Discord Diretas? Inilah Yang Harus Dilakukan

Discord adalah platform media sosial yang banyak digunakan, dan sangat populer di kalangan komunitas game. Pengguna dapat membuat akun secara gratis atau membayar untuk mengakses fitur tambahan. Meskipun platform ini dikemas dengan fitur keamanan, tidak jarang melihat seseorang diretas.

Diretas di Discord tidak menyenangkan karena akun Anda bahkan dapat digunakan untuk menginfeksi akun lain. Anda akan melihat apa pun mulai dari penipuan phishing hingga penawaran Nitro palsu, jadi Anda harus berhati-hati. Jika Anda diretas, silakan baca terus untuk solusinya.

Apa yang Harus Anda Lakukan Ketika Perselisihan Anda Diretas?

Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan prinsip ini juga berlaku untuk Perselisihan. Ada beberapa cara untuk mencegah peretasan, tetapi kami menyarankan tindakan berikut jika Anda terlambat untuk tindakan pencegahan.

Beri tahu teman Anda

Meskipun itu bukan hal pertama yang Anda lakukan, yang terbaik adalah memberi tahu teman yang Anda tambahkan di Discord. Anda dapat memberi tahu mereka dengan platform media sosial lain seperti Twitter atau Facebook Messenger. Akun Discord alternatif juga dapat berfungsi dengan baik.

Setelah teman Anda tahu, mereka akan waspada terhadap peretas yang menggunakan akun Anda yang diretas untuk tujuan jahat. Ini termasuk penipuan Discord dan upaya phishing yang dirancang untuk membantu peretas mendapatkan lebih banyak akun untuk tujuan jahat mereka. Juga, teman-teman Anda dapat membantu melaporkan akun yang diretas sehingga Discord dapat menghentikannya dari scamming.

Ubah Kata Sandi Anda

Jika Anda dapat mengubah kata sandi, harap segera lakukan itu. Anda tidak ingin orang lain mengakses akun Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka Discord. Buka menu Pengaturan. Pilih “Akun Saya.” Klik “Edit” di sebelah nama pengguna Anda. Pilih “Ubah Kata Sandi.” Masukkan kata sandi lama dan baru Anda dan klik “SELESAI.”
Prosesnya serupa pada versi seluler, meskipun sedikit lebih sederhana karena pengalaman seluler yang lebih ramping.

Aktifkan 2FA

Otentikasi dua faktor dapat membantu mencegah peretas mengakses akun Anda karena mereka memerlukan kode lain untuk mengonfirmasi bahwa mereka adalah pemilik akun. Meskipun tidak sangat mudah, ini mencegah peretasan tingkat rendah. Anda dapat mengaktifkan 2FA dengan cara ini:
Buka Discord di perangkat Anda. Buka menu Pengaturan. Buka “Akun Saya.” Pilih “Aktifkan Two Factor-Auth.” Unduh Google Authenticator atau Authy. Kirim kode numerik atau pindai QR code.Setelah 2FA diaktifkan, Anda dapat mengunduh kode cadangan Anda.
2FA juga dapat diaktifkan di Android atau iOS, jadi Anda tidak memerlukan PC untuk tugas tersebut. Namun, jika akun Anda benar-benar terkunci, Anda harus mencoba solusi lain ini.

Laporkan Peretasan ke Lembaga Keuangan

Jika Anda menautkan kartu kredit atau debit ke akun Discord Anda, ada kemungkinan peretas dapat membeli Discord Nitro untuk diri mereka sendiri atau teman mereka. Memberi tahu bank Anda tentang peretasan dapat mencegah peretas menghabiskan uang menggunakan akun Discord Anda. Lakukan ini sesegera mungkin untuk menghentikan biaya penipuan.

Batalkan Tautan Semua Layanan yang Terhubung

Discord dapat ditautkan ke akun lain, seperti Twitter, Facebook, Steam, dan lainnya. Peretas dapat memperoleh akses ke akun ini jika Anda tidak berhati-hati, jadi sebaiknya ubah kata sandi di aplikasi dan layanan lain ini terlebih dahulu. Kemudian, putuskan tautan Discord dari semuanya untuk mencegah pelakunya melangkah lebih jauh.

Melakukan langkah-langkah ini dapat meminimalkan kerusakan pada media sosial Anda karena Anda memerlukan setidaknya satu cara untuk memberi tahu teman Anda tentang masalah tersebut.

Kirim Laporan ke Discord

PenggunaDiscord datang dalam semua jenis kepribadian dan temperamen. Anda mungkin secara tidak sengaja menimbulkan kemarahan salah satu dari mereka, yang entah bagaimana memiliki cara untuk meretas akun Anda. Jika Anda yakin pengguna Discord lain meretas Anda, klik di sini dan kirim laporan ke Discord.

Tindakan Pencegahan

Sering kali sudah terlambat ketika Anda menyadari bahwa akun Anda telah diretas. Oleh karena itu, kami sarankan untuk mengikuti saran Discord dan membangun garis pertahanan sebelum siapa pun dapat meretas akun Anda. Mempersulit pekerjaan dapat menyelamatkan akun Anda dari serangan cyber.

Enable 2FA

Seperti yang disebutkan sebelumnya, itu selalu ide yang baik untuk mengaktifkan 2FA karena mencegah upaya peretasan tingkat rendah. Beberapa server juga meminta pengguna untuk mengaktifkannya, sehingga Anda hanya dapat berbicara atau bertindak di tempat-tempat itu dengan mengaktifkannya.

Jangan Klik Sesuatu Yang Aneh

Ada banyak cara akun Discord diretas, dan salah satunya adalah ketika seseorang mengklik tautan aneh . Anda dapat dikirim ke situs web phishing atau mengunduh file yang mencuri informasi, dan yang terakhir bisa mendapatkan lebih banyak informasi daripada akun Discord Anda. unduh apa pun dari orang asing kecuali dari perwakilan pelanggan tepercaya. Teman baik dapat mengirimi Anda file yang dapat Anda buka, tetapi jika pengguna tersebut belum pernah berinteraksi dengan Anda sebelumnya, jangan pernah mengunduh apa yang mereka kirimkan kepada Anda.

Jangan Pernah Berbagi Informasi Pribadi Dengan Orang Asing

Discord adalah cara terbaik untuk bertemu orang baru dan berteman, tetapi Anda tidak dapat mempercayai semua orang yang Anda temui secara online. Meskipun Anda mungkin mempercayai beberapa orang terpilih, Anda tidak boleh membagikan informasi pribadi Anda dengan orang yang baru Anda temui.

Hati-hati dengan Pengumuman Perselisihan Palsu

Discord tidak mengirimkan pengumuman ke DM, server, atau saluran Anda. Pernyataan resmi hanya akan muncul melalui server dan saluran resmi mereka. Jika pesan tampak mencurigakan dan bukan dari sumber tepercaya, abaikan dan laporkan.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Password tidak boleh terlalu sederhana, karena upaya peretasan secara paksa melewati yang lemah lebih cepat. Pertimbangkan untuk menggunakan pembuat kata sandi acak dan ubah kata sandi Anda saat ini menjadi kata sandi baru dan kompleks. Ini dirancang untuk mencegah serangan brute force karena terlalu memakan waktu untuk diretas.

Pertimbangkan Menginstal Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus dapat membantu mencegah malware berkembang lebih jauh di PC Anda, yang berpotensi mencuri informasi. Perangkat lunak ini bahkan dapat bekerja di seluruh platform, termasuk ponsel cerdas Anda.

Usaha Peretasan Umum

Mendapatkan pesan seperti ini cenderung merupakan upaya peretasan. Berikut adalah beberapa trik terbaru:
Menguji permainan out
Jika seorang teman atau kenalan Discord secara acak mengirimi Anda tawaran untuk menguji permainan, tolong jangan klik. Kemungkinan besar ini adalah penipuan yang dapat membuat informasi Anda dicuri. Hubungi teman Anda dan tanyakan apakah mereka benar-benar memiliki sesuatu yang ingin Anda uji.
Uji coba gratis
Mengirim penawaran uji coba gratis sangat mencurigakan, terutama jika itu dari seseorang yang tidak Anda kenal. Anda dapat bertanya kepada pengirim apakah ini benar atau memeriksa apakah ada uji coba. Ini lebih sering daripada bukan pesan jahat, jadi berhati-hatilah.
Hadiah gratis
Kecuali Anda memercayai orang yang mengirimnya, hadiah gratis biasanya palsu dan telah mengakibatkan upaya phishing yang berhasil.
Mata uang premium dalam game gratis
Anda tergoda untuk mengeklik ini, tetapi kecuali itu adalah seseorang Anda percaya mengirimi Anda hadiah, jangan repot-repot dengan pesannya.

Intinya adalah jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, pengguna harus menghindarinya.

Masalah PeretasanDiscord

Discord memiliki masalah peretasan selama bertahun-tahun. Bahkan di tahun 2022, banyak pengguna yang kesulitan memulihkan akun yang diretas. Sayangnya, Tim Dukungan Discord telah mendapatkan reputasi di komunitas karena sangat tidak efisien. Bahkan ada masalah dengan menandai tiket yang belum terpecahkan sebagai selesai.

Untuk menambah masalah, 2FA bahkan dapat digunakan untuk melawan pemilik asli akun. Lebih buruk lagi, peretas dengan keterampilan dapat menukar kode 2FA Anda, dan Discord sendiri tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, jika 2FA Anda diubah, menjadi sulit untuk mendapatkan kembali akses ke Discord.

Anda Beberapa pengguna telah menyatakan bahwa butuh berminggu-minggu untuk menyelesaikan situasi, dan Discord terkadang menawarkan untuk memakan kata-katanya sendiri. Misalnya, pengguna bernama Edward ditipu dan akunnya diretas. Edward awalnya diberitahu bahwa Discord tidak dapat menonaktifkan 2FA, tetapi tiba-tiba, perusahaan melakukannya setelah lebih mendesak.

Jelas bahwa Discord tidak berfungsi dengan baik terkait pemulihan akun. Satu-satunya cara Anda dapat lolos dari peretasan adalah dengan mengambil tindakan pencegahan seperti tidak pernah mengklik tautan penipuan. Sampai Discord memutuskan untuk meningkatkan dukungan pelanggannya, pengguna harus tetap rajin melakukan langkah-langkah pencegahan.

Perhatian Praktek, Always

Anda tidak pernah bisa terlalu berhati-hati saat menggunakan Discord karena peretas cenderung menargetkan orang-orang di server besar. Bahkan jika Anda tidak nongkrong di tempat-tempat itu, tetap ada risikonya. Kami merekomendasikan untuk berhati-hati tidak peduli bagaimana Anda menggunakan Discord.

Apakah Anda mengenal seseorang yang telah diretas? Sudahkah Anda berhasil memulihkan akun yang disusupi? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.