Google Chrome Memiliki Sidebar Pencarian Baru: Inilah Cara Menggunakannya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google telah menguji sidebar baru di Chrome yang membuat pencarian web lebih mudah, dan itu mulai diluncurkan lebih luas dengan dirilisnya Chrome 108. Berikut cara kerjanya, dan cara menggunakannya.

Pencarian samping baru telah dalam tahap pengembangan dan pengujian selama lebih dari satu tahun sekarang, tetapi itu tidak terkait dengan bookmark dan sidebar daftar bacaan yang diluncurkan pada tahun 2021. Saat Anda melakukan pencarian web, lalu klik tautan, kecil ikon untuk mesin pencari Anda akan muncul di sisi kanan bilah alamat. Jika Anda mengeklik tombol tersebut, hasil pencarian akan muncul lagi, tetapi kali ini di panel di sisi kanan layar.

Anda dapat mengeklik tautan lain di panel samping untuk mengganti halaman saat ini. Ini sangat membantu saat Anda perlu mengeklik beberapa hasil penelusuran, sehingga Anda tidak perlu frustrasi karena harus menavigasi bolak-balik berulang kali. Namun, ada beberapa kendala saat ini. Itu tidak mendukung semua mesin pencari – itu (tidak mengherankan) berfungsi dengan Google, tetapi tidak ketika opsi seperti DuckDuckGo ditetapkan sebagai pencarian default. Ada pekerjaan yang sedang berlangsung untuk penyedia pencarian lain untuk memiliki integrasi yang sama, tetapi belum semua mesin populer kompatibel.

Panel juga tampaknya hanya muncul ketika Anda menggunakan mesin pencari default Anda. Misalnya, jika Anda memiliki Bing sebagai mesin default dan melakukan pencarian dengan Google, panel tidak akan muncul.

Akhirnya, fitur tersebut belum diluncurkan untuk semua orang, tetapi dapat diaktifkan secara manual menggunakan flag fitur. Jika Anda tidak melihat tombol telusuri di kolom URL, navigasikan ke chrome://flags/#side-search dan chrome://flags/#side-search-dse-support (tempelkan ke kolom URL Anda) dan atur kedua dropdown ke “Diaktifkan”. Setelah Anda benar-benar keluar dari Chrome dan membukanya lagi, tombol tersebut akan muncul.

Disadur dari HowToGeek.com.