Cara Menonaktifkan Enkripsi BitLocker di Windows 10 dan 11

Ar_TH/Shutterstock.com

Fitur BitLocker Windows 10 dan 11, untuk edisi Professional dan Enterprise, mengenkripsi drive Anda untuk membantu menjaga keamanan data Anda. Jika Anda tidak menginginkan enkripsi ini karena alasan tertentu, mudah untuk menonaktifkan BitLocker dan mendekripsi drive Anda. Kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Apakah Menonaktifkan BitLocker Safe?

Jika Anda mengkhawatirkan privasi dan keamanan, ketahuilah bahwa menghapus enkripsi BitLocker membuat data drive Anda lebih mudah diakses dalam situasi tertentu. Misalnya, jika Anda menggunakan PC dual-boot, sistem operasi lain dapat mengakses data yang tersimpan di drive Anda jika Anda menonaktifkan BitLocker. Juga, jika laptop Anda dicuri atau Anda kehilangannya, siapa pun yang memilikinya dapat mengakses data tidak terenkripsi di drive komputer Anda.

Jika kekhawatiran Anda adalah peretas dan pencuri jarak jauh yang mengakses data drive Anda saat Anda terhubung ke internet, ingatlah bahwa BitLocker tidak melindungi dari itu; data Anda sudah didekripsi saat Anda menggunakan mesin. Adalah tugas firewall Anda, perangkat lunak antivirus Anda, dan Anda sendiri sebagai pengguna untuk melindungi Anda dari ancaman online. Seseorang atau sistem operasi lain dengan akses fisik ke perangkat Anda akan menjadi perhatian utama Anda jika Anda memilih untuk melanjutkan.

Matikan Enkripsi BitLocker di Windows 10 atau 11

Untuk menonaktifkan BitLocker di Windows 10 atau Windows 11, Anda akan mengikuti langkah-langkah ini. Kami menggunakan PC Windows 11 di bawah ini untuk mendemonstrasikan langkah-langkahnya, tetapi Windows 10 hampir sama.

Untuk memulai, buka menu “Start”, cari “Control Panel,” dan pilih “Control Panel” di hasil pencarian.

When Panel Kontrol terbuka, klik “Sistem dan Keamanan.”

Pada halaman “Sistem dan Keamanan”, pilih “Enkripsi Drive BitLocker.”

Di sebelah drive tempat Anda mengaktifkan BitLocker, klik “Matikan BitLocker.”

Pilih “Turn Off BitLocker.” BitLocker” option.

Windows sekarang akan mulai mendekripsi konten drive Anda, yang dapat memakan waktu cukup lama, terutama jika drive Anda memiliki banyak konten di dalamnya. Sementara itu, Anda dapat terus bekerja dengan file Anda seperti biasa.

Drive Anda sekarang didekripsi dan Anda dapat mengakses data di dalamnya sesuka Anda.

Jika Anda mencari alternatif untuk BitLocker, pertimbangkan untuk menggunakan Veracrypt, yang merupakan alat enkripsi gratis dan sumber terbuka.

Itulah berita seputar Cara Menonaktifkan Enkripsi BitLocker di Windows 10 dan 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.