Cara Menyelaraskan Objek dan Gambar dengan Sempurna di Microsoft Word

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Saat Anda membuat dokumen yang berisi bentuk, gambar, atau objek lain, menyusunnya dapat membuat semua perbedaan dalam tampilan dokumen Anda. Untungnya, Microsoft Word menyediakan fitur untuk membantu Anda menyelaraskan objek.

Dengan mengaktifkan Panduan Perataan atau Garis Kisi di Word, Anda dapat menempatkan item Anda dengan rapi di halaman dan berbaris untuk tampilan yang konsisten dan profesional. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan untuk setiap fitur sesuai preferensi Anda.

Enable and Use Alignment Guides

Menggunakan Alignment Guides, Anda melihat garis saat menyeret objek pada halaman. Ini membantu Anda menyelaraskan item dengan margin atas, bawah, kiri, dan kanan secara default.

TERKAIT:Cara Memposisikan Gambar dan Objek Lain di Microsoft Word

Untuk mengaktifkan panduan, buka tab Layout dan pilih panah drop-down Align di bagian Atur pita. Pilih “Panduan Perataan” untuk memberi tanda centang di sebelah fitur untuk mengaktifkannya.

Ketika Anda melihat objek yang Anda seret berbaris dengan panduan, cukup lepaskan untuk menempatkannya di tempat itu.

Advertisement

Untuk mematikan panduan, ikuti petunjuk langkah yang sama di atas untuk membatalkan pilihan dan menghilangkan tanda centang dari fitur Alignment Guides.

Enable dan Use Gridlines

Cara lain yang baik untuk menyusun item dalam dokumen Anda adalah menggunakan Gridlines. Ini memungkinkan Anda untuk memindahkan item dengan bebas dan menempatkannya secara merata dan dengan objek lain sesuai dengan kisi.

TERKAIT:Cara Memindahkan Gambar dengan Bebas di Microsoft Word

Untuk mengaktifkan garis kisi, buka tab Tata Letak dan pilih panah tarik-turun Align. Pilih “Lihat Garis Kisi” untuk memberi tanda centang di sebelahnya dan mengaktifkannya.

Anda kemudian akan melihat garis kisi menutupi setiap halaman dokumen Anda memungkinkan Anda untuk menyelaraskan objek Anda secara akurat.

Untuk mematikan garis kisi, ikuti langkah yang sama di atas dan batalkan pilihan ” Lihat Garis Kisi.”

Menyesuaikan Pengaturan Kisi

Untuk Panduan Perataan dan Garis Kisi, Anda dapat menyesuaikan pengaturan dan opsi untuk tampilan dan cara kerjanya. Kembali ke tab Layout dan menu drop-down Align. Kali ini, pilih “Grid Settings.”

Advertisement

Ketika kotak Grid dan Guides terbuka, Anda akan melihat pengaturan yang tersedia untuk Alignment Guides di bagian atas. Untuk menampilkan Alignment Guides, centang kotak di bagian atas. Kemudian, secara opsional centang kotak di bawahnya untuk panduan halaman, margin, dan paragraf.

Untuk menyelaraskan objek Anda dengan objek lain, centang kotak di bawah Object Snapping.

Untuk menyesuaikan ukuran Garis Kisi, gunakan kotak Horizontal dan Vertikal Spasi untuk memilihnya size.

Untuk mengubah asal kisi, hapus centang pada kotak Gunakan Margin dan masukkan pengukuran dalam kotak Asal Horisontal dan Vertikal.

Untuk mengaktifkan Garis Kisi, centang kotak di bawah Tampilkan Kisi untuk Menampilkan Garis Kisi di Layar. Anda kemudian dapat menyesuaikan pengaturan tambahan untuk penempatan Vertikal dan Horizontal. Dan, untuk mengambil objek ke kisi bahkan saat garis kisi tidak ditampilkan, centang kotak di bagian bawah.

Catatan: Anda tidak dapat menggunakan Panduan Perataan dan Garis Kisi secara bersamaan. Anda akan melihat bahwa jika Anda mengaktifkan salah satu dari dua fitur, yang lain otomatis mati.

Ketika Anda selesai dengan Pengaturan Grid, klik “OK” untuk menyimpan perubahan. Untuk menggunakan pengaturan ini di semua dokumen Word Anda, pilih “Set As Default.”

Advertisement

Dengan dua fitur praktis ini, Anda dapat menyelaraskan item dengan sempurna di dokumen Word berikutnya. Untuk lebih lanjut, lihat cara melapisi gambar di Word.

Itulah berita seputar Cara Menyelaraskan Objek dan Gambar dengan Sempurna di Microsoft Word, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.