Cara Menonaktifkan Kamera di PC Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
Windows 10Windows 11Device Missing?
Windows memungkinkan pengguna mengakses lebih banyak dan lebih banyak lagi pengaturan di komputer mereka. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat keamanan mereka, termasuk kamera web terintegrasi di komputer mereka. Windows menyediakan cara mudah dan cepat untuk menyesuaikan pengaturan kamera sesuai keinginan Anda.

Baca artikel di bawah ini untuk mempelajari cara menonaktifkan kamera di PC Windows!

Cara Menonaktifkan Kamera di Windows 10

Jika Anda ingin menonaktifkan kamera di Windows 10, Anda dapat mematikan kamera sama sekali atau untuk beberapa aplikasi. Ini luar biasa karena memungkinkan pengguna memiliki lebih banyak kekuatan atas cara kamera mereka berinteraksi dengan aplikasi mereka. Ini juga membantu pengguna untuk menjaga kontrol yang lebih baik atas keamanan komputer mereka.

Matikan Kamera untuk Semua Aplikasi

Windows 10 akan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan kamera sama sekali. Tidak ada aplikasi yang memiliki akses ke sana dan tidak dapat memperoleh akses sampai Anda mengaktifkan kamera lagi. Ikuti langkah-langkah ini untuk mematikan kamera untuk semua aplikasi:
Klik kanan pada tombol Start Windows. Di menu yang muncul, pilih “Pengelola Perangkat.” Jendela baru akan terbuka. Pilih panah di sebelah “Perangkat pencitraan” untuk memperluas menu. Klik kanan nama kamera Anda dan pilih “Nonaktifkan perangkat.” Di kotak konfirmasi, klik “Ya.”
Setelah Anda mengklik “Ya,” kamera akan sepenuhnya dinonaktifkan. Jika Anda tidak yakin apakah kamera mati, nyalakan ulang komputer Anda untuk memastikan perubahan sudah terjadi.

Matikan Kamera untuk Aplikasi Tertentu

Jika Anda memerlukan kontrol lebih besar atas kamera daripada menonaktifkannya sepenuhnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Petunjuk ini akan membantu Anda mematikan kamera untuk aplikasi tertentu sambil memberikan akses ke yang lain.
Klik menu Mulai, lalu pilih “Pengaturan”. Pilih “Privasi”. Sebuah jendela akan muncul. Di menu sebelah kiri, temukan “Kamera” dan klik di atasnya. Temukan pengaturan bertanda “Izinkan aplikasi mengakses kamera Anda,” dan alihkan sakelar. Di bagian berjudul “Pilih aplikasi Microsoft Store mana yang dapat mengakses kamera Anda,” Anda akan melihat daftar aplikasi. Matikan opsi aplikasi jika Anda tidak ingin aplikasi mengakses kamera Anda.
Ingat bahwa jika Anda menonaktifkan akses kamera untuk browser web, Anda juga menonaktifkan akses untuk situs web apa pun yang mungkin Anda gunakan. Sebaiknya restart komputer Anda untuk memastikan pengaturan diterapkan.

Cara Menonaktifkan Kamera di Windows 11

Windows 11 juga memungkinkan pengguna untuk mematikan kamera mereka. Pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan beberapa aplikasi atau menonaktifkan kamera sama sekali. Dengan pembaruan ke Windows 11, pengaturan menjadi lebih mudah daripada di Windows 10.

Matikan Kamera untuk Semua Aplikasi

Untuk mematikan kamera untuk semua aplikasi di komputer Anda, ikuti petunjuk di bawah ini. Tidak ada aplikasi yang dapat mengakses kamera sampai Anda mengaktifkan kembali pengaturan.
Tekan tombol Mulai lalu klik “Pengaturan.” Jika Anda tidak dapat menemukan “Pengaturan,” tekan Windows + I. Klik “Bluetooth & perangkat” dan kemudian “Kamera.” Temukan daftar “Kamera yang terhubung” dan pilih “Webcam Terpadu.” Di bawah pratinjau webcam, klik ” Nonaktifkan.” Kotak konfirmasi akan muncul. Tekan “Ya.”
Kamera harus dinonaktifkan. Namun, Anda dapat me-restart komputer Anda untuk memastikan pengaturan telah diatur dengan benar.

Matikan Kamera untuk Aplikasi Tertentu

Banyak pengguna hanya perlu menonaktifkan kamera untuk aplikasi tertentu daripada untuk semuanya. Dalam hal ini, Windows 11 memungkinkan Anda menemukan dan mengatur akses dengan cepat hanya ke aplikasi yang diperlukan. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mematikan kamera untuk aplikasi tertentu:
Tekan tombol Mulai dan kemudian “Pengaturan.” Tekan Windows + I jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi di daftar aplikasi yang disematkan. Pilih “Privasi & Keamanan” di panel kiri. Gulir ke bawah ke bagian “Izin Aplikasi” lalu klik “Kamera.” opsi “Akses kamera” dan pastikan sakelar aktif. Kemudian aktifkan pengaturan “Biarkan aplikasi mengakses kamera Anda”. Di bawahnya akan ada daftar aplikasi. Aktifkan atau nonaktifkan pengaturan untuk setiap aplikasi sesuai keinginan Anda.
Ingat bahwa mematikan akses browser ke kamera Anda juga menonaktifkan akses kamera untuk semua situs web. Nyalakan kembali komputer Anda untuk memastikan bahwa pengaturan disimpan dengan benar.

No Camera Please

Meskipun kita semua mungkin ingin menonaktifkan webcam kita sama sekali, ini mungkin tidak selalu menjadi pilihan. Windows membuat penonaktifan aplikasi kamera demi aplikasi menjadi proses yang sangat mudah. Akses ke pengaturan keamanan tingkat aplikasi ini juga merupakan tren yang meningkat di mana pengguna menjadi lebih terperinci dalam izin keamanan mereka. Itu juga berlaku untuk kamera kami.

Apakah Anda berhasil menonaktifkan kamera di PC Windows? Apakah Anda menonaktifkan kamera untuk semua aplikasi atau beberapa aplikasi tertentu? Beri tahu kami semuanya di komentar di bawah!