Cara Merekam Layar di

Saat ini, perekaman layar adalah fitur dasar yang ada di sebagian besar sistem operasi secara default. Sayangnya, Windows 11 tidak memiliki alat perekaman layar built-in khusus, tetapi Anda dapat melakukannya melalui Xbox Game Bar, PowerPoint, Clipchamp, atau menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang telah diinstal sebelumnya. Hari ini, kami akan membagikan beberapa metode merekam layar Anda di Windows 11 dan menjawab pertanyaan populer yang terkait dengan topik tersebut.

Cara Merekam Layar di Windows 11 melalui Xbox Game Bar

Xbox Game Bar adalah aplikasi Windows 11 asli yang sudah diinstal sebelumnya di setiap Sistem operasi Windows. Tidak heran karena Windows dan Xbox dimiliki oleh Microsoft. Bahkan jika Anda bukan seorang gamer, Anda dapat menggunakan Xbox Game Bar untuk merekam layar di Windows 11. Berikut cara melakukannya:
Akses Xbox Game Bar menggunakan pintasan keyboard “Win + G”. Atau, cari “Xbox Game Bar” di menu Start. Jika Anda meluncurkan Xbox Game Bar untuk pertama kalinya, Anda akan melihat kotak dialog yang meminta Anda untuk mengaktifkan fitur game. Klik pada kotak centang untuk memberikan izin – perekaman layar tidak mungkin dilakukan tanpanya. Di menu Widget Bilah Game Xbox, Anda akan melihat ikon kamera. Klik untuk melihat opsi perekaman layar dengan petunjuk pintasan keyboard. Gunakan pintasan keyboard “Win + Alt + G” atau klik ikon panah yang dilingkari untuk memulai perekaman layar singkat selama 30 detik. Perekaman akan berakhir secara otomatis dalam 30 detik, atau Anda dapat menghentikannya lebih awal menggunakan pintasan yang sama. Gunakan tangkapan layar keyboard “Win + Alt + R” atau klik ikon lingkaran hitam untuk memulai perekaman baru tanpa batas waktu. Gunakan pintasan keyboard yang sama untuk menyelesaikan perekaman.
Anda nantinya dapat mengakses rekaman layar yang dibuat melalui Xbox Gam Bar di bagian “Captions” pada folder “Videos”.

Cara Merekam Layar di Windows 11 melalui PowerPoint

Jika Anda menggunakan Microsoft PowerPoint untuk belajar atau bekerja dan berlangganan, Anda dapat merekam layar Anda menggunakan aplikasi. Fungsi perekaman layar PowerPoint tidak secanggih Xbox Game Bar, tetapi berfungsi. Ikuti instruksi di bawah ini:
Klik tombol Start dan cari “PowerPoint.” Atau, klik ikon PowerPoint jika tersedia di daftar aplikasi yang Disematkan atau Direkomendasikan. Arahkan ke tab “Sisipkan” di bilah menu. Klik “Perekaman Layar” di sudut kanan atas layar Anda. Klik dan tahan mouse kiri Anda tombol, lalu seret kotak merah untuk memilih area perekaman. Lepaskan tombol mouse saat area dipilih. Klik “Rekam” untuk memulai perekaman. Mikrofon diaktifkan secara default, tetapi Anda dapat menonaktifkannya dengan mengetuk ikon mikrofon di menu widget. Gunakan pintasan keyboard “Win + Shift + Q” untuk mengakhiri perekaman. Rekaman Anda akan ditambahkan ke presentasi PowerPoint Anda saat ini. Klik kanan pada rekaman dan pilih “Simpan Media sebagai” dari menu tarik-turun untuk menyimpan video secara lokal. Anda kemudian dapat menghapus rekaman dari presentasi Anda.
Cara Merekam Layar di Windows 11 dengan Clipchamp

Clipchamp adalah editor video pra-instal di Windows 11 yang juga memiliki fitur perekaman layar. Aplikasi ini mudah digunakan, tetapi durasi video maksimum dibatasi hingga 30 detik, dan kualitas hingga 480p dalam versi gratis. Versi berbayar aplikasi mendukung kualitas video 1080p dan durasi tidak terbatas. Berikut cara menggunakan Clipchamp:
Cari “Clipchamp” di menu Mulai. Masuk dengan akun Google, Facebook, Microsoft, atau Dropbox Anda. Di menu Beranda, klik “Layar dan Kamera” di bawah “Mulai dengan rekaman” bagian. Izinkan aplikasi mengakses kamera dan mikrofon Anda sebelum memulai perekaman. Pilih “Perekaman Layar” dari menu sebelah kiri. Ketuk tombol merah besar di tengah layar untuk memulai perekaman. Pilih apakah Anda ingin merekam seluruh layar atau jendela tertentu dan klik “Bagikan”. Perekaman akan segera dimulai. Klik “Berhenti Berbagi” untuk mengakhirinya. Pilih “Simpan dan Edit,” buat perubahan yang diinginkan, dan klik “Ekspor.” Anda akan menemukan rekaman di folder “Unduhan”.
Cara Merekam Layar di Windows 11 Menggunakan Solusi Pihak Ketiga

Jika Anda menemukan fitur perekaman layar di Xbox Game Bar tidak nyaman atau kurang berfungsi, pertimbangkan untuk menggunakan alat pihak ketiga. Untungnya, tidak ada kekurangan perangkat lunak berkualitas tinggi yang dikembangkan untuk Windows 11. Misalnya, berikut ini cara merekam layar Windows 11 menggunakan perangkat lunak OBS:
Kunjungi situs web resmi OBS dan klik “Windows” untuk mengunduh file instalasi untuk sistem operasi Anda. Jalankan file instalasi .exe dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penyiapan. Prosesnya biasanya hanya memakan waktu beberapa menit. Luncurkan aplikasi OBS. Anda akan melihat jendela Wizard Konfigurasi. Pilih “Optimalkan hanya untuk merekam, saya tidak akan streaming” dan klik “Selanjutnya.” Klik “Terapkan Pengaturan” untuk menyelesaikan konfigurasi. Anda akan dibawa ke dasbor. Ketuk ikon plus di bagian “Scene” di sudut kiri bawah layar Anda dan pilih “Display Capture.” Klik “Ok,” lalu “Ok” lagi di kotak dialog Properties .Klik “Pengaturan” di sudut kanan bawah. Pilih folder tujuan rekaman layar OBS Anda dan klik “Ok.” Setelah semuanya diatur, klik “Mulai Perekaman” untuk memulai perekaman. Ketika Anda ingin menyelesaikan merekam, ketuk “Stop Recording.”
Atau, Anda dapat menggunakan App Free Cam. Fungsionalitas perangkat lunak tidak seluas OBS, tetapi lebih ramah pengguna. Perhatikan bahwa aplikasi hanya mengekspor rekaman dalam format WMV. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakannya:
Unduh App Free Cam dari situs web resmi. Jalankan file instalasi dan ikuti petunjuk di layar untuk mengonfigurasinya. Luncurkan aplikasi dan pilih “Rekaman Baru” dari dasbor. Klik “Layar Penuh” dari menu tarik-turun atau pilih area perekaman dengan menahan tombol kiri mouse dan menyeret kotak putih. Ketuk tombol perekaman merah untuk memulai. Tekan tombol “Esc” pada keyboard Anda untuk mengakhiri perekaman. Klik “Simpan sebagai Video ” untuk menyimpan rekaman atau mengeditnya menggunakan alat dalam aplikasi.
FAQs

Baca bagian ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang perekaman layar di Windows 11.
Mengapa saya tidak dapat melihat opsi perekaman layar di Xbox Game Bar?

Terkadang, pengguna ingin merekam layar Windows 11 mereka melalui Xbox Game Bar tidak dapat menemukan fitur yang diperlukan. Ini adalah masalah umum dan mudah dipecahkan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Luncurkan aplikasi dan klik ikon Widget di menu – terlihat seperti dua persegi panjang berukuran berbeda dan terletak di sebelah kiri.

2. Pilih “Capture” dari menu tarik-turun, dan widget fitur sekarang akan ditampilkan di menu akses cepat.
Bagaimana cara menyesuaikan pengaturan perekaman layar Xbox Game Bar?

Xbox Game Bar menawarkan banyak pengaturan perekaman layar yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan fitur agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut cara mengakses menu Setting:

1. Luncurkan Xbox Game Bar dan berikan izin yang diminta.

2. Klik ikon roda gigi di sebelah kanan.

3. Pilih “Permainan” dari bilah sisi kiri.

4. Arahkan ke “Captures.”

Dari sana, Anda dapat mengubah pengaturan yang diinginkan. Meskipun sebagian besar pengaturan menyebutkan kata “permainan”, itu berlaku untuk semua aplikasi tempat Anda dapat menggunakan perekaman layar Xbox Game Bar. Misalnya, aktifkan pengaturan “Rekam apa yang terjadi” untuk memungkinkan perekaman real-time konstan aplikasi. Kemudian, Anda dapat merekam 30 detik terakhir layar Anda kapan saja dengan menggunakan pintasan “Win + Alt + G”, meskipun Anda tidak mengaktifkan perekaman sebelumnya.

Anda juga dapat menyesuaikan panjang perekaman maksimum. Waktu default adalah dua jam, setelah itu perekaman mati secara otomatis, tetapi Anda dapat mengaturnya lebih pendek atau lebih lama. Geser sakelar di sebelah “Tangkap kursor mouse saat merekam game” untuk menampilkan atau menyembunyikan kursor Anda selama perekaman. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan framerate dan kualitas video yang diinginkan. Di bagian “Tangkap audio saat merekam permainan”, Anda akan melihat beberapa opsi suara, termasuk “Volume perekaman sistem”, “Volume perekaman mikrofon”, dan “Kualitas perekaman audio”. cukup alat untuk merekam layar di Windows 11 untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna. Seperti yang Anda lihat, meskipun Windows 11 tidak memiliki aplikasi yang didedikasikan khusus untuk menangkap layar, Anda dapat memanfaatkan perangkat lunak pra-instal untuk tujuan ini. Dan jika Anda membutuhkan lebih banyak fungsionalitas, perangkat lunak pihak ketiga seperti OBS adalah pilihan yang sangat baik.

Alat perekam layar mana pada Windows 11 yang menurut Anda paling nyaman? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.