Di mana VPN Legal dan Ilegal?

Banyak negara mengizinkan penggunaan jaringan pribadi virtual (VPN) untuk mengamankan aktivitas internet. Namun, ada juga sejumlah negara seperti di bawah rezim otoriter yang tidak mengizinkannya.

Dalam posting ini, kami akan mengidentifikasi negara mana yang membatasi penggunaan VPN dan di mana VPN itu diizinkan untuk digunakan.

Apa itu VPN?

Sebelum menganalisis mengapa VPN dilarang di negara-negara tertentu, penting untuk memahami apa itu VPN dan apa yang bisa mereka lakukan.

A VPN dirancang untuk menjaga aktivitas penjelajahan Anda tetap pribadi, anonim, dan aman. Salah satu caranya adalah dengan mengubah alamat IP Anda.

Dengan mengenkripsi apa yang Anda kirim dan terima selama aktivitas online Anda, VPN mengacak data yang dapat dibaca dan membuatnya tidak dapat dipahami untuk mencegah pihak yang tidak berwenang mengakses informasi apa pun. Untuk memungkinkan hal ini, ia menggunakan kunci kriptografi sehingga teks biasa yang berasal dari pengirim dapat diubah menjadi teks sandi menggunakan nilai matematika.

Agar enkripsi menjadi efektif, prosesnya harus cukup rumit sehingga tidak memungkinkan untuk memecahkan ciphertext melalui serangan brute force (atau menebak-nebak menggunakan setiap kemungkinan kombinasi) oleh bot atau skrip. Dengan VPN, akan lebih sulit bagi peretas untuk memecahkan kata sandi atau memecahkan kode data pribadi Anda.

Orang-orang menggunakan VPN untuk berbagai alasan. Selain mengubah lokasi untuk menonton TV AS di luar Amerika Serikat, Anda juga dapat membuka blokir konten streaming.

Mengapa Beberapa Negara Melarang VPN

Di Amerika Serikat dan negara lain yang mengizinkan VPN, penggunaannya masih diatur hingga batas tertentu. Misalnya, streaming ilegal dan pengunduhan konten berhak cipta tidak diperbolehkan. Juga melanggar hukum untuk terlibat dalam web gelap untuk bertransaksi produk dan layanan ilegal. Terakhir, mempromosikan cyberbullying atau melakukan aktivitas jahat seperti peretasan dilarang dan dapat dihukum oleh hukum.

Namun, di beberapa negara, VPN tidak diizinkan atau sangat dibatasi untuk tujuan berikut:
Kebijakan sensor yang kuat oleh pemerintah negara bagian Kontrol mutlak atas warga negara melalui otoriter tata kelolaPerlindungan standar moral dan nilai-nilai berdasarkan agamaPencegahan terhadap pemberontakan dan terorisme
Menggunakan VPN yang ilegal di negara tertentu dapat dihukum oleh hukum dalam banyak kasus. Di wilayah yang sangat diatur, di sisi lain, mungkin tidak ada hukuman langsung dari pemerintah tetapi mungkin memiliki konsekuensi tidak langsung seperti pemutusan hubungan dan peringatan.

Daftar Negara yang Diperbarui Larangan atau Sangat Mengatur VPN

Faktor umum di antara negara-negara yang telah melarang penggunaan VPN adalah bahwa mereka berada di bawah rezim otoriter. Berikut adalah daftar terbaru dari semua negara yang telah melarang penggunaan VPN:
Belarus – menyatakan VPN dan The Onion Router (Tor) sebagai ilegal pada tahun 2015; protes terorganisir adalah ilegalChina – “Great Firewall” negara itu memblokir situs web seperti Google dan Facebook serta layanan VPN untuk menyensor informasi; beberapa penyedia VPN dituntutIrak – menyatakan VPN dilarang serta situs media sosial dan aplikasi perpesanan Korea Utara – telah melarang internet dan hanya mengizinkan intranet nasional; turis dapat menggunakan 3G untuk mengakses tetapi bukan VPNRusia – telah melarang VPN sejak 2017 untuk melindungi dari informasi yang cenderung politis untuk memblokir server dan situs webIran – hanya mengizinkan warga negara untuk menggunakan VPN yang ditawarkan oleh penyedia layanan yang telah terdaftar di pemerintah; pemerintah memblokir Facebook, Twitter, dan YouTube tetapi lebih peduli dengan tindakan pemberontakan onlineOman – sangat mengatur internet tetapi mengizinkan penggunaan VPN selama layanan tersebut diizinkan oleh KesultananTurki – mengizinkan penggunaan VPN tetapi telah memberlakukan sanksi terhadap penyedia VPN dengan memblokirnyaTurkmenistan – secara resmi melarang VPN pada tahun 2015; hanya mengelola satu ISP, yang disponsori negara; laporan tentang akses VPN yang diblokir telah dilaporkan sebelumnyaUni Emirat Arab (UEA) – mengizinkan VPN tetapi telah mengeluarkan undang-undang yang melarang penggunaannya untuk melakukan kejahatan atau akses ke konten yang menurunkan nilai moral bangsa
Daftar Negara yang Diperbarui Tempat VPN Legal

Berikut adalah daftar terbaru dari semua negara where citizens are free to use VPNs:
Antigua and BarbudaArgentinaArmeniaArubaAustraliaAustria Azerbaijan BahamasBahrain BangladeshBarbados Belgium Belize Benin Bhutan Bolivia Bosnia and Herzegovina BotswanaBrazil Brunei Bulgaria Burkina Faso BurundiCambodia Cameroon Canada Cape Verde Central African Republic Chad Chile Colombia Comoros Democratic Republic of the CongoRepublic of the CongoCosta Rica Côte d ‘Ivoire Kroatia Cuba Curacao Siprus Republik Ceko Denmark Djibouti Dominica Republik Dominika Ekuador Mesir El Salvador Guinea Khatulistiwa Eritrea Estonia Ethiopia Fiji Finlandia PrancisGuyana,Guyana,Guyana,Guyana, serta juga,? s Hungary Iceland India IndonesiaIrelandIsrael Italy Jamaica Japan JordanKazakhstan Kenya KiribatiKosovo Kuwait Kyrgyzstan Laos Latvia Lebanon Lesotho Liberia Libya Liechtenstein Lithuania Luxembourg Macedonia Madagascar Malawi Malaysia MaldivesMali MaltaMarshall IslandsMauritaniaMauritius MexicoMicronesia MoldovaMonaco Mongolia Montenegro Morocco Mozambique Myanmar Namibia Nauru NepalNetherlands New Zealand Nicaragua Niger Nigeria Norway PakistanPalau PalestinePanama Papua New Guinea Paraguay Peru Filipina Polandia Portugalqatar Rumania Rwanda Saint Kitts dan Nevissaint Lucia Saint Vincent dan Grenadines Samoa San Marinosao Tome dan prinsip arabia Soulan Soolan Soolan Soolan Soolan Soolan Soolan Soolan Singapora Singapor Singapor Singen SuriahTaiwan Tajikistan Tanzania Thailand Timor-Leste Togo Tonga Trinidad dan Tobago Tunisia TuvaluUganda Ukraina Inggris RayaBersatu d Amerika Serikat Uruguay Uzbekistan Vanuatu Vatican City Venezuela Vietnam Yaman Zambia Zimbabwe 
Frequently Asked Questions
Dapatkah saya mendapat masalah karena menggunakan VPN?
Jika Anda tinggal di negara yang melarang penggunaan VPN atau ilegal, Anda bisa mendapat masalah karena menggunakan VPN . Jika merencanakan perjalanan ke salah satu tempat ini, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu.
Bagaimana saya tahu bahwa saya tidak melanggar hukum apa pun saat menggunakan VPN?
Periksa apakah ada pembatasan aktif terkait praktik dan aktivitas online tertentu sebelum melakukan sesuatu jadi Anda tidak akan melanggar ketentuan perjanjian layanan apa pun.
Apa yang dapat Anda lakukan jika VPN legal di negara Anda?
Karena tidak ada undang-undang yang melarang penggunaan VPN untuk mengenkripsi lalu lintas internet Anda, Anda dapat menikmati berselancar online sambil melindungi anonimitas dan keamanan Anda informasi pribadi Anda. Pilih layanan VPN yang andal.