Ethernet Splitter vs. Switch: Apa Bedanya?

kiri11/Shutterstock.com

Short pada port Ethernet dan ingin menghubungkan satu atau dua perangkat tambahan ke pengaturan jaringan kabel Anda? Anda mungkin menemukan dua opsi: pembagi Ethernet, dan sakelar Ethernet. Inilah mengapa Anda harus memilih sakelar setiap saat.

Apa Itu Pembagi Ethernet?

Pembagi Ethernet adalah perangkat sederhana dengan tiga port Ethernet di dalamnya. Idenya adalah untuk memungkinkan Anda menjalankan dua perangkat Ethernet di sepanjang satu kabel tanpa harus membeli dan menyalakan sakelar atau menjalankan lebih banyak kabel. Pemisah sangat murah, tetapi di situlah sisi positifnya.

Untuk menggunakan pembagi, Anda memerlukan dua: satu untuk menghubungkan dua perangkat Anda, dan satu lagi di ujung lainnya untuk “membatalkan” sambungan. Ini berarti Anda masih akan menggunakan jumlah port Ethernet yang sama di router Anda seolah-olah Anda menggunakan dua kabel terpisah. Anda tidak menambahkan port Ethernet apa pun dengan menggunakan splitter, Anda cukup berbagi satu kabel.

Aoiutrn

Kelemahan besar lainnya untuk menggunakan splitter adalah penalti kecepatan yang akan Anda temui saat melakukannya. Pembagi akan mengurangi throughput Cat 5e dari kecepatan terukur 1000Mb (gigabit) menjadi 100Mb. Ini tidak terlalu buruk jika Anda hanya menggunakan jaringan kabel dengan paket internet tingkat rendah, tetapi untuk koneksi yang lebih cepat, untuk mentransfer file, atau streaming media melalui jaringan, kecepatan yang lebih lambat akan menimbulkan masalah.

Sekarang Anda Anda mungkin telah menyelesaikannya, tetapi kami sarankan untuk tidak menggunakan splitter kecuali jika Anda benar-benar kehabisan opsi.

An Ethernet Switch Menawarkan Kemampuan Perluasan Sejati

Opsi yang lebih baik untuk menambahkan lebih banyak perangkat Ethernet adalah menggunakan sakelar bertenaga. Anda dapat menghubungkan sakelar ke satu port di router Anda dan menambahkan port tambahan. Tidak perlu untuk “membatalkan pemisahan” koneksi di akhir karena router Anda melihat sakelar sebagai satu perangkat.

TP-LinkAdvertisement

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat Anda menggunakan sakelar. Karena perangkat apa pun yang Anda sambungkan ke sakelar akan berbagi satu port, sebaiknya pisahkan perangkat yang mungkin Anda gunakan secara bersamaan. Ini akan memastikan bahwa satu perangkat tidak akan memperlambat yang lain. Kecepatan port dan kabel jaringan router Anda juga dapat membuat perbedaan besar di sini.

Anda dapat membeli switch jaringan murah yang menambahkan empat port ke router Anda dengan harga kurang dari $20 (seperti TP-Link TL-SG105). Ketahuilah bahwa meskipun perangkat sering dijual sebagai sakelar “lima port” (misalnya), salah satu port akan digunakan untuk membuat koneksi kembali ke router Anda.

Switch Ethernet Berbiaya Rendah
TP-Link TL-SG105 5-Port Gigabit Ethernet Switch
Hubungkan empat perangkat ke satu port Ethernet dengan switch Ethernet bertenaga lima port sederhana dari TP-Link.

Beli di Amazon 

Pertimbangkan Menggunakan Kembali Router Wi-Fi Lama

Jika Anda kekurangan uang dan menginginkan lebih banyak port Ethernet, mengapa tidak menggunakan router lama Anda sebagai saklar jaringan? Ini cara yang bagus untuk mengurangi limbah elektronik Anda.

Tidak yakin apakah Anda akan melihat banyak manfaat dari menggunakan kabel melalui nirkabel? Lihat seberapa cepat Ethernet dibandingkan dengan Wi-Fi.

Itulah berita seputar Ethernet Splitter vs. Switch: Apa Bedanya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.