Cara Merekam Zoom dengan OBS

Zoom dengan cepat menjadi salah satu alat konferensi paling populer di seluruh dunia, memungkinkan perusahaan dan grup untuk menjadwalkan dan bergabung ke rapat dengan mulus. Namun, kemampuan perekaman Zoom default meninggalkan banyak hal yang diinginkan dan biasanya mengalami penurunan kualitas karena mencoba menjaga sisi streaming langsung tetap efektif. Itulah sebabnya banyak pengguna beralih ke program perekaman pihak ketiga untuk meningkatkan kualitas perekaman mereka dan meningkatkan kemampuan Zoom.

Ada dua cara utama untuk menggunakan OBS dengan Zoom. Yang pertama adalah merekam semua yang dihasilkan Zoom dan menggunakan resolusi superior dan kualitas suara OBS untuk mengedit rekaman itu untuk digunakan nanti. Namun, OBS juga dapat terhubung langsung dengan Zoom untuk memungkinkan Anda membuat perubahan waktu nyata, menambahkan lebih banyak saluran suara, dan bahkan meningkatkan konferensi Zoom streaming langsung.

Cara Merekam Rapat Zoom dengan OBS

Jika Anda ingin merekam rapat Zoom dan menyimpannya untuk nanti, Anda dapat mencapai hasil yang luar biasa tanpa alat pihak ketiga apa pun. Satu-satunya hal yang perlu Anda instal adalah OBS dan Zoom. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Luncurkan Zoom dan OBS. Di OBS, di bawah Sumber, klik ikon + dan pilih Tangkapan Layar. Ini akan bekerja paling baik jika Anda memiliki lebih dari satu monitor untuk PC Anda, tetapi akan tetap berfungsi jika Anda hanya memiliki satu. Anda dapat menggunakan opsi Window Capture dan pilih Zoom.exe sebagai sumber Anda, tetapi ini mungkin tidak selalu berhasil. Nama capture apapun yang anda inginkan, lalu klik OK. Anda dapat menggunakan nama monitor yang Anda gunakan untuk Zoom agar tetap sederhana. Pilih monitor untuk menampilkan video dari daftar dropdown. Pratinjau akan menampilkan umpan monitor saat ini. Hapus centang pada kotak Capture Cursor. Klik OK jika Anda puas dengan pilihannya. OBS Anda sekarang menampilkan umpan monitor saat ini. Biasanya, Anda akan melihat pratinjau berjenjang jika OBS juga ada di monitor itu. Sekarang Anda perlu menambahkan audio yang berasal dari Anda (mikrofon) dan peserta (audio komputer). Di OBS, klik + di bawah Sumber lagi, lalu pilih Audio Input Capture. Ganti nama sumber pengambilan jika Anda ingin memisahkannya dari sumber lain dan menghindari kebingungan, lalu tekan OK. Pilih perangkat input Anda dari daftar turun bawah, lalu tekan OK. Sekarang Anda akan melihat input audio baru di layar Audio Mixer di bawah pratinjau video yang menunjukkan tangkapan dari mikrofon. Tambahkan sumber lain dengan mengklik + dan memilih Audio Output Capture. Ganti nama sumber jika Anda mau, lalu pilih OK. Pilih perangkat keluaran dari daftar. Untuk menghindari penggandaan suara, sebaiknya gunakan headphone. Tekan OK, Anda sekarang akan melihat baris kedua di bagian Audio Mixer. Tekan Start Recording, Anda juga dapat menggunakan Start Streaming jika Anda perlu melakukan streaming konferensi di tempat lain. Maksimalkan Zoom ke mode layar penuh untuk menjadikannya satu-satunya program yang terlihat di layar. Saat Anda selesai merekam, kembalikan Zoom ke mode berjendela dan pilih Stop Recording.
Video akan memiliki waktu singkat saat Zoom tidak dalam layar penuh, dan pratinjau bertingkat akan ditampilkan jika OBS berada di layar yang sama . Anda dapat menghapusnya di pasca-pengeditan jika diperlukan.

Suara dalam rekaman akan berlipat ganda jika Anda menggunakan speaker karena mikrofon Anda akan mengambil suara keluaran dari perangkat Anda. Gunakan headphone untuk menghindari hal ini.

Menghubungkan OBS dan Zoom

Jika Anda menginginkan lebih banyak kebebasan dalam rapat Zoom dan ingin OBS menjadi program utama untuk video dan audio Anda, Anda harus menghubungkannya. Untuk ini, kami sarankan menggunakan plugin OBS VirtualCam.

Ini yang perlu Anda lakukan:
Download plugin OBS. Ikuti petunjuk di penginstal. Di OBS Studio, buka Alat di bilah atas, dan pilih VirtualCam. Atur kamera virtual ke OBS-Camera dan klik OK untuk menyimpan pengaturan. Jika sudah siap, klik Mulai di kanan bawah jendela pop-up. Di aplikasi Zoom, pilih Sumber Video dalam rapat atau Pengaturan Umum. Pilih OBS-Camera sebagai sumber video Anda. Jika tidak mulai menampilkan kamera, pilih Mulai Video. Umpan video Anda dari OBS sekarang langsung dialihkan ke Zoom, dan setiap perubahan atau efek yang Anda buat akan ditampilkan di Zoom.
OBS dan Zoom Anda sekarang terhubung, jadi setiap perubahan di OBS akan tercermin di Zoom.

Gunakan Window Capture atau Display Capture untuk mulai merekam atau streaming rapat Zoom Anda di OBS.

Perekaman Kualitas Lebih Tinggi dengan OBS dan Zoom Bersama

Saat menggunakan OBS untuk merekam dan mengontrol rapat Zoom, Anda bisa mendapatkan video dan audio beresolusi lebih tinggi. Meskipun Zoom sangat berguna sebagai platform pertemuan langsung, hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan OBS jauh lebih besar daripada biaya pengaturan sistem. Bermain-main dengan pengaturan untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai untuk Anda.

Bagaimana pengaturan sistem Zoom dan OBS Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.