Cara Menonaktifkan OneDrive di

Windows 11 dan OneDrive sangat saling berhubungan secara desain. Microsoft secara bertahap mendorong pengguna mereka untuk mengandalkan OneDrive untuk cadangan file, terutama ketika datang ke Word dan Excel.

Namun, tidak setiap pengguna Windows 11 menggunakan OneDrive — beberapa mungkin lebih memilih Dropbox atau Google Drive sebagai layanan penyimpanan default mereka. Tetapi bahkan ketika itu terjadi, permintaan OneDrive mungkin muncul, dan platform dapat terus menyinkronkan file, yang dapat menjadi sedikit membuat frustrasi.

Untungnya, ada beberapa cara Anda dapat menonaktifkan OneDrive untuk sementara atau permanen di Windows 11. Kami akan memandu Anda melalui semua langkah dan membiarkan Anda memilih opsi mana yang paling sesuai untuk perangkat Anda.

Cara Menjeda Sementara OneDrive di Windows 11

Anda mungkin tidak ingin menonaktifkan atau menghapus OneDrive sepenuhnya, tetapi pastikan itu tidak mengganggu aktivitas lain dan cloud- storage services.

Cara paling efisien untuk membuat OneDrive “keluar dari jalan Anda” sejenak adalah dengan menjedanya. Layanan ini menawarkan beberapa solusi bawaan, yang dapat Anda akses dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka OneDrive dengan mengklik dua kali ikon OneDrive di bilah tugas. Pilih ikon “Pengaturan” yang terletak di sudut kanan atas. Klik “Jeda Sinkronisasi ”Pilih berapa lama jeda seharusnya. Anda dapat memilih dari 2, 8, atau 24 jam.
Tiga kerangka waktu adalah satu-satunya pilihan Anda – tidak ada cara untuk menyesuaikan berapa lama jeda harus berlangsung.

Cara Menonaktifkan OneDrive Startup di Windows 11

Saat Anda menghidupkan komputer, beberapa aplikasi perlu sedikit lebih banyak waktu untuk pergi. Jenis aplikasi ini disebut “berdampak tinggi”, dan layanan berbasis cloud seperti OneDrive atau Dropbox termasuk dalam kategori ini.

Tetapi jika Anda bosan menunggu OneDrive dimulai setiap kali Anda memulai PC atau laptop, Anda bisa menonaktifkan fitur ini sepenuhnya. Setelah Anda menonaktifkan startup OneDrive, komputer Anda akan melewati proses ini dan membiarkannya untuk startup manual bila diperlukan.

Untuk menonaktifkan startup OneDrive, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan “Win key + I” untuk membuka Windows 11 “Pengaturan.” Klik “Aplikasi ” diikuti oleh “Startup.” Temukan “Microsoft OneDrive.” Pindahkan tombol sakelar dari “On” ke “Off.”
Cara Memutuskan Tautan OneDrive dari Komputer Anda di Windows 11

Cara super efisien lainnya untuk menonaktifkan OneDrive adalah dengan memutuskan tautannya dari Windows Anda 11 perangkat. Ini biasanya merupakan solusi tercepat jika Anda yakin tidak akan menggunakannya dalam waktu dekat. Berikut adalah semua langkah yang perlu Anda ikuti:
Klik ikon OneDrive di bilah tugas Windows 11 Anda.Klik ikon roda gigi.Pilih “Pengaturan.” Pindah ke tab “Akun” saat jendela pop-up muncul.Klik tombol “Batalkan tautan ini PC” dan konfirmasikan pilihan Anda.
Perhatikan bahwa semua file OneDrive yang tersedia secara lokal akan tetap berada di perangkat Anda, tetapi Anda tidak akan lagi memiliki akses ke file yang hanya online.

Cara Menonaktifkan OneDrive Secara Permanen di Windows 11

Jika Anda tidak menggunakan untuk OneDrive, Anda mungkin tidak ingin menyimpannya di komputer, terutama jika Anda kekurangan ruang penyimpanan.

Menghapus OneDrive dari komputer Windows 11 adalah proses yang relatif mudah dan mengharuskan Anda melakukan langkah-langkah berikut:
Buka Windows 11 “Pengaturan” dengan menekan tombol Win + I secara bersamaan. Pilih “Aplikasi” diikuti oleh “Aplikasi & Fitur.” Gulir dan temukan “Microsoft OneDrive.” Klik tiga titik vertikal di sebelahnya. Pilih “Copot” dari drop- menu bawah. Konfirmasikan Anda mencopot pemasangan ng OneDrive.
Perhatikan bahwa jika Anda memutuskan untuk menggunakan OneDrive lagi, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Namun, akun OneDrive Anda tetap valid, bahkan setelah menghapus instalan aplikasi desktop.

Cara Menonaktifkan OneDrive dari Editor Kebijakan Grup di Windows 11

Seperti setiap versi Windows sebelumnya, Windows 11 memiliki “Editor Kebijakan Grup”, alat administratif yang memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai konfigurasi sistem operasi. Di antara pengaturan lainnya, Anda dapat menggunakannya untuk menonaktifkan OneDrive. Begini caranya:
Buka bilah pencarian dan masukkan “Kebijakan Grup.” Pilih “Konfigurasi Komputer,” diikuti oleh “Templat Administratif.” Klik “Komponen Jendela” diikuti oleh “OneDrive.” Pilih “Cegah penggunaan OneDrive untuk penyimpanan file .”Pilih “Diaktifkan” dari bagian “Pengaturan Kebijakan”. Pilih “Terapkan” diikuti dengan “Ok.”
Tanya Jawab Umum Tambahan
Apakah OneDrive tersedia di perangkat seluler?

Ya, tersedia. Anda dapat mengunduh versi aplikasi seluler OneDrive dari App Store dan Google Play store. Anda dapat menggunakan aplikasi seluler untuk mencadangkan foto dan video yang Anda ambil, tetapi Anda harus memperhatikan ruang penyimpanan.

Beberapa pengguna memilih untuk tidak menggunakan akun OneDrive mereka untuk Windows tetapi menyimpan gigabyte berharga untuk menyimpan kenangan berharga.
Berapa banyak penyimpanan tersedia ruang untuk OneDrive?

Saat membuka akun OneDrive, Anda mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Namun, kabar baiknya adalah Anda selalu dapat membeli lebih banyak ruang. 100GB lainnya berharga $19,99 per tahun, sedangkan 1TB adalah $69,99 per tahun.

Tetapi jika Anda berlangganan akun Microsoft 365, penyimpanan 1TB gratis karena Anda mendapatkan akses ke Word, Excel, PowerPoint, dan aplikasi Microsoft lainnya. Namun, jika Anda sudah menggunakan Google Drive atau Dropbox, mungkin lebih masuk akal untuk berinvestasi dalam peningkatan penyimpanan untuk layanan berbasis cloud ini.
Bisakah Anda menyinkronkan aplikasi pihak ketiga di OneDrive?

Tidak, Anda tidak bisa, dan itu salah satunya alasan mengapa beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan OneDrive atau menghapusnya secara permanen. Tidak ada cara untuk mengintegrasikan kalender, platform manajemen, atau papan pesan Anda, yang merupakan pemecah kesepakatan bagi beberapa pengguna.

Menggunakan Windows 11 Tanpa OneDrive

OneDrive menawarkan banyak manfaat seperti berbagi file, pengalaman sinkronisasi, dan keamanan. Tetapi jika Anda sudah menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud lainnya, itu mungkin hanya gangguan.

Windows 11 tidak halus dengan saran OneDrive, dan kedua platform terintegrasi dengan sangat baik. Itu tidak berarti Anda harus menggunakan OneDrive, karena ada beberapa cara untuk menonaktifkannya.

Anda dapat mulai dengan hanya menjedanya untuk menonaktifkannya dari startup hingga menghapusnya sepenuhnya dari perangkat Anda. Saat Anda membutuhkan OneDrive lagi, Anda dapat mengunduhnya dalam waktu singkat.

Apakah Anda menggunakan OneDrive atau layanan penyimpanan lain di Windows 11? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.