Cara Mentransfer Foto dari Android ke PC

Smartphone
Android mengambil beberapa gambar yang fantastis akhir-akhir ini, terutama dengan teknologi yang berkembang dan banyak lensa. Terkadang, Anda ingin melihat foto Anda di layar yang lebih besar, dan Anda juga ingin menyimpan data jika terjadi masalah dengan ponsel Anda. Di situlah PC terlibat.

Mentransfer foto dari ponsel Android ke desktop itu mudah, dan ada banyak cara berbeda untuk melakukannya. Jika Anda membutuhkan gambar Anda segera, metode “kabel” adalah yang terbaik. Metode kedua melibatkan pengaturan ponsel Anda untuk mencadangkan foto Anda melalui Wi-Fi untuk akses mudah ke mana pun Anda pergi.

Dalam artikel ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang mentransfer foto dari perangkat Android Anda ke komputer.

Metode 1: Mentransfer Foto Android ke PC melalui Kabel USB

Mentransfer melalui kabel adalah metode tercepat dan paling efisien untuk mendapatkan foto Anda saat Anda ingin akses langsung. Selain komputer dan telepon Anda, yang Anda butuhkan hanyalah kabel USB untuk menjalankan dari telepon Anda ke komputer Anda. Biasanya, Anda sebaiknya menggunakan kabel yang disertakan dengan ponsel Anda untuk mengisi daya. Cabut konektor USB-A standar (sisi yang lebih besar) dari adaptor AC Anda dan colokkan ke port di PC Anda.

Setelah Anda menyambungkan ponsel ke PC, pastikan Anda telah membuka kunci ponsel. Gunakan sidik jari, PIN, pola, atau input layar kunci apa pun yang Anda gunakan agar PC memiliki akses ke telepon.

Anda mungkin perlu mengubah opsi USB perangkat Anda. Prosesnya bervariasi berdasarkan versi Android Anda. Berikut adalah beberapa contoh.

Transfer Foto melalui USB di Android 10 dan Di Atas
Colokkan kabel pengisi daya USB ponsel ke PC atau laptop Anda, lalu buka “Pengaturan.” Ketuk “Perangkat yang terhubung,” meskipun itu menunjukkan Bluetooth di bawahnya. Pilih “USB” dari menu. Pilih “Transfer File” dari daftar opsi. PC Anda sekarang harus menampilkan ponsel cerdas Android 10 Anda sebagai perangkat di File Explorer.
Transfer Foto menggunakan Android 6 (Marshmallow) USB ke PC
Untuk memulai, buka “File Explorer” komputer Anda, Anda akan menemukan perangkat Anda tercantum di panel sisi kiri. Jika Anda menggunakan ponsel dengan memori internal dan kartu SD, Anda akan melihat dua sistem berbeda untuk dijelajahi. Di PC saya, mereka (sangat membantu) berlabel “Telepon” dan “Kartu.” Saya menyimpan foto saya di kartu SD saya, tetapi Anda ingin memilih menu itu jika Anda menyimpannya di ponsel Anda. Setelah Anda berada di dalam sistem file ponsel Anda, Anda akan ingin mencari folder berjudul “DCIM,” yang merupakan singkatan dari Gambar Kamera Digital. Folder itu akan menyimpan semua gambar kamera Anda, meskipun tidak akan menyimpan file lain, seperti tangkapan layar atau unduhan (biasanya, itu berada di folder berjudul “Screenshot” dan “Unduhan.” Jika Anda menyimpan foto di kartu SD, Anda mungkin menemukan folder kembali di memori internal ponsel Anda. Setiap file akan memiliki thumbnail gambar, dan Anda akan dapat mengurutkan berdasarkan tanggal, nama, ukuran, dll., sama seperti folder lain di PC Anda. Setelah Anda Jika Anda telah menemukan foto atau foto (atau jika Anda ingin menyalin semuanya ke PC), buat pilihan seperti biasanya dan seret ke folder atau lokasi di PC (Foto, Desktop, Dokumen, dll.)Setelah Anda telah menyeret file Anda ke komputer Anda, mereka telah disalin—tidak dihapus atau dipindahkan, hanya disalin—dari ponsel Anda ke PC, di mana Anda dapat mengedit atau mencetaknya sesuka Anda. Proses ini membutuhkan waktu, tergantung pada berapa banyak foto yang Anda salin (semakin banyak Anda menyalin, semakin banyak waktu Anda) Setelah Anda menyelesaikan proses transfer foto, Anda dapat nplug ponsel Anda. Seperti kebanyakan ponsel cerdas modern, Anda tidak perlu mengeluarkan perangkat untuk melepasnya dengan aman. Pastikan file Anda selesai ditransfer sebelum Anda melakukannya.
Metode 2: Mentransfer Foto Android ke PC menggunakan Google Foto

Selain dari transfer file USB ke PC, penyimpanan cloud tidak memerlukan sambungan apa pun, tetapi memerlukan sedikit kesabaran saat mentransfer foto ke PC. Tentu saja, koneksi internet sangat penting. Namun, perubahan terencana pada Foto Google mengubah cara perusahaan menangani gambar Anda.

Menjelang akhir tahun 2020, Google menetapkan perubahan masa depan dalam persyaratan dan ketentuan penyimpanan cloud pribadi, yang mencerminkan penghapusan penyimpanan Google Foto gratis/tidak terbatas untuk gambar. Kebijakan ini mulai berlaku pada 1 Juni 2021, tetapi semua gambar saat ini tetap ada di Foto, tidak terpengaruh oleh kebijakan yang lebih baru.

Memahami Opsi Kualitas Foto Google

Google menawarkan dua setelan berbeda untuk mengunggah foto: Penghemat penyimpanan (sebelumnya bernama Kualitas tinggi) dan Kualitas asli.
Tentang Google Photos Storage SaverbspPengaturan “Storage saver” membuat salinan terkompresi dari file Anda dan menyimpannya ke akun Google Storage Anda (ruang gabungan dari Drive, Foto, dan langganan Google One). Foto-foto ini diubah ukurannya menjadi 16MP, yang berarti bahwa sebagian besar foto ponsel cerdas tidak akan kehilangan resolusi atau kualitas. Video dikompresi ke 1080p (jika direkam pada resolusi yang lebih tinggi, seperti 4K) dan mempertahankan kualitasnya, meskipun dikompresi.
Tentang Google Foto Kualitas Asli
Pengaturan “Kualitas asli” mempertahankan resolusi Anda tanpa kompresi sama sekali. Jika Anda seorang fotografer profesional atau membutuhkan gambar dengan resolusi lebih tinggi dari 16MP, Anda dapat mengatur Google Foto untuk mengunggah gambar Anda dalam kualitas aslinya. Upload ini menggunakan ruang Penyimpanan Google Anda (gratis 15 GB di seluruh langganan Drive, Foto, dan Google One). Setiap pengguna Google memiliki penyimpanan Google gratis sebesar 15 GB, dan paket bulanan dari Google One meningkatkan batas penyimpanan dari 100 GB menjadi 2 TB. Ada opsi penyimpanan lain, tetapi sebagian besar pengguna tidak memerlukan kapasitas cloud lebih dari dua terabyte.

Cara Menggunakan Google Foto untuk Mentransfer Gambar dari Android ke PC

Untuk 95% pengguna, membiarkan Google Foto disetel ke setelan default dan aktif opsi “Storage saver” sudah cukup baik. Untuk mentransfer foto dari Android ke PC Anda menggunakan Foto Gogole, Anda mengunggahnya ke akun Penyimpanan Google Anda, lalu mengunduhnya ke PC Anda. Ini adalah proses yang sangat mudah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kesabaran diperlukan, tetapi Anda juga dapat mempercepat prosesnya. Inilah yang harus dilakukan.
Di perangkat Android Anda, ambil tangkapan layar yang ingin Anda transfer ke PC, ambil gambar, atau cukup pindah ke langkah berikutnya untuk mentransfer foto yang ada. Luncurkan “Google Foto” di perangkat Android Anda. Langkah ini meminta Foto untuk secara otomatis menyinkronkan gambar baru apa pun ke cloud daripada menunggu sampai memutuskan untuk menyinkronkannya di latar belakang. Buka browser pilihan Anda di PC dan buka Google Foto. Masuk menggunakan akun Android yang sama (jika belum masuk) yang menyimpan foto Anda. Telusuri gambar yang ingin Anda transfer ke PC dan klik “tanda centang yang dilingkari” setiap minggu, hari, atau thumbnail. Langkah ini menambahkan tanda centang untuk setiap item yang dipilih. Cukup mengklik gambar untuk membukanya daripada memilihnya. Di bagian kanan atas halaman, klik “elipsis vertikal” (tiga titik vertikal) dan pilih “Unduh.” Foto Anda sekarang mulai diunduh ke PC Anda dalam zip, kecuali Anda hanya memilih satu gambar. Buka folder zip yang diunduh untuk melihat foto atau memindahkannya ke mana pun Anda mau. Anda juga dapat mengekstrak gambar dan menempatkannya di folder lain di PC Anda. Menggunakan Google Foto untuk mentransfer gambar dari perangkat Android ke PC cukup mudah. Kesabaran yang dibutuhkan tergantung pada foto apa yang ingin Anda transfer. Tidak ada opsi “Pilih Semua” di sini, jadi Anda harus memilih gambar secara manual, tetapi setidaknya Anda memiliki opsi sekunder untuk memilih minggu dan hari.

Ada opsi kedua dalam Foto Google yang disebut “Google Takeout,” yang sebenarnya merupakan bagian dari Google secara keseluruhan. Menggunakan Takeout mengunduh semua foto yang disimpan ke PC Anda dalam satu gerakan cepat. Anda dapat menyesuaikan apa yang dicadangkan berdasarkan nama folder atau tahun. Berikut cara melakukannya.
Akses foto Android Anda yang disinkronkan dengan langsung membuka Google Foto dari browser.Klik “Pengaturan” (ikon roda gigi) di bagian kanan atas Foto Google. Di baris “Ekspor data Anda”, klik pada “Show more” (panah ke bawah). Pilih “Backup.” Klik “Semua album foto termasuk” untuk memilih folder mana yang ingin Anda unduh ke PC Anda. Centang semua folder yang ingin Anda cadangkan (unduh ke PC). Klik “Langkah berikutnya.” Pilih “Ekspor sekali.” dari bagian “Frekuensi”. Anda juga dapat memilih opsi lain seperti jenis file dan metode pengiriman. Klik “Buat ekspor” jika sudah siap, foto akan dicadangkan ke PC Anda. Bagian “Ekspor kemajuan” menampilkan status unduhan Anda saat ini. Terakhir, klik pada tautan “Unduh” untuk menyalin foto Anda ke PC.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda telah mengunggah foto dari perangkat Android Anda ke Google Foto, lalu mencadangkannya ke PC Anda. Dengan kata lain, Anda telah berhasil mentransfer foto Android ke PC Anda secara nirkabel!

Metode Tiga: Mentransfer Gambar ke Foto Amazon

Amazon menawarkan penyimpanan cloud untuk gambar seperti Google, dan aplikasinya disebut Amazon Photos. Banyak yang akan berduyun-duyun ke penyimpanan cloud gratis Amazon dengan perubahan Google Foto di masa mendatang, dengan asumsi mereka memiliki keanggotaan Perdana. Dengan Prime, Anda mendapatkan penyimpanan gambar resolusi penuh tanpa batas di cloud. Tanpa Prime, pengguna hanya mendapatkan ruang 5 GB, lebih kecil dari Google Foto, termasuk penyimpanan 15 GB. Namun, Amazon hanya menggunakan cloud untuk gambar, sedangkan Google menggunakan Drive untuk semua data Anda. Amazon Photos juga merupakan cara yang bagus untuk mengelola foto Anda, mengeditnya, dan menerapkan efek. Jika Anda mencari cara untuk memasukkan foto ke PC, Anda akan senang mengetahui setiap gambar tersedia di aplikasi web Amazon kapan saja.

Mentransfer Foto
Jika Anda memerlukan transfer foto cepat, solusi USB ke PC adalah terbaik. Namun, misalkan Anda sedang mencari solusi pencadangan foto atau punya waktu untuk memindahkan perpustakaan Anda ke cloud. Dalam hal ini, Foto Google dan Foto Amazon adalah metode yang sangat baik untuk menjaga perpustakaan Anda tetap aman dan bersih. Menyimpan foto tidak pernah semudah ini, dan sekarang Anda dapat melihatnya di layar apa pun yang sesuai untuk Anda.