Cara Menyimpan Pesan Teks untuk Digunakan Nanti

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacPerangkat Hilang?
Ada kalanya Anda menerima pesan teks yang terlalu penting untuk dihapus. Itu bisa berupa tawaran pekerjaan yang telah Anda usahakan sepanjang tahun, atau mungkin seseorang mengirimi Anda SMS lucu dan Anda ingin menyimpannya untuk meningkatkan semangat Anda.

Dalam panduan ini, Anda akan melihat cara menyimpan pesan untuk digunakan nanti di berbagai perangkat.

Mengapa Menyimpan Pesan Teks untuk Digunakan Nanti?

Dapat dikatakan bahwa pesan teks sekarang menjadi bagian mendasar dari kehidupan sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata, 23 miliar pesan teks dipertukarkan setiap hari oleh pengguna telepon di seluruh dunia. Ada beberapa alasan mengapa Anda ingin menyimpan dan mungkin mengekspor pesan teks Anda:
Anda ingin menyimpan pesan dari keluarga dan teman.Anda perlu menyimpan informasi penting untuk penggunaan hukum, misalnya, dalam kasus pengadilan yang sedang berlangsung.Anda ingin pertahankan percakapan antara Anda dan orang yang dicintai yang telah meninggal. Anda ingin melestarikan dan melindungi kenangan yang berharga.
Cara Menyimpan Pesan Teks Online

Ini adalah dunia yang terhubung saat ini, dan Anda dapat menyimpan pesan teks secara online dan mengambilnya dengan cara yang sama seperti Anda mengakses email Anda. Ada beberapa tujuan, salah satunya dapat menjadi alat masuk Anda tergantung pada preferensi pribadi Anda. Anda dapat menggunakan Google Gmail, komputer pribadi Anda, Apple iCloud/iTunes, atau alat pencadangan bawaan ponsel Anda.

Selanjutnya, kita akan melihat cara kerja alat ini untuk perangkat yang berbeda.

Cara Menyimpan Pesan Teks di iPhone

Jika Anda menggunakan iPhone, Anda memiliki beberapa opsi dalam hal menyimpan pesan teks untuk digunakan nanti.

Gunakan Gmail untuk Menyimpan Pesan Teks di iPhone
Buka utas teks yang ingin Anda simpan. Ketuk dan tahan salah satu teks, lalu ketuk “Lainnya …” Ini akan meluncurkan kotak centang di sebelah setiap teks. Centang kotak di sebelah setiap teks yang ingin Anda simpan Ketuk panah melengkung di sudut kanan bawah layar Anda, lalu masukkan alamat email yang Anda inginkan simpan pesan Anda.
Gunakan iCloud untuk Menyimpan Pesan Teks di iPhone
Buka “Pengaturan.” Aktifkan “iCloud Backup.
Selain pesan teks, Anda juga dapat mencadangkan gambar, file audio, dan video. Semua cadangan Anda dapat dipulihkan dengan satu sentuhan tombol kapan pun Anda membutuhkannya, misalnya, setelah membeli iPhone baru.

Gunakan iPhone Anda untuk Menyimpan Pesan Teks di PC Windows atau Mac

Mengekspor pesan teks Anda ke PC cukup mudah. Berikut cara melakukannya.

Untuk melakukannya, cukup sambungkan iPhone Anda ke komputer. Tetapi perhatikan bahwa metode ini memiliki tangkapan: Anda tidak dapat melihat semua pesan Anda di komputer. Untuk melakukan itu, Anda harus menginstal aplikasi desktop pihak ketiga. Aplikasi ini dirancang untuk membaca cadangan apa pun yang ada di komputer Anda. Aplikasi yang umum digunakan adalah Decipher TextMessage dan CopyTrans.
Hubungkan iPhone Anda ke komputer melalui kabel Lightning-to-USB.Instal aplikasi cadangan pesan iPhone yang diinginkan.Ikuti instruksi aplikasi untuk mengekspor pesan Anda.Tergantung pada bagaimana Anda mengekspor pesan dan apa mengekspor opsi yang ditawarkan aplikasi (PDF, html, MS Word, TXT, Excel, CSV, dll.), Anda dapat melihatnya kapan saja di perangkat Anda.
Cara Menyimpan Pesan Teks di Android

Sebagian besar ponsel android dilengkapi dengan aplikasi perpesanan yang tidak menawarkan pencadangan otomatis untuk pesan teks. Ya, Google menawarkan opsi cadangan untuk pesan teks/SMS/MMS, tetapi itu tidak menyediakan opsi lanjutan seperti melihat atau menghapusnya. Untuk menyimpan teks Anda untuk digunakan nanti, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini, SMS Backup+ sangat cocok.
Pastikan akun Gmail Anda telah mengaktifkan IMAP. Buka “Pengaturan,” lalu gulir ke bawah ke bagian “Akses IMAP” dan pilih “Aktifkan IMAP.” Instal “SMS Backup+” di perangkat Android Anda. Luncurkan “SMS Backup+”, lalu ketuk “Connect” untuk memulai proses otorisasi .Berikan persetujuan aplikasi untuk mengakses kontak Google Anda.Konfirmasi akun Gmail untuk digunakan dengan aplikasi.Opsi “Terhubung” sekarang menunjukkan bahwa itu diaktifkan, dan Anda siap untuk melakukan pencadangan pertama Anda.Lakukan pencadangan pertama secara manual. Berikan akses aplikasi ke izin kirim dan lihat. Pencadangan pertama Anda harus dimulai. Untuk mengonfirmasi pekerjaan pencadangan yang berhasil, periksa akun Gmail Anda untuk folder baru bernama “SMS.” Klik pada folder “SMS” untuk melihat cadangan Anda pesan. Anda juga dapat memulihkannya dengan mengikuti petunjuk Pencadangan+ SMS pengembang.
Aplikasi pihak ketiga lainnya—Pencadangan dan Pemulihan SMS—berfungsi serupa dengan Pencadangan SMS+, kecuali aplikasi ini memberi Anda opsi untuk menyimpan pesan Anda di Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Hal yang baik tentang aplikasi ini adalah Anda bahkan dapat menjadwalkan waktu pencadangan, katakanlah, setiap 24 jam.

Cara Mencadangkan Pesan Teks

Sebagian besar aplikasi perpesanan saat ini hadir dengan opsi pencadangan yang secara otomatis membuat salinan online percakapan Anda selama Anda memilikinya koneksi internet aktif. Tetapi jika opsi pencadangan tidak tersedia, Anda dapat mencadangkan percakapan Anda di Google Drive, OneDrive, Dropbox jika Anda menggunakan perangkat android. Jika Anda memiliki Mac, Anda akan dapat membuat salinan teks Anda di iCloud atau iTunes.

Cara Menyimpan Teks untuk Dikirim Nanti

Kadang-kadang, sesuatu akan mengalihkan perhatian Anda di tengah menulis teks, memaksa Anda untuk mengabaikannya nanti. Mungkin sedikit menjengkelkan karena harus menulis ulang pesan dari awal, terutama jika Anda bermaksud mengirim pesan yang sangat panjang. Hal baiknya adalah sebagian besar ponsel cerdas saat ini diprogram untuk secara otomatis menyimpan teks Anda saat Anda menulis. Bahkan jika baterai ponsel Anda habis, Anda dapat melanjutkan dari posisi terakhir Anda hanya dengan membuka kembali aplikasi perpesanan.

Jika ponsel Anda tidak menyimpan teks secara otomatis, Anda dapat menyimpan teks secara manual di “Folder Konsep” untuk digunakan nanti.

Sebagai penutup, tidak ada alasan mengapa Anda harus kehilangan semua pesan teks Anda. Itu karena ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan teks Anda, dan sebagian besar gratis. Selain itu, teks menggunakan sangat sedikit ruang, dan karena itu Anda dapat mengekspornya dalam ribuan dengan cepat tanpa mengkhawatirkan ruang penyimpanan. Dengan cara ini, Anda dapat menyimpan kenangan terbaik Anda dan menghidupkan kembali masa lalu kapan pun Anda mau.

FAQ: Menyimpan Pesan SMS/MMS
Bagaimana cara menyimpan pesan teks dari ponsel lama saya?

• Luncurkan aplikasi pesan teks di ponsel Anda

• Buka utas yang ingin Anda simpan.

• Pilih semua pesan teks yang ingin Anda simpan.

• Ketuk panah melengkung di sudut kanan bawah layar Anda, lalu masukkan alamat email yang ingin Anda simpan pesan Anda ke.
Bagaimana cara menyimpan dan menyembunyikan pesan teks?

Anda dapat menyimpan pesan teks di Google Drive, OneDrive, atau iCloud, bergantung pada jenis ponsel yang Anda gunakan. Jika Anda ingin menyembunyikan pesan dari pengintaian orang lain setelah Anda menyimpannya, Anda memiliki dua opsi:

• Menggunakan Fitur Pengarsipan Ponsel Anda

Fitur pengarsipan ada di hampir semua aplikasi perpesanan Android. Untuk menggunakannya, cukup tekan lama pada kontak tertentu. Ini akan meluncurkan jendela sembulan yang memberi Anda opsi untuk mengarsipkan seluruh percakapan. Untuk melihat pesan yang telah Anda arsipkan dari waktu ke waktu, buka aplikasi perpesanan, dan ketuk tiga titik kecil di sudut kanan atas, lalu pilih “Diarsipkan.”

• Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menemukan dan menginstal aplikasi yang dirancang untuk menyembunyikan pesan teks. Sebagian besar aplikasi ini tersedia gratis di toko aplikasi ponsel Anda.
Aplikasi apa yang dapat saya gunakan untuk menyimpan pesan teks sebagai PDF?

Beberapa aplikasi telah dikembangkan untuk secara khusus menyimpan pesan SMS/MMS sebagai PDF, termasuk PhoneView, Explorer, dan TouchCopy.
Bagaimana caranya Anda menjadwalkan pesan teks?

Setelah menyusun teks yang ingin Anda kirim, ketuk, dan tahan tombol kirim. Ini akan meluncurkan layar sembulan dengan “Jadwalkan Pesan” sebagai salah satu opsi. Anda kemudian harus memasukkan waktu dan tanggal kapan Anda ingin teks dikirim.