Cara Menyalin File ke USB Flash Drive di Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin menyalin file ke flash drive USB di Mac sehingga Anda dapat mentransfernya ke komputer lain atau mencadangkannya, mudah dilakukan menggunakan Finder di macOS. Begini caranya.

Menyalin File di Mac Menggunakan Finder

Pertama, colokkan USB flash drive Anda ke port USB yang tersedia di Mac Anda. Beri waktu Mac Anda untuk mengenalinya dan membuatnya tersedia di Finder. (Kami akan berasumsi bahwa drive telah diformat dengan benar untuk bekerja dengan Mac.)

TERKAIT: Cara Menghapus dan Memformat Drive USB di Mac

Anda Selanjutnya, klik ikon Finder di dok Anda untuk membawa Finder ke latar depan. Finder adalah aplikasi bawaan Mac Anda untuk menangani file, dan selalu berjalan.

Di jendela Finder, lihat di bilah sisi di sisi kiri jendela. (Jika Anda tidak dapat melihat bilah sisi, pilih Lihat > ​​Tampilkan Bilah Sisi dari bilah menu Finder di bagian atas layar.)

Jika drive USB Anda telah dikenali, drive tersebut akan terdaftar di sana di bagian “Lokasi”. Dalam contoh kami, drive tersebut bernama “Mac Transfer”, tetapi bisa diberi nama apa saja. Anda akan tahu bahwa itu adalah drive yang dapat dilepas karena akan memiliki ikon “keluarkan” kecil di sampingnya.

Tip: Anda juga dapat memeriksa apakah komputer Anda telah mengenali drive USB Anda di Finder dengan memilih Buka > Komputer dari bilah menu. Jika terhubung dengan benar, Anda akan melihat ikon untuk drive di sana. Selanjutnya, menggunakan jendela Finder, telusuri lokasi file yang ingin Anda salin ke USB flash drive. Saat Anda menemukannya, seret ke nama flash drive USB di sidebar Anda.

Setelah menyeret item atau item ke drive di sidebar, Anda akan melihat jendela indikator kemajuan penyalinan. Jendela ini memberi Anda perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses penyalinan.

Jika Anda perlu membatalkan operasi penyalinan sebelum selesai, klik “X” kecil dalam lingkaran. Jika tidak, biarkan prosesnya selesai.

Setelah itu, klik nama USB flash drive di sidebar Anda, dan Anda akan melihat isi USB flash drive. Jika proses penyalinan selesai dengan benar, item yang baru saja Anda salin akan terdaftar di sana.

Dengan jendela ini terbuka, Anda juga dapat membuka jendela Finder kedua (dengan mengklik File > Jendela Finder Baru atau menekan Command+N) dan menyeret file dari sana ke jendela flash drive USB Anda. Mereka akan disalin seperti dengan metode di atas.

TERKAIT:Cara Membuka Finder dengan Pintasan Keyboard di Mac

Cara Lain untuk Menyalin File di Mac

Ada banyak cara berbeda untuk menyalin file ke drive USB di Mac Anda—kami baru saja menunjukkannya kepada Anda dari yang termudah. Berikut adalah beberapa metode lain yang mungkin ingin Anda coba.

Copy and Paste: Pilih file, folder, atau grup file, lalu klik kanan. Di menu yang muncul, pilih “Salin.” Kemudian arahkan ke drive USB di Finder, klik kanan di area terbuka dan pilih “Tempel Item.” Item akan disalin ke drive. Anda juga dapat menggunakan perintah “Salin” dan “Tempel” di menu Edit Finder untuk melakukan ini alih-alih mengklik kanan. Seret ke Pintasan Desktop: Ini dinonaktifkan secara default, tetapi Anda dapat membuat flash drive USB Anda terlihat di Desktop sebagai ikon dan seret file ke dalamnya. Untuk melihat ikon di sana, fokus pada Finder, lalu pilih File > Preferensi di bar menu. Di tab Umum, beri tanda centang di samping “Disk eksternal” di area “Tampilkan item ini di desktop”. Apa pun yang Anda seret ke ikon drive akan disalin di sana secara otomatis. Seret ke Dock: Jika mau, Anda juga dapat menyeret ikon USB flash drive dari desktop atau jendela Finder ke area pintasan dok Anda. Jika Anda ingin menyalin file ke sana, Anda dapat menyeretnya langsung ke ikon drive USB di dok Anda. Saat Anda mengeluarkan drive nanti, pintasan akan tetap berada di dok dan akan berfungsi saat berikutnya Anda mencolokkan drive.

Advertisement

Saat menjelajahi Mac lebih lanjut, Anda mungkin menemukan lebih banyak cara untuk menyalin file ke drive USB. Setelah Anda memahami cara kerjanya, Anda akan dapat melakukannya secara alami tanpa banyak berpikir.

Ingat untuk Mengeluarkan sebelum Mencabut

Setelah Anda selesai menyalin data ke drive USB, ingatlah untuk mengeluarkan drive di dalam macOS sebelum mencabut drive secara fisik sehingga Anda tidak kehilangan data apa pun. Untuk melakukannya, pilih USB flash drive Anda di Finder dan pilih File > Eject dari bilah menu. Sebagai alternatif, Anda dapat mengklik tombol eject kecil di samping nama flash drive di sidebar Finder.

Selamat menyalin!

TERKAIT:5 Cara Mengeluarkan Disk di Mac

Itulah berita seputar Cara Menyalin File ke USB Flash Drive di Mac, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.