Cara Menonaktifkan Sticky Keys di PC Windows, Mac, atau Chromebook

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pengguna dengan keterbatasan fisik dapat menggunakan kunci lengket. Fitur aksesibilitas inovatif ini mengurangi jenis gerakan yang menyebabkan cedera regangan berulang. Alih-alih meminta pengguna untuk menekan banyak tombol sekaligus, opsi ini membuat rangkaian penekanan tombol.

Untungnya, opsi ini mudah untuk dinyalakan dan dimatikan. Tapi itu membuat pengaktifan fitur secara tidak sengaja menjadi sederhana. Untuk mengatasi masalah ini, kami akan menjelaskan cara menonaktifkan tombol lengket di banyak sistem operasi yang berbeda.

Cara Menonaktifkan Tombol Tempel di Windows 11

Fitur tombol lengket di Windows 11 dapat dinonaktifkan dengan dua cara. Metode pertama termasuk Control Panel. Untuk menonaktifkan fitur dengan cara ini, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka “Control Panel.” Klik “Ease of Access.” Gulir ke “Ease of Access Center.” Cari opsi menu “Jadikan Keyboard Lebih Mudah Digunakan”. Nonaktifkan kotak centang “Aktifkan Sticky Keys” di bawah “Jadikan Lebih Mudah untuk Mengetik.” Klik “Terapkan.”
Berikut cara menonaktifkan fitur dengan cara lain:
Di Windows 11, akses “Pengaturan Windows.” Pilih “Keyboard” dari “Aksesibilitas ” menu. Kemudian pilih “Sticky Keys.” Matikan pengaturan “Pintasan keyboard untuk tombol Sticky”.
Perhatikan bahwa Windows 11 tidak akan lagi meminta Anda untuk mengaktifkan tombol lengket ketika Anda menekan tombol Shift lima kali berturut-turut.

Cara Menonaktifkan Sticky Keys di Windows 10

Ada tiga cara bagi pengguna Windows 10 untuk menonaktifkan sticky keys. Instruksi untuk satu metode sama dengan untuk Windows 11, dan melibatkan Control Panel. Terapkan metode yang sama seperti yang dijelaskan di atas untuk menonaktifkan tombol lengket dengan cara ini:
Buka “Control Panel.” Pilih “Ease of Access.” Arahkan ke “Ease of Access Center.” Temukan menu “Jadikan Keyboard Lebih Mudah Digunakan” option.Matikan kotak centang “Aktifkan Sticky Keys” di bawah “Buat Lebih Mudah Mengetik.” Tekan “Terapkan.” Menggunakan tombol Shift. Untuk mematikan fitur ini, tekan tombol Shift sebanyak lima kali. Menggunakan Ease of Access. Untuk menonaktifkan tombol lengket dengan cara ini, ikuti langkah-langkah ini: Buka “Pengaturan.” Masukkan “Kemudahan Akses” dan pilih “Keyboard.” Matikan opsi “Tekan satu tombol pada satu waktu untuk pintasan keyboard.”
Cara Menonaktifkan Tombol Lengket pada Mac

Sticky keys dapat diaktifkan secara default di bagian Universal Access panel System Preferences. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengakses menu ini dan mematikan fitur ini:
Pilih “System Preferences” dari menu “Apple”. Pilih “Accessibility.” Pilih tab “Keyboard”. Di menu “Sticky Keys”, pilih “Off” button.
Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan sticky keys dengan mencentang kotak di samping “Press the Shift key lima kali”. Tombol Shift sekarang akan digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Sticky Keys.

Cara Menonaktifkan Sticky Keys di Chromebook

Ada banyak Fitur Aksesibilitas di Chromebook yang dapat membantu penyandang disabilitas fisik yang kesulitan mengoperasikan setelan keyboard biasa. Petunjuk sederhana ini akan menunjukkan kepada Anda cara menonaktifkan fitur.
Pilih waktu di sudut kanan bawah. Pilih “Pengaturan.” Pergi ke bawah dan pilih “Lanjutan.” Pilih “Kelola fitur aksesibilitas” dari bagian “Aksesibilitas”. Di bawah Di bagian “Keyboard”, Anda akan menemukan opsi “Sticky Key”. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.
Anda dapat mengunjungi situs dukungan resmi mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur aksesibilitas Chromebook.

Sticky Keys Tidak Akan Mati

Jika tidak ada yang berhasil dan kunci lengket Anda tidak mau mati, coba beberapa tips yang diuraikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah.

Windows Rusak

Komputer Anda mungkin disusupi malware. Tetapi penting untuk diketahui bahwa tidak semua malware berbahaya. Jika OS Anda adalah Windows, Anda dapat menggunakan Microsoft Defender untuk menyelesaikan masalah ini.
Arahkan ke bidang pencarian. Cari “Microsoft Defender.” Anda dapat mengunduhnya dari situs web Microsoft jika Anda belum memilikinya. Pilih “Pindai Sekarang” di menu “Defender”.
Biarkan Defender memindai sistem Anda dari malware. Jika malware ditemukan, pilih “Hapus semua.” Sekarang coba nonaktifkan kunci lengket Anda.

Instal Ulang Driver Keyboard di Windows

Anda mungkin memiliki driver keyboard yang rusak jika Anda tidak dapat mematikan tombol lengket. Coba instal driver keyboard lagi.
Untuk membuka “Device Manager”, tekan Windows+X. Pilih “Device Manager.” Temukan Driver Keyboard dan pilih dengan klik kanan. Pilih “Uninstall Device” pilih “Uninstall.”
Memulai ulang komputer Anda akan menyebabkan driver keyboard untuk menginstal lagi secara otomatis.

Perbarui Windows

Anda Sistem operasi Anda mungkin kedaluwarsa. Ikuti petunjuk berikut untuk memperbaruinya:
Pilih tab “Search”. Cari “Settings.” Klik “Update & Security.” Tekan tombol “Check for Updates”.
Windows akan melakukan pemeriksaan pembaruan. Jika ada pembaruan yang tersedia, unduhlah. Nyalakan ulang komputer untuk menerapkan pembaruan setelah prosedur selesai.

Setel Ulang Pengaturan Keyboard di Mac

Jika solusi di atas tidak berhasil mengatasi masalah kunci lengket di Mac Anda, pertimbangkan untuk menyetel ulang keyboard Anda sepenuhnya.
Pilih “System Preferences” dengan mengklik tombol Ikon “Apple” di pojok kiri atas layar. Pilih “Keyboard.” Di pojok kanan bawah tab keyboard, pilih “Modifier Keys.” Klik “OK” setelah memilih “Restore Defaults.” Selanjutnya, pilih a keyboard yang akan dihapus dengan mengklik tab “Teks”. Untuk menghapus pintasan keyboard, klik tanda minus. Pilih tab “Pintasan”. Jika Anda telah mengubah pintasan, klik “Pulihkan Default” sekali lagi untuk kembali mereka ke konfigurasi aslinya.Untuk memeriksa apakah keyboard Anda telah disetel ulang dengan benar, reboot Mac Anda.
Bagaimana Saya Berinteraksi dengan Keyboard dengan Tombol Terjebak di Mac?

Mungkin ada kalanya beberapa tombol keyboard tidak berfungsi. Jika Anda memerlukan solusi cepat, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan dan menggunakan Penampil Keyboard:
Pilih “System Preferences” dengan mengklik logo “Apple” di menu atas Mac. Kemudian pilih “Keyboard” dan klik tombol “Input Sources” .Dalam “Show Input Menu” di menu Bar, aktifkan “checkbox.” Untuk menampilkan “Keyboard Viewer”, pilih A di menu atas.Gunakan Apple Virtual Keyboard.
Menginstal ulang Mac dapat membantu jika Anda mengetahui perangkat lunak adalah penyebab masalah. Pastikan untuk membuat salinan cadangan data Anda jika terjadi kesalahan. Bawa ke layanan profesional untuk diperbaiki jika Anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri.

Mengapa Anda Harus Menonaktifkan Sticky Keys?

Sticky keys sering menjadi pilihan praktis, terutama jika Anda tidak suka memegang kunci dalam waktu lama. Namun, itu dapat dengan mudah menjadi tidak nyaman. Untungnya, tombol lengket dapat dihidupkan atau dimatikan dengan menekan tombol Shift lima kali. Karena itu, Anda tidak boleh membiarkan fitur ini diaktifkan kecuali Anda sedang belajar menggunakan perangkat lunak yang bergantung pada tombol pengubah.

Pernahkah Anda menonaktifkan fitur tombol tempel? Apakah Anda menggunakan salah satu tips dan trik dari artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.