang ingin Anda lihat jumlahnya. Untuk memilih seluruh kolom, lalu di bagian atas kolom, klik huruf kolom.

Di bilah bawah Excel, di samping “Jumlah”, Anda akan melihat jumlah terhitung sel yang dipilih.

Selain itu, bilah status menampilkan hitungan serta rata-rata sel yang Anda pilih.

Sum Nilai Kolom Anda Menggunakan Fitur Jumlah Otomatis Excel

Untuk mendapatkan jumlah sel yang berdekatan dari kolom Anda, gunakan fitur JumlahOtomatis bawaan Excel. Dengan metode ini, Anda memilih sel di bagian bawah nilai kolom Anda dan mengakses fitur, dan kemudian mengisi fungsi SUM dengan argumen yang diperlukan untuk Anda.

Untuk menggunakannya, pertama, buka spreadsheet Anda dan klik sel di mana Anda ingin mendapatkan hasilnya. Fitur ini akan menjumlahkan semua nilai di atas sel yang dipilih.

Sementara sel Anda dipilih, di tab “Beranda” Excel di bagian atas, pilih opsi “Jumlah Otomatis”

Di sel yang Anda pilih, JumlahOtomatis telah mengisi fungsi SUM dengan rentang data Anda. Jika ini terlihat bagus, tekan Enter.

Anda akan melihat hasil fungsi SUM di sel Anda.

Dan Anda sudah siap.

Sum Nilai Kolom Dengan Fungsi SUM Excel

Fungsi SUM Excel banyak digunakan untuk menjumlahkan nilai di spreadsheet Anda . Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk menambahkan sel tertentu, rentang data, dan bahkan seluruh kolom. Ini adalah hal yang sama yang dilakukan AutoSum, tetapi kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengetiknya secara manual dan memodifikasinya untuk mempersempit pilihan.

Untuk melakukannya, pertama, luncurkan spreadsheet Anda dengan Microsoft Excel dan klik sel yang Anda inginkan untuk melihat hasilnya.

Di sel yang Anda pilih, ketikkan fungsi berikut dan tekan Enter. Dalam fungsi ini, ganti C2:C22 dengan rentang tempat data Anda berada. Jika Anda memasukkan fungsi apa adanya, itu akan menjumlahkan semua angka dari baris C2 hingga C11.

=SUM(C2:C11)

Untuk menghitung nilai dari sel kolom tertentu, tambahkan sel Anda dalam fungsi SUM yang dipisahkan oleh a koma sebagai berikut:

=SUM(C2,C5,C8)

Untuk menambahkan rentang dan sel tertentu, gunakan fungsi SUM sebagai berikut:

=SUM(C2:C5,C8,C10)

Untuk menjumlahkan seluruh kolom, gunakan kolom huruf dalam argumen fungsi SUM sebagai berikut. Anda akan ingin menggunakan fungsi ini dalam sel yang berada di kolom yang berbeda.

=SUM(C:C)

Anda akan melihat semua baris ditambahkan di sel yang dipilih.

Seperti yang Anda lihat, menjumlahkan angka dari kolom Anda di Microsoft Excel semudah menggunakan fitur bawaan atau memasukkan fungsi SUM secara manual. Kami harap panduan kami membantu Anda.

Apakah Anda ingin menghitung jumlah kuadrat di Excel? Jika demikian, ada cara untuk melakukannya.

Itulah berita seputar Cara Menjumlahkan Kolom di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.