DisplayPort vs. HDMI: Mana yang Lebih Baik?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mehaniq/Shutterstock.com

Jika Anda memiliki monitor atau layar yang mendukung DisplayPort dan HDMI, mana yang harus Anda pilih? Karena port ini memiliki kemampuan dan tujuan yang berbeda, penting untuk memahami kapan harus menggunakan DisplayPort dan kapan harus menggunakan HDMI.

Konektor Fisik

Selain perbedaan kompatibilitas dan kemampuan, konektor DisplayPort dan HDMI juga berbeda. DisplayPort memiliki konektor 20-pin dengan bentuk asimetris. Sebagian besar cenderung menyertakan kait mekanis yang mencegah kabel terlepas secara tidak sengaja.

A Konektor DisplayPort di atas dua port pada GPU. Dan74/Shutterstock.com

HDMI memiliki konektor 19-pin dan bentuknya simetris. Tidak seperti banyak kabel DisplayPort, HDMI cenderung tidak memiliki fitur kait atau mekanisme penguncian. Hal ini dapat menyebabkan kabel HDMI menjadi longgar seiring waktu.

An konektor HDMI. Allexxandar/Shutterstock.comDisplayPort vs. Versi HDMI

DisplayPort dan HDMI masing-masing dirancang untuk penggunaan yang berbeda, oleh karena itu mereka menawarkan pro dan kontra yang berbeda tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya. Memutuskan konektor mana yang akan digunakan bisa jadi rumit, tetapi hal ini sering ditentukan oleh monitor atau layar yang Anda miliki.

Misalnya, monitor ASUS TUF Gaming mendukung HDMI 2.1; ini memungkinkan resolusi 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan HDR. Sedangkan monitor AOC C27G2Z mendukung DisplayPort 1.2 dan HDMI 2.0; versi ini menawarkan resolusi 4K pada 60Hz.

AOC C27G2Z
AOC C27G2Z
Monitor 1080p ini adalah pilihan yang terjangkau bagi para gamer yang mencari kecepatan refresh tinggi dan waktu respons rendah.

Amazon$239,99 $299.99 Hemat 20%

Pembelian Terbaik$239.99$299,99 Hemat 20%

Iklan

Pada saat penulisan, spesifikasi HDMI terbaru adalah HDMI 2.1a. Mendukung 8K pada 60Hz dan 4K pada 120Hz. Itu juga mampu menampilkan konten 10K dan format HDR dinamis hingga 48Gbps. Untuk memaksimalkan HDMI 2.1, Anda harus berinvestasi dalam Kabel HDMI Ultra High Speed ​​seperti Highwings High-Speed ​​HDMI Braided Cord.

Demikian pula, spesifikasi DisplayPort terbaru adalah DisplayPort 2.0. Standar ini mendukung resolusi 8K pada 60Hz, HDR-10, dan resolusi 10K pada 60Hz. Ini memiliki bandwidth maksimum yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDMI 2.1, hampir tiga kali lipat dari DisplayPort 1.4 pada 77,73Gbps.

RELATEDHDR Format Dibandingkan: HDR10, Dolby Vision, HLG, dan Technicolor

Masalahnya adalah, ada kekurangan monitor yang kompatibel dengan DisplayPort 2.0 , dan beberapa monitor HDMI 2.1 yang terjangkau tersedia. Oleh karena itu, biasanya pengguna memilih monitor HDMI 2.0 performa tinggi atau monitor yang mendukung DisplayPort 1.4. Namun, HDMI 2.0 agak tertinggal dibandingkan DisplayPort 1.4; mendukung 4K pada 60Hz dan HDR, sedangkan DisplayPort 1.4 mendukung 4K pada 120Hz, 8K pada 60Hz, dan HDR.

Variable Refresh Rate for Gaming

VRR (Variable Refresh Rate) memungkinkan layar Anda menyesuaikan kecepatan refresh tergantung pada kecepatan bingkai dari PC atau konsol permainan. Jadi, ini adalah istilah yang banyak digunakan di sekitar game. Saat bermain game, Anda akan melihat bahwa kecepatan refresh Anda berfluktuasi tergantung pada tindakan di layar. Jika tampilan dan PC/konsol Anda tidak sinkron, itu akan menghasilkan sesuatu yang disebut robekan layar.

RELATEDFreeSync vs. G-Sync: Apa Perbedaannya?

Untuk mengatasi masalah ini, VRR diperkenalkan, memungkinkan tampilan Anda untuk menyegarkan dan bila diperlukan, cocok dengan konsol atau PC Anda. AMD dan NVIDIA memiliki teknologi VRR mereka sendiri; AMD menggunakan FreeSync dan NVIDIA menggunakan G-Sync.

Advertisement

Anda akan melihat bahwa monitor game cenderung menampilkan teknologi yang didukung ini dalam spesifikasinya, seperti Acer Nitro XV282K yang mendukung AMD FreeSync. Masalahnya adalah, hanya monitor DisplayPort yang mendukung G-Sync NVIDIA dan FreeSync AMD; HDMI saat ini hanya dapat menawarkan dukungan untuk FreeSync. Jadi, jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA, Anda pasti ingin memilih monitor DisplayPort dengan teknologi yang kompatibel seperti LG 27GN800-B Ultragear.

LG 27GN800-B Ultragear
LG 27GN800-B Ultragear
Monitor game ini menawarkan tingkat respons 1 ms yang luar biasa, IPS tampilan, dan dukungan untuk NVIDIA’s G-Sync dan AMD’s FreeSync VRR technology.

Amazon$276.99 $349,99 Hemat 21%

Pembelian Terbaik$299.99$349,99 Hemat 14%

DisplayPort dan Kompatibilitas HDMI Standar

HDMI didukung oleh hampir semua perangkat audio/video rumahan. Jika Anda memiliki TV modern, Anda mungkin akan menemukannya memiliki port HDMI. Begitu pula dengan konsol game, PC, perangkat streaming, dan proyektor. DisplayPort, di sisi lain, tidak dirancang untuk tujuan yang sama seperti HDMI dan karena itu hanya mendukung monitor dan PC. DisplayPort awalnya dikembangkan untuk menggantikan konektor DVI dan VGA. Ketika standar DisplayPort 1.2 dirilis, ia memperkenalkan Multi-Stream Transport (MST). Ini memungkinkan Anda opsi untuk menyambungkan beberapa monitor ke satu konektor DisplayPort melalui penggunaan “daisy-chaining” dari satu monitor ke monitor lainnya, atau dengan menggunakan hub eksternal seperti StarTech 3-Port Multi Monitor Adapter. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna kantor yang tidak ingin menggunakan motherboard atau kartu grafis kelas atas untuk PC mereka dengan beberapa port DisplayPort. Namun, resolusi, kecepatan refresh, dan bandwidth menjadi terbatas karena tidak semua port dapat memanfaatkan fitur lengkap standar DisplayPort.

RELATEDCara Memilih Monitor yang Tepat untuk PC

HDMI Anda tidak mendukung MST secara asli. Namun, Anda dapat menggunakan hub DisplayPort dengan adaptor HDMI untuk menghubungkan beberapa monitor HDMI melalui DisplayPort di komputer Anda.

Terakhir, kabel HDMI jauh lebih fleksibel dalam hal panjangnya. Dimungkinkan untuk menemukan kabel HDMI 50 kaki yang mampu memberikan resolusi 4K pada 60Hz, namun, kabel DisplayPort jarang melebihi 10 (menurut standar resmi) atau 15 kaki. Kabel yang lebih panjang mungkin ada, tetapi kemungkinan besar akan menyebabkan resolusi maksimum dan kecepatan refresh menurun.

Mana Yang Lebih Baik?

Meskipun DisplayPort dan HDMI adalah konektor yang umum digunakan, Anda sebaiknya memilih yang tepat tergantung pada kebutuhannya. Perangkat rumah tangga seperti pemutar Blu-ray dan TV tidak kompatibel dengan DisplayPort, jadi HDMI adalah satu-satunya pilihan, dan itu jelas bukan pilihan yang buruk.

Advertisement

Di sisi lain, DisplayPort memang membanggakan beberapa keunggulan teknis lainnya dibandingkan HDMI, terutama ketika datang ke pengaturan game atau multi-monitor. Satu-satunya masalah adalah, bahwa mungkin perlu beberapa waktu sebelum standar DisplayPort terbaru tersedia di monitor, dan ketika tersedia, monitor kemungkinan akan jauh lebih mahal. Namun, jika Anda memiliki port DisplayPort di bagian belakang PC Anda, pasti layak digunakan melalui HDMI jika Anda memiliki opsi.

Kabel HDMI Terbaik tahun 2022 Keseluruhan TerbaikAmazon Basics Premium-Certified Braided HDMI CableAmazon$11,88  

Kabel HDMI Anggaran TerbaikAmazon Basics High -Kabel HDMI KecepatanAmazon$16.28  

Kabel HDMI 2.1 TerbaikKabel HDMI 2.1 Bersertifikat Monoprice 8K Bersertifikat Braided Ultra High-Speed ​​HDMI 2.1Amazon$14.98  

Kabel HDMI 8K TerbaikCable Matters Braided 48Gbps Ultra HD 8K Kabel HDMIAmazon$9.99  

Kabel HDMI Kecepatan Ultramazon Terbaik untuk Gaming/PS5Zeskits Maya Certified $39.99 Hemat 63%

Kabel HDMI Miring TerbaikUGREENKabel HDMI Sudut KananAmazon$8.99  

Itulah berita seputar DisplayPort vs. HDMI: Mana yang Lebih Baik?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.