Foto potret ditampilkan dalam Lanskap di Windows 11 [Perbaiki]

Apakah foto Anda ditampilkan dalam mode lanskap secara otomatis di Windows 11/10? Beberapa pengguna mengeluh bahwa semua gambar di komputer mereka dibuka dalam mode lanskap di Microsoft Photos. Masalah ini sebagian besar dilaporkan pada gambar kamera RAW. Jika hal yang sama terjadi pada Anda, postingan ini akan menarik minat Anda. Di sini, kami akan menunjukkan cara menghentikan tampilan gambar potret dalam mode lanskap di PC Anda.

Foto potret ditampilkan dalam Lanskap di Windows 11

Jika foto Anda diputar secara otomatis dan ditampilkan dalam mode lanskap di PC Anda, berikut adalah perbaikan untuk mengatasi kesalahan tersebut:

Perbarui driver grafis AndaUnduh codec yang diperlukan.Nonaktifkan AutoRotation di Registri .Perbaiki atau setel ulang Foto Microsoft.Gunakan penampil gambar alternatif.1] Perbarui driver grafis Anda

Pastikan driver grafis Anda mutakhir. Mungkin driver grafis yang rusak atau ketinggalan jaman yang memicu masalah. Jadi, Anda dapat memperbarui driver grafis Anda ke versi terbaru dan memeriksa apakah masalahnya telah teratasi.

Baca: Bagaimana cara memeriksa codec yang diinstal?

2] Unduh codec yang diperlukan Jika Anda mencoba melihat gambar RAW di Microsoft Photos dan aplikasi memutar gambar Anda secara otomatis, unduh codec gambar RAW yang diperlukan dan instal di sistem Anda untuk menampilkan gambar dengan benar. Misalnya, jika Anda mencoba melihat gambar ARW, unduh Sony RAW Codec dari sumber online tepercaya lalu instal. Lihat apakah ini berhasil untuk Anda.

Baca : Paket Codec Media gratis yang populer untuk Windows 11

3] Nonaktifkan AutoRotation di Registry

Anda dapat mencoba menonaktifkan fitur AutoRotation di PC Anda menggunakan Peninjau Suntingan Registri. Ini akan menghentikan aplikasi Foto memutar gambar secara otomatis dan menampilkan gambar dalam mode lanskap.

Namun, sebelum melakukan itu, pastikan untuk membuat cadangan registri Anda agar lebih aman.

Sekarang, berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan AutoRotation melalui Registry Editor:

Pertama, aktifkan kotak perintah Run menggunakan Win+R dan masukkan regedit di kotak Open untuk meluncurkan aplikasi Registry Editor.

Sekarang, navigasikan ke alamat berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionAutoRotation Setelah itu, di panel sebelah kanan, klik dua kali pada DWORD Aktifkan .

Selanjutnya pada kolom Value data , masukkan 0 lalu tekan tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah selesai, keluar dari aplikasi Editor Registri dan reboot komputer Anda agar perubahan diterapkan.

Buka aplikasi Foto dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi sekarang.

Baca: Opsi Slideshow Aplikasi Photos hilang di Windows.

4] Perbaiki atau setel ulang Microsoft Photos

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah memperbaiki aplikasi Microsoft Photos untuk memperbaiki segala kerusakan yang terkait dengan aplikasi tersebut. Jika tidak berhasil, Anda dapat mengatur ulang Foto ke default aslinya dan melihat apakah itu membantu. Berikut cara melakukannya:

Pertama, buka aplikasi Pengaturan menggunakan Win+I. Sekarang, buka bagian Aplikasi > Aplikasi terinstal . Selanjutnya, cari aplikasi Microsoft Photos dan klik tombol menu tiga titik. Setelah itu, pilih Opsi lanjutan dan gulir ke bawah ke bagian Reset . Kemudian, klik tombol Perbaiki dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan prosesnya. Jika perbaikan tidak berhasil, klik tombol Reset untuk mengatur ulang Foto dan melihat apakah masalah telah diperbaiki. Lihat: Printer terus mencetak Lanskap, bukan Potret.

5] Gunakan penampil gambar alternatif Jika solusi di atas tidak membantu, Anda dapat menggunakan alternatif selain Microsoft Photos. Ada banyak aplikasi dan perangkat lunak penampil foto gratis yang memungkinkan Anda melihat gambar dengan benar. Ada penampil gambar yang bagus seperti One Photo Viewer, XnView, FastStone Image Viewer, dll.

Bagaimana cara memutar gambar di Windows 11?

Untuk memutar gambar di Windows 11, Anda dapat membukanya di aplikasi Foto. Setelah itu, klik opsi Putar dari toolbar atas atau tekan tombol pintas CTRL+R untuk memutar gambar searah jarum jam. Anda juga dapat memutar gambar di File Explorer. Tekan Win+E untuk membuka File Explorer dan arahkan ke folder gambar. Selanjutnya pilih gambar lalu klik opsi Putar ke kiri atau Putar ke kanan untuk memutar gambar.

Bagaimana cara mengubah Windows dari potret ke lanskap?

Anda dapat mengubah tampilan dari potret ke lanskap menggunakan Pengaturan Windows. Untuk itu, luncurkan aplikasi Pengaturan menggunakan Win+I dan buka bagian Sistem > Tampilan . Sekarang, klik tombol menu tarik-turun di sebelah opsi Orientasi tampilan dan atur ke Lansekap .

Sekarang baca: Monitor Second diperbesar di komputer Windows.

Itulah konten tentang Foto potret ditampilkan dalam Lanskap di Windows 11 [Perbaiki], semoga bermanfaat.