Cara Merekam Suara Yang Datang Dari PC Anda (Bahkan Tanpa Campuran Stereo)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda tidak perlu mendekatkan mikrofon ke speaker komputer Anda untuk merekam audionya. Bahkan jika Anda tidak memiliki opsi Stereo Mix di PC, Anda dapat dengan mudah merekam suara yang berasal dari PC Windows mana pun.

Anda dapat merekam suara yang berasal dari PC dengan berbagai cara, dan kami akan menunjukkan beberapa yang terbaik yang kami temukan. Tiga opsi pertama hanya menggunakan perangkat lunak, dan yang ketiga bergantung pada trik lama yang menghubungkan output audio komputer Anda ke input audionya dengan kabel audio.

Opsi 1: Stereo Mix atau What U Hear

Stereo Mix terkadang disebut “What U Hear”. Ini adalah opsi perekaman khusus yang mungkin disediakan oleh driver suara Anda. Jika disertakan dengan driver Anda, Anda dapat memilih Stereo Mix (bukan mikrofon atau input line-in audio), dan kemudian memaksa aplikasi apa pun untuk merekam suara yang sama yang dikeluarkan komputer Anda dari speaker atau headphone-nya.

Anda Pada Windows versi modern, Stereo Mix umumnya dinonaktifkan secara default — bahkan jika driver suara Anda mendukungnya. Ikuti petunjuk kami untuk mengaktifkan sumber audio Stereo Mix di Windows. Setelah mengaktifkan Stereo Mix, Anda dapat menggunakan program perekaman audio apa pun, dan cukup pilih “Stereo Mix” sebagai perangkat input alih-alih opsi “line-in” atau “mikrofon” yang biasa.

Pada beberapa perangkat, Anda mungkin tidak memiliki opsi ini sama sekali. Mungkin ada cara untuk mengaktifkannya dengan driver audio yang berbeda, tetapi tidak semua perangkat keras suara mendukung Stereo Mix. Sayangnya, ini menjadi semakin jarang.

Option 2: Audacity’s WASAPI Loopback

Tidak punya opsi Stereo Mix? Tidak masalah. Audacity memiliki fitur berguna yang dapat merekam audio yang keluar dari komputer Anda—bahkan tanpa Stereo Mix. Faktanya, fitur Audacity mungkin lebih baik daripada Stereo Mix, dengan asumsi Anda bersedia menggunakan Audacity untuk merekam audio. Metode ini memanfaatkan fitur yang ditambahkan Microsoft di Windows Vista bernama Windows Audio Session API (WASAPI). Fitur ini juga berfungsi di Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11, dan membantu menutupi kekurangan opsi Stereo Mix pada PC Windows modern.

Di Audacity, pilih host audio “Windows WASAPI”.

Kemudian pilih perangkat loopback yang sesuai, seperti “Speaker (loopback)” atau “Headphone (loopback).”

Klik tombol Rekam untuk mulai merekam audio di Audacity, lalu klik Berhenti ketika Anda selesai. Karena menggunakan Audacity, Anda dapat dengan mudah memotong dan mengedit file suara setelah selesai.

Catatan: Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin juga perlu memilih jumlah saluran rekaman yang benar agar sesuai dengan perangkat Anda menggunakan menu tarik-turun kotak di sebelah kanan kotak pemilihan perangkat. Misalnya, Jika Anda memiliki headset saluran 7.1, pilih “8.” Situs web tutorial

Audacity menjelaskan mengapa fitur ini sebenarnya lebih baik daripada Stereo Mix:

“Loopback WASAPI memiliki keuntungan besar dibandingkan stereo mix atau input serupa yang disediakan oleh antarmuka audio. Pengambilan sepenuhnya digital (daripada mengonversi ke analog untuk pemutaran, lalu kembali ke digital saat Audacity menerimanya)..”

Dengan kata lain, file suara Anda yang direkam akan berkualitas lebih tinggi saat menggunakan opsi loopback WASAPI Audacity.

Option 3: Use Open Broadcast Software

Open Broadcast Software (OBS), biasanya diucapkan “Oh-bee-ess,” paling populer di kalangan streamer di Twitch atau Youtube. Tidak hanya bagus untuk itu, ini juga merupakan layar atau perekam audio yang sangat mumpuni. OBS merekam video dan audio secara default, jadi Anda akan memiliki file dalam format MP4 atau MKV daripada file audio murni, tetapi cukup sederhana untuk mengonversi file video ke file audio saja dengan VLC.

Ini adalah jendela OBS utama saat Anda pertama kali meluncurkan program. Perhatikan bahwa bagian “Audio Mixer” di bagian bawah jendela memiliki input “Desktop Audio”.

Pastikan volume audio mikrofon diturunkan sepenuhnya jika Anda memilikinya yang terhubung ke sistem Anda, jadi Anda tidak perlu melakukannya khawatir tentang memisahkan trek audio nanti.

Kemudian klik “Mulai Merekam” dan ambil semua output audio sistem Anda. Setelah selesai, klik tombol “Stop Recording” yang menggantikan tombol “Start Recording”. File Anda akan disimpan ke “C:Users(YourUserName)Videos” secara default.

Jika Anda ingin mengonversi file ke format audio saja, seperti MP3, Anda dapat melakukannya dengan VLC.

Option 4: Kabel Audio

Jika tidak satu pun dari tiga opsi pertama yang sesuai dengan kebutuhan Anda, selalu ada solusi berteknologi rendah — meskipun ini sedikit peretasan. Dapatkan saja kabel audio dengan konektor 3.5mm male di kedua ujungnya. Colokkan salah satu ujungnya ke soket saluran keluar (atau headphone) di PC Anda, dan ujung lainnya ke soket saluran masuk (atau mikrofon). Anda akan berhenti mendengar suara yang dihasilkan komputer Anda, tetapi Anda dapat menggunakan program perekaman audio apa pun untuk merekam input “saluran masuk” atau “mikrofon”. Untuk benar-benar mendengar suara, Anda bisa mendapatkan splitter, dan kemudian mengeluarkan audio ke headphone atau speaker pada saat yang sama Anda mengarahkannya kembali ke komputer Anda.

Tentu, ini tidak nyaman dan konyol dibandingkan dengan opsi perangkat lunak saja yang kita bicarakan . Namun, jika Anda sangat ingin merekam audio yang keluar dari komputer dalam aplikasi yang bukan Audacity atau OBS, dan Anda tidak memiliki Stereo Mix, trik kabel memungkinkan Anda melakukannya.

Jelas, undang-undang hak cipta dapat mencegah Anda dari mendistribusikan rekaman apa pun yang Anda buat dengan cara ini, jadi jangan gunakan trik ini untuk pembajakan! Lagi pula, bahkan jika Anda akan membajak beberapa audio, akan ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya daripada ini.

Itulah berita seputar Cara Merekam Suara Yang Datang Dari PC Anda (Bahkan Tanpa Campuran Stereo), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.