Cara Sideload Aplikasi di Android TV Box

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Android TV memiliki begitu banyak potensi sehingga hampir terasa sia-sia membatasi diri Anda pada aplikasi yang tersedia secara resmi. Ada lebih banyak lagi di luar sana daripada repertoar Google Play. Tetapi bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini di TV Anda? Jawabannya terletak pada sideloading mereka ke kotak TV Android Anda.

Sideloading berarti menginstal aplikasi yang tidak tersedia melalui saluran resmi. Anda dapat melakukan ini di Android dengan mengunduh file APK (Android Package Kit) dan menginstalnya secara manual. Berikut cara sideload aplikasi di Android TV box atau Android TV menggunakan beberapa metode berbeda.

Cara Sideload Aplikasi di Android TV Box

Meskipun Google Play Store memiliki banyak pilihan aplikasi, penawarannya tidak lengkap. Anda tidak perlu melepaskan aplikasi favorit Anda meskipun tidak tersedia di toko resmi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan aplikasi apa pun yang Anda inginkan di TV.

Catatan: Anda harus menyadari bahwa mengesampingkan aplikasi tidak 100% aman. Aplikasi di Google Play sangat diatur, tetapi hal yang sama mungkin tidak berlaku untuk file yang Anda unduh dengan risiko Anda sendiri. Tetap waspada saat berburu APK dan selalu unduh file dari sumber tepercaya. Beberapa situs web APK andal yang dapat Anda telusuri termasuk yang berikut.
APKMirrorAPKPureAptoide (yang juga memiliki aplikasi Android sendiri) Pengunduh APKer
Langkah Pertama: Aktifkan Aplikasi Sideloading di Pengaturan Anda

Sebelum Anda benar-benar dapat menggunakan aplikasi yang di-sideload di Android TV, Anda perlu mengubah keamanan Anda pengaturan. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan aplikasi dari sumber selain Google Play.
Nyalakan Android TV Anda dan navigasikan ke Setelannya. Temukan setelan “Keamanan” atau “Keamanan & Pembatasan”. Tergantung pada TV Anda, itu mungkin di bawah “Preferensi Perangkat” atau bagian “Pribadi” di Pengaturan Anda. Pilih “Sumber tidak dikenal” di layar berikutnya. Alihkan sakelar untuk mengaktifkan semua aplikasi dan mengonfirmasi pilihan Anda di munculan.
Anda mungkin perlu mengaktifkan aplikasi individual saat Anda pergi, tergantung pada sistem Anda.

Langkah Kedua: Dapatkan File APK

Langkah berikutnya dalam memindahkan aplikasi ke Android TV Anda adalah mendapatkan file APK di perangkat Anda. Ada banyak cara untuk memasukkan file-file ini ke TV Anda. Beberapa memungkinkan Anda untuk mengunduhnya secara langsung. Untuk orang lain, Anda memerlukan komputer atau ponsel untuk mengunduh file dan mentransfernya ke TV nanti. Di bawah ini adalah beberapa metode termudah untuk mendapatkan APK dari aplikasi yang ingin Anda instal di kotak TV Android Anda. Pilih solusi yang paling nyaman bagi Anda.
Kirim File ke TV
AndaMetode cepat dan mudah pertama untuk mentransfer file APK mengharuskan Anda mengunduh aplikasi Kirim File ke TV. Anda memerlukan aplikasi ini di TV dan ponsel Android Anda (atau perangkat Android lainnya). Ikuti langkah-langkah ini.
Cari “Kirim File ke TV” di Google Play Store TV Anda dan instal aplikasinya.Unduh dan instal Kirim File ke TV di ponsel Android Anda.Unduh file APK pilihan Anda menggunakan ponsel Anda.Pastikan ponsel Anda dan TV terhubung ke jaringan yang sama. Luncurkan aplikasi Kirim File ke TV di kedua perangkat. Pilih opsi “Terima” di televisi Anda. Ketuk “Kirim” di ponsel Anda dan pilih file APK. TV Anda akan muncul di ponsel Anda layar. Cukup ketuk, dan file akan segera dikirim. Setelah ditransfer, navigasikan ke aplikasi pengelola file Anda dan instal APK dengan mengkliknya. Mentransfer File Dengan USB Drive
Cara lain yang mudah, meskipun kurang nyaman, untuk mentransfer APK yang Anda unduh ke TV Anda dengan drive USB.
Unduh APK yang diinginkan di komputer Anda dan transfer file ke drive USB.Masukkan stik USB Anda ke kotak TV Android Anda.Buka aplikasi pengelola file televisi Anda dan temukan APK di folder drive USB .Klik APK untuk menginstalnya.Beralih ke Cloud Solutions
Jika Anda tidak ingin meraba-raba dengan drive USB, Anda juga dapat mencoba memasukkan file APK ke TV menggunakan layanan cloud. Solusi ini untuk Anda jika Anda memiliki akun Google Drive atau Dropbox. Setelah Anda mengaturnya, mengirim file di masa mendatang akan sangat mudah. Namun, Anda memerlukan pengelola file dengan kemampuan penyimpanan cloud di TV Anda untuk menggunakan metode ini.
Download file APK di ponsel atau komputer Anda dan simpan di Google Drive Anda.Instal aplikasi seperti File Commander Manager dan Cloud di TV Anda .Luncurkan aplikasi dan klik “Tambahkan Cloud.” Pilih Google Drive (atau layanan cloud mana pun yang Anda gunakan) dan sambungkan akun Anda. Setelah terhubung, Anda dapat menelusuri folder Google Drive di TV Anda. Temukan dan klik file APK untuk menginstalnya .Ambil File Dari Browser
AndaJika Anda memiliki tautan untuk file APK yang Anda butuhkan, Anda juga dapat mengunduhnya langsung di beberapa TV. Perhatikan bahwa tautan harus meminta unduhan file agar metode ini berfungsi. Tautan situs web tidak akan berfungsi.
Luncurkan aplikasi browser TV Anda. Ketik tautan unduhan di bilah alamat dan tekan “OK.” Unduhan akan segera dimulai jika tautannya benar. Setelah unduhan selesai, Anda dapat menginstal aplikasi segera.Gunakan Aplikasi Pengunduh Tidak semua perangkat mendukung unduhan peramban. Jika milik Anda termasuk dalam kategori ini, Anda dapat menginstal alat pengunduh yang praktis untuk melewati batasan ini. Opsi ini hanya berfungsi di TV Android murni.
Buka Google Play Store di Android TV Anda.Tekan opsi “Cari” di bilah sisi dan ketik “AFTVNEWS.”Instal aplikasi Pengunduh.Buka layar beranda TV Anda dan temukan aplikasi Pengunduh . Anda mungkin perlu mengaktifkannya di menu “Sumber tidak dikenal” seperti yang diinstruksikan di atas jika Anda tidak dapat melihatnya. Luncurkan Pengunduh dan ketik tautan unduhan langsung dari file APK yang ingin Anda dapatkan. Tekan “Pergi” untuk memulai proses pengunduhan .
Anda juga dapat segera menginstal aplikasi di dalam aplikasi Pengunduh.

Langkah Ketiga: Temukan Aplikasi Anda

Di beberapa TV, aplikasi yang dipindahkan akan muncul di layar beranda atau di folder aplikasi Anda seperti biasa. Pada orang lain, Anda mungkin berpikir aplikasi yang baru saja Anda instal tidak dapat ditemukan. Jika Anda tidak dapat melihat aplikasi yang di-sideload, Anda mungkin perlu mengaktifkannya satu per satu di pengaturan Keamanan Anda. Lokasi yang tepat dari pengaturan ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada sistem Anda.
Buka Pengaturan Anda, lalu klik “Preferensi Perangkat.” Temukan “Keamanan & pembatasan” dan tekan “Sumber tidak dikenal.” Alihkan setiap aplikasi yang ingin Anda izinkan di perangkat Anda.
If ini tidak berhasil, Anda memerlukan bantuan aplikasi lain untuk mengakses aplikasi yang di-sideload.
Buka Google Play Store Anda dan tekan tombol pencarian.Cari Peluncur ATV.Buka Peluncur ATV, dan Anda akan melihat semua sideloaded apps.
Instal Aplikasi Apa Saja yang Anda Inginkan

Menyimpan aplikasi di kotak TV Android Anda pasti membutuhkan sedikit manuver. Namun, Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak dari perangkat Anda dengan mempelajari cara melakukannya. Pilih metode yang menurut Anda paling nyaman dan perluas kemampuan TV Anda dengan aplikasi tambahan.

Manakah dari aplikasi Android TV favorit Anda yang hilang dari penawaran Google Play Store? Apakah Anda berhasil menginstalnya dari file APK mereka? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.