Google Drive Akan “Menghapus” File Duplikat Anda

BigTunaOnline/Shutterstock.com

Dalam upaya merampingkan Google Drive dan membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan Anda, Google meluncurkan fitur yang pasti akan memecah belah penggunanya. Segera, itu akan menggantikan semua file dan folder Anda yang disimpan di beberapa lokasi dengan shortcuts.

Sebelumnya, Anda dapat menyimpan satu file atau folder di beberapa lokasi. Misalnya, jika Anda memiliki spreadsheet “Pengeluaran Mingguan”, Anda dapat menyimpannya di folder bernama “Keuangan Pribadi” serta folder “Penganggaran Tahunan”. Sekarang, dengan perubahan ini, versi asli file tersebut akan tetap berada di satu lokasi, tetapi Anda dapat menempatkan pintasan ke dokumen di tempat lain di Google Drive Anda.

Tujuan Google di sini adalah untuk “menyederhanakan struktur file dan folder Anda dengan mengganti file dan folder yang disertakan di beberapa lokasi dengan pintasan.” Pintasan ini (semoga) memudahkan Anda untuk menavigasi dan menemukan file dan folder penting Anda.

Proses penggantian ini akan dimulai tahun ini, dan Google akan memberi tahu Anda beberapa minggu sebelum memulai dengan Drive Anda. Google akan membuat keputusan penggantian “berdasarkan kepemilikan file dan folder asli, dan akan mempertimbangkan akses dan aktivitas di semua folder lain untuk memastikan gangguan sekecil mungkin untuk kolaborasi.”

Kepemilikan folder maupun setelan berbagi tidak akan terpengaruh oleh perubahan tersebut. Proses penggantian dilakukan secara otomatis dan tidak ada opsi untuk keluar. Jika Anda tidak yakin tentang cara menggunakan pintasan di Google Drive, ada halaman Bantuan praktis yang memandu Anda melewatinya.

Jika Anda ingin menemukan file atau folder tertentu setelah proses penggantian selesai, itu juga tidak terlalu sulit. Cukup buka Google Drive dan ketik “is:replaced” di bilah pencarian di bagian atas halaman lalu tekan Enter. Tentu saja, Anda masih dapat memindahkan file asli yang tersisa sesuai keinginan Anda, dan semoga perubahan ini menyederhanakan Google Drive untuk Anda.

Sumber: Google via PCWorld

Itulah berita seputar Google Drive Akan “Menghapus” File Duplikat Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.