Fitur SOS Darurat iPhone 14 Sekarang Resmi Dinyalakan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

IPhone 14 adalah pembaruan yang cukup kecil, terutama model non-Pro, tetapi memiliki satu fitur unik: kemampuan mengirim pesan darurat menggunakan satelit di orbit Bumi. Sekarang fitur tersebut akhirnya tersedia.

Ketika iPhone 14 mulai dikirim pada bulan September, itu termasuk perangkat keras antena yang diperlukan untuk “SOS Darurat” — di mana ponsel dapat (perlahan) mengirim pesan atau informasi lokasi dari area di mana jangkauan seluler tidak terjangkau tersedia. Namun, fitur tersebut tidak tersedia saat diluncurkan, dan Apple mengatakan beberapa hari yang lalu bahwa itu akan tersedia pada bulan November.

Benar saja, sekarang diluncurkan, sebagai bagian dari pembaruan iOS 16.1. Apple mengatakan dalam siaran pers, “SOS Darurat melalui satelit tersedia di AS dan Kanada mulai hari ini, 15 November, dan akan hadir di Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris pada bulan Desember.”

Emergency SOS mengandalkan jaringan satelit yang dimiliki dan dioperasikan oleh Globalstar, yang telah menyisihkan 85% kapasitas jaringannya hanya untuk Apple. Globalstar dan Apple juga telah menyiapkan pusat komunikasi untuk menyampaikan pesan SOS ke operator darurat setempat. Apple berharap fitur ini akan berguna untuk daerah pedesaan tanpa jangkauan seluler, serta zona bencana alam yang mungkin telah mengurangi konektivitas jaringan.

Setiap iPhone 14 menyertakan konektivitas satelit selama dua tahun — Apple belum mengatakan berapa biaya layanan setelahnya itu. Fitur tersebut mengandalkan hardware khusus di iPhone 14, sehingga tidak semua iPhone terbaik bisa mencobanya.

Sumber: Apple

Disadur dari HowToGeek.com.