Cara Setting Aplikasi Proxy Shadowsocks

Shadowsocks adalah alat yang ampuh yang dapat membantu Anda lolos dari sensor, khususnya Great Firewall of China. Meskipun kami menyukainya, pengaturannya bisa sedikit rumit, itulah sebabnya kami menyusun panduan ini tentang cara menginstal Shadowsocks menggunakan program sumber terbuka yang disebut Outline.

Apa itu Shadowsocks?

Shadowsocks adalah alat yang menggunakan proxy SOCKS5 untuk merutekan ulang dan menyamarkan lalu lintas internet dan dengan demikian melewati blok sensor. Ini awalnya dikembangkan oleh seorang programmer Tiongkok dan dengan demikian sangat berguna untuk melewati Tembok Api Besar Tiongkok, meskipun kami telah menerima laporan bahwa Anda juga dapat menggunakannya untuk melewati blok rezim lain.

Namun, jika Anda ingin mengubah wilayah Netflix atau menggunakan BitTorrent, lebih baik Anda menggunakan VPN. Itu adalah sesuatu yang kami jelaskan secara rinci dalam artikel kami yang membandingkan Shadowsocks vs. VPNs.

Masalah dengan Shadowsocks adalah agak sulit untuk diatur, sesuatu yang kami harap dapat membantu Anda. Ada beberapa cara di mana Anda dapat menginstal Shadowsocks, tetapi karena banyak di antaranya melibatkan skrip yang dibuat bersama oleh para penggemar, kami ingin menggunakan program yang disebut Outline, yang hadir dengan GUI yang bagus dan hanya membutuhkan beberapa menit untuk menyiapkannya.

Apa itu aplikasi Outline?

Outline adalah program open-source sederhana yang memungkinkan Anda mengatur proxy Anda sendiri menggunakan protokol Shadowsocks dan menjalankannya melalui server Anda sendiri—ia memiliki fungsionalitas bawaan dengan penyedia VPS DigitalOcean, tetapi Anda dapat menggunakan penyedia lain atau bahkan mengatur server Anda sendiri. Kami telah mengujinya di Windows 10 dan Linux, meskipun itu juga berfungsi dengan baik di Mac, iPhone, iPad, dan Android.

Meskipun ia suka menyebut dirinya sendiri sebagai VPN, itu sangat bukan salah satunya karena tidak menggunakan protokol VPN. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda menggunakannya untuk menghindari blok sensor dan bukan untuk torrent atau melewati batasan regional Netflix—meskipun Anda pasti bisa mencobanya.

Yang kami sukai dari Outline adalah Anda dapat menginstal program utama—yang disebut Manajer—di perangkat desktop dan kemudian jalankan program klien di perangkat lain mana pun. Anda kurang lebih menjalankan jaringan pribadi Anda sendiri dan Anda dapat berbagi kunci dengan keluarga dan teman Anda.

Jika Anda menggunakan DigitalOcean, Anda dapat menjalankan bandwidth sebanyak 1TB melalui server Anda hanya dengan $5 per bulan, yang jauh lebih murah daripada VPN komersial mana pun—meskipun sekali lagi tanpa keserbagunaan. Untuk meningkatkan batas tersebut, Anda selalu dapat membayar sedikit ekstra.

Outline telah diaudit dan diuji oleh dua organisasi keamanan digital, Radically Open Security dan Cure53, dan sejauh yang kami tahu, ini adalah opsi yang solid bagi siapa saja yang ingin lolos dari sensor blok. Namun, jika Anda mencari solusi yang lebih teruji dan benar, dan Anda tidak keberatan menghabiskan sedikit uang, Anda mungkin ingin melihat pilihan VPN terbaik kami.

Cara Menyiapkan Shadowsocks dengan Mudah

Dengan asumsi Anda ingin mencoba Outline, mari kita mulai mengunduh programnya. Untuk ini. Untuk ini, buka situs web Outline dan klik “dapatkan Outline.” Halaman berikutnya akan menunjukkan kepada Anda tautan unduhan untuk Manajer dan Klien, untuk sekarang cukup instal Manajer.

Setelah diunduh, buka program (untuk Linux Anda perlu membuka file .AppImage) dan Anda akan bertemu dengan layar di mana Anda dapat memilih layanan cloud atau server yang Anda gunakan untuk merutekan lalu lintas Anda. Kami menggunakan DigitalOcean untuk kami, tetapi ada banyak opsi lain. DigitalOcean adalah pilihan termudah sejauh ini; Anda bahkan tidak perlu menyiapkan server.

Dalam kebanyakan kasus, Anda harus menyiapkan server terlebih dahulu, tetapi menggunakan DigitalOcean yang perlu Anda lakukan hanyalah menautkan Outline ke akun Anda dan kerja keras selesai untuk Anda. Cukup ikuti petunjuk di layar untuk mengizinkan Outline mengakses akun hosting Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih lokasi server.

Jika Anda berada di China, Singapura mungkin adalah pilihan terbaik Anda, meskipun Bengaluru di India adalah alternatif yang baik; kami pergi dengan Amsterdam. Lokasi mana pun yang Anda kunjungi, cukup klik “siapkan Garis Besar” di kanan atas setelah selesai dan program akan dimulai. Proses penyiapan akan memakan waktu beberapa menit.

Setelah selesai menyiapkan, Anda akan disambut oleh pusat koneksi Outline, tempat Anda dapat menyiapkan koneksi—baik milik Anda sendiri maupun siapa pun yang ingin Anda bagikan koneksinya—dan melacak penggunaan data. Di kanan atas, Anda juga dapat pergi ke layar pengaturan untuk menemukan informasi tentang server serta mengubah fungsi sesuai keinginan Anda. Namun, dalam kasus kami, kami ingin menghubungkan perangkat ke server, jadi kami perlu mengklik ikon di sebelah “kunci akses saya.”

Anda akan mendapatkan pop-up, cukup klik “hubungkan perangkat ini” dan kemudian pastikan untuk menyalin kunci aman di layar berikutnya. Setelah itu, Anda akan pergi ke layar ketiga di mana Anda perlu menginstal Klien Outline. Cukup klik “install outline” dan unduhan akan dimulai secara otomatis.

Setelah diunduh, buka folder unduhan Anda dan buka penginstal untuk klien. Jika berada di perangkat yang sama dengan Outline Manager, kuncinya akan otomatis terdeteksi. Jika tidak, Anda dapat memasukkannya secara manual (pada gambar di bawah, kami telah mengosongkan bagian dari kunci aman.) Kemudian tekan “Tambah Server.”

Kemudian yang perlu Anda lakukan untuk terhubung ke server Shadowsocks baru Anda adalah dengan menekan “Hubungkan. ”

Anda sekarang dapat mengakses internet melalui server baru Anda. Jika Anda ingin menghubungkan perangkat lain—termasuk perangkat seluler, karena Outline juga akan berfungsi di Android dan iOS—Anda harus menginstal Klien Outline di perangkat tersebut dan memasukkan kunci aman. Anda juga dapat membuat kunci aman baru jika Anda ingin menyebarkan kredensial keamanan di antara teman dan keluarga, terserah Anda. Either way, Anda sekarang harus dapat menjelajahi internet gratis.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Shadowsocks Dengan Garis Besar, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.