Fix: Mengapa Linux Tidak Mendeteksi Adaptor Wi-Fi Saya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernah menginstal Linux di laptop, reboot, dan ternyata tidak dapat melihat kartu Wi-Fi Anda? Ini cukup mengempis. Cobalah petunjuk ini. Satu atau lebih dari mereka mungkin hanya membuatnya bekerja.

Linux dan Wi-Fi: Ini Hal yang Dibenci

Secara historis, Linux memiliki hubungan yang agak tegang dengan kartu Wi-Fi. Dalam beberapa tahun terakhir, situasinya telah banyak berubah—dan menjadi lebih baik—tetapi masih mungkin untuk mem-boot ke instalasi Linux baru Anda dan merasakan perasaan tenggelam ketika Anda menyadari bahwa Anda tidak memiliki Wi-Fi. mengidentifikasi berbagai komponen komputer target dan mengonfigurasi dirinya untuk bekerja dengan perangkat keras itu. Tetapi masalah masih bisa terjadi.

Memecahkan masalah perangkat keras itu sulit, terutama jika satu-satunya komputer yang Anda miliki adalah perangkat yang rusak. Jelas, tidak semua yang disajikan di sini akan berlaku untuk semua kasus. Tapi mudah-mudahan, sesuatu di bawah ini akan memperbaiki masalah Anda atau mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Sebelum Anda Menginstal

Lakukan riset. Sebagian besar distribusi memiliki daftar perangkat keras yang didukung. Tanyakan di forum mereka apakah ada orang lain yang menggunakan merek dan model laptop yang sama seperti yang ingin Anda gunakan. Apakah mereka memiliki masalah, dan jika demikian, bagaimana mereka memperbaikinya?

Untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang apa yang akan Anda hadapi, boot laptop Anda dari Live USB atau Live CD dari rilis terbaru dari distribusi yang Anda maksudkan. Anda kemudian dapat memastikannya berfungsi seperti yang Anda harapkan, tanpa melakukan instalasi.

Periksa hal-hal seperti resolusi layar dan grafik, alas mouse dan gerakan, serta koneksi Wi-Fi Anda. Jika mereka bekerja di lingkungan hidup mereka harus bekerja ketika Anda menginstal distribusi. Jika salah satu dari ini tidak berhasil, coba Live CD dari distribusi yang berbeda. Anda mungkin mendapatkan hasil yang berbeda. Jika itu masalahnya, dapatkah Anda mengidentifikasi alasannya? Mungkin mereka menggunakan kernel yang lebih baru, atau mereka menggabungkan driver dengan instalasi mereka.

Menggunakan perintah yang kami tunjukkan di artikel ini Anda dapat mengidentifikasi perangkat keras Wi-Fi di dalam laptop Anda. Dengan pengetahuan itu, Anda dapat melakukan beberapa pencarian web. Jika Anda beruntung, kartu Wi-Fi Anda akan berfungsi. Jika tidak, Anda mungkin perlu menggunakan beberapa teknik yang kami jelaskan di artikel ini.

Cari kombinasi tombol yang Anda perlukan untuk menghentikan urutan boot dan masuk ke BIOS laptop. Anda mungkin tidak membutuhkannya, tetapi jika Anda membutuhkannya, Anda akan senang mengetahuinya sebelumnya. Ini sering salah satu dari yang berikut: Esc, F2, F5, atau F10. Di banyak laptop, Anda harus menahan tombol “Fn” secara bersamaan. Pastikan Anda mengetahui apa saja tombol untuk masuk ke BIOS di laptop Anda.

Rencanakan apa yang akan Anda lakukan jika Wi-Fi tidak langsung muncul. Bisakah Anda menggunakan koneksi kabel untuk membawa laptop Anda ke internet? Jika tidak, apakah Anda memiliki akses ke komputer lain? Bisakah Anda menambatkan ke ponsel Anda dan menggunakannya untuk mengakses internet?

Sangat mudah untuk melompat langsung ke ujung terdalam dan mulai menyelidiki akar penyebab yang kompleks, tetapi jangan mengabaikan hal-hal sederhana.

Beberapa laptop memiliki sakelar eksternal fisik —biasanya penggeser—yang menonaktifkan Wi-Fi. Ini sering disamarkan dengan baik dan dirancang untuk menyatu dengan bodywork laptop. Secara tidak sengaja menggeser salah satu dari ini ke posisi “mati” akan mencegah Wi-Fi bekerja apa pun yang Anda lakukan di sistem operasi.

Dimungkinkan juga untuk menonaktifkan Wi-Fi dari BIOS. Reboot laptop Anda dan masuk ke BIOS. Temukan bagian jaringan atau Wi-Fi, dan pastikan Wi-Fi diaktifkan.

Biarkan urutan boot berlanjut. Masuk dan buka menu sistem dengan mengklik ujung kanan bilah status GNOME (atau di mana pun pengaturan jaringan berada di lingkungan desktop Anda). Jika ada entri menu berjudul “Wi-Fi Off”, klik itu.

Dari opsi menu yang diperluas, pilih “Turn on”.

Menu akan ditutup. Buka kembali, dan pilih “Pengaturan.”

Dalam aplikasi Pengaturan, pilih Wi-Fi dari bilah samping, dan pastikan bilah geser di bilah atas “aktif” dan penggeser mode pesawat “mati”. Kemudian pilih jaringan Wi-Fi untuk disambungkan.

Jika Anda tidak melihat salah satu opsi ini, kartu jaringan Anda tidak dikenali oleh sistem operasi.

Sekarang kami yakin kami tidak melewatkan dasar apa pun perbaikan, mari masuk ke seluk beluk pemecahan masalah kartu Wi-Fi.

Apakah Semua Jenis Jaringan Beroperasi?

Jika Anda memiliki koneksi ethernet di laptop, dan Anda bisa mendapatkan koneksi menggunakan koneksi kabel, maka jaringan beroperasi pada Anda laptop. Hanya Wi-Fi yang tidak berfungsi. Jika Anda tidak memiliki port Ethernet, Anda mungkin masih memiliki harapan dengan adaptor Ethernet.

Jika Anda tidak mendapatkan koneksi melalui koneksi kabel, berarti ada yang salah dengan kemampuan jaringan komputer, titik. Cobalah untuk membuat laptop Anda melakukan ping sendiri.

ping localhostping 127.0.0.1

Jika keduanya tidak berfungsi, manajer jaringan Anda mungkin hilang atau rusak. Coba instal ulang. Ini akan menginstalnya atau menggantinya jika sudah diinstal.

On Ubuntu ketik:

sudo apt install network-manager

On Fedora use:

sudo dnf install network-manager

On Manjaro, perintahnya adalah:

sudo pacman -Sy network-manager

Reboot, dan lihat apakah yang memperbaiki situasi.

Mengidentifikasi Perangkat Keras Kartu Wi-Fi

Jika Anda masih tanpa Wi-Fi, kami perlu mengidentifikasi perangkat keras kartu Wi-Fi. Perintah lspci akan mencantumkan semua perangkat PCI Anda.

lspci

Cari entri dengan “nirkabel” atau “wi-fi” dalam deskripsinya.

Di laptop ini, ini adalah Realtek RTL8723BE. Kami juga dapat melihat informasi ini menggunakan perintah nmcli, termasuk pengidentifikasi antarmuka jaringan.

nmcli

Antarmuka nirkabel kami wlan0 ditampilkan sebagai tidak tersedia, tetapi masih mengidentifikasi perangkat keras untuk kami.

Entri ini ditampilkan sebagai “perangkat lunak dinonaktifkan” karena kami telah mengubah Kartu Wi-Fi mati untuk meniru kegagalan. Dalam skenario dunia nyata, pesan di sini mungkin memberi Anda petunjuk tentang apa masalahnya atau apa yang mungkin terkait dengannya.

Mencoba Membawa Kartu Secara Online

Perintah iw terkadang terbukti berguna. Ganti wlan0 untuk antarmuka yang sesuai di komputer Anda.

iw dev wlan0 link

Kami diberi tahu bahwa antarmuka tidak terhubung. Mari kita coba dan memunculkannya.

sudo ip link set wlan0 up

Kami diberitahu bahwa koneksi jaringan tidak dapat diangkat karena rfkill . Ini adalah utilitas untuk secara paksa mencegah antarmuka jaringan frekuensi radio beroperasi. Kita bisa mendapatkannya untuk menunjukkan kepada kita apa yang diblokir.

rfkill list

Dan kita bisa memberitahunya untuk membuka blokir apa pun yang diblokir. Perhatikan bahwa jika kartu terdaftar sulit diblokir itu berarti ada sakelar fisik di laptop yang perlu disetel ke posisi “on”. Mari kita hapus blok perangkat lunak.

rfkill buka blokir wifirfkill list

Dalam kasus kami, ini tampaknya telah menyelesaikan masalah. Jika masalah Anda masih ada, kemungkinan masalah modul driver.

Memeriksa Driver

Kita dapat memeriksa driver yang digunakan menggunakan perintah lspci, dengan opsi -k (driver kernel).

lspci -k

Kartu nirkabel kami menggunakan “rtl8723be ” driver dan kernel module.

Kita dapat memeriksa apakah ini sedang dimuat dengan mencari log sistem menggunakan dmesg dan grep . Ganti “rtl8723be” dengan nama modul untuk komputer Anda.

sudo dmesg | grep rtl8723be

Jika Anda tidak melihat indikasi positif bahwa driver telah dimuat, periksa situs web dan bantuan online untuk distribusi Anda, dan cari petunjuk tentang cara mengunduh driver dari distribusi Anda. Distribusi sering kali memiliki paket paket driver umum yang mungkin dapat Anda gunakan, dan mereka mungkin memiliki aplikasi khusus distribusi untuk mempermudah pemuatan driver baru.

Jika Anda tidak dapat menemukan cara untuk mendapatkan driver dari manajer paket distribusi atau di situs web, Anda dapat meninjau daftar kartu nirkabel yang didukung, dan menemukan perangkat keras kartu Anda dalam daftar.

Mengeklik model—atau kecocokan terdekat—dari kartu Wi-Fi akan membawa Anda ke halaman khusus kartu. Halaman ini akan mencantumkan semua kartu dalam keluarga rilis perangkat keras tersebut. Lihat apakah kartu Anda terdaftar di sana.

Dalam kasus kami, kami mengklik tautan “rtl8723ae”, yang memberi kami halaman dengan rtl8723be yang tercantum di dalamnya juga.

Di bagian bawah halaman adalah tautan di bawah judul “firmware” .

Ini membawa Anda ke halaman repositori git untuk firmware. Gunakan perintah git clone dan salah satu lokasi yang tercantum di bagian bawah halaman untuk mengunduh repositori. Kami menggunakan:

git clone git://git.kernel.org/pub/scm/linux/kernel/git/firmware/linux-firmware.git

Di pohon direktori (besar) yang diunduh, Anda harus menemukan file driver yang sesuai untuk perangkat keras Anda.

Lihat instruksi distribusi Anda tentang cara terbaik untuk memuat ini.

Komunitas yang terkait dengan distribusi Linux adalah salah satu kekuatan terbesar Linux. Mintalah bantuan di komunitas distribusi yang Anda pilih. Kemungkinannya tinggi bahwa orang lain telah mengalami hal yang sama dengan yang Anda perjuangkan.

Itulah berita seputar Fix: Mengapa Linux Tidak Mendeteksi Adaptor Wi-Fi Saya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.