Cara Screen Record di Windows 11

Merekam layar Anda adalah cara yang baik untuk merekam suatu proses, atau bahkan hanya sesuatu yang menyenangkan atau menarik. Windows 11 hadir dengan solusi bawaan untuk perekaman layar, tetapi Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain.

Rekam Layar Anda Menggunakan Xbox Game Bar

Satu-satunya solusi bawaan untuk merekam layar Anda di Windows 11 adalah dengan menggunakan Xbox Game Bar, yang hadir dengan Windows 11 secara default. Untuk membuka Xbox Game Bar, tekan pintasan keyboard Windows+G, atau cari di menu mulai.

Bilah Game Xbox akan muncul di bagian atas layar Anda. Klik ikon “Kamera” untuk membuka jendela Capture.

Jendela Capture adalah tempat Anda dapat memilih opsi untuk merekam layar Anda. Namun, Anda ingin mengaktifkan (atau menonaktifkan) mikrofon Anda sebelum melakukannya. Jika Anda ingin berbicara saat merekam layar, pastikan ikon Mikrofon tidak dicoret dengan garis, atau sebaliknya.

Saat Anda siap merekam, klik tombol “Rekam”, yaitu tombol dengan lingkaran putih solid.

Layar Anda akan mulai merekam. Setelah selesai, klik tombol “Stop”, yang merupakan kotak putih solid. Itu terletak di tempat yang sama dengan tombol Rekam sebelumnya.

Untuk menemukan rekaman Anda, klik “Show All Captures” di bagian bawah jendela Capture.

Itu saja!

Screenrecord Menggunakan Microsoft PowerPoint

Meskipun bukan metode bawaan, PowerPoint dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan Windows, sehingga Anda dapat dengan aman menggunakan aplikasi ini untuk merekam layar Anda tanpa khawatir tentang crapware yang sering datang dengan unduhan pihak ketiga.

Untuk merekam layar Anda dengan PowerPoint, buka PowerPoint, klik tab “Sisipkan”, dan kemudian pilih “Perekaman Layar” dari grup Media.

PowerPoint akan hilang dan bilah kecil akan muncul di bagian atas layar Anda. Di sebelah kanan bilah menu, Anda dapat memilih apakah Anda ingin merekam audio dan/atau kursor Anda. Jika opsi disorot dalam warna peach, maka itu diaktifkan, dan sebaliknya.

Selanjutnya, Anda harus memilih area layar yang ingin Anda rekam. Kursor Anda adalah tanda plus secara default setelah bilah menu muncul, jadi klik dan seret mouse Anda melintasi layar untuk memilih area yang ingin Anda rekam. Area tersebut dikotaki oleh garis merah berlubang.

Saat Anda siap merekam, klik opsi “Rekam” di bilah menu.

Layar Anda akan mulai merekam. Anda dapat menjeda rekaman Anda dengan mengeklik opsi “Jeda” di bilah menu, dan melanjutkan dengan mengeklik “Mainkan”, yang hanya akan muncul jika Anda menjeda layar Anda. Atau, jika Anda selesai merekam, klik “Stop”, yang merupakan kotak biru solid.

Perhatikan bahwa bilah menu akan menghilang saat merekam. Untuk membuatnya muncul kembali, arahkan mouse ke bagian atas layar Anda.

Setelah Anda selesai merekam, rekaman akan muncul di slide PowerPoint Anda. Untuk mengunduhnya, klik kanan rekaman dan kemudian pilih “Simpan Media Sebagai” dari menu konteks.

Dari sana, cukup pilih lokasi Anda ingin menyimpan rekaman Anda di PC Anda.

Screenshot Layar Anda Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar Anda di Windows 11, dan tentu saja tidak ada kekurangannya. Saat mencari aplikasi pihak ketiga, pastikan hanya mengunduh dari sumber asli. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengunduh Screenpresso (yang berfungsi cukup baik), pastikan untuk mengunduhnya dari situs web resmi mereka.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan rute aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda menggunakan perangkat lunak antivirus. Berhati-hatilah saat mengunduh sesuatu secara online, dan selalu pastikan untuk mengikuti praktik keamanan siber dasar.

Itulah berita seputar Cara Screen Record di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.