Google Drive Secara Misterius Kehilangan Data Pengguna

Google Drive telah kehilangan atau salah menaruh file beberapa orang, menurut beberapa laporan. Orang-orang yang terkena dampak mengatakan bahwa konten Google Drive mereka telah kembali ke keadaan sebelumnya, mengakibatkan hilangnya data selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Masalah ini pertama kali dilaporkan di rangkaian Dukungan Google pada tanggal 21 November. Seseorang menemukan bahwa semua file yang disinkronkan ke Google Drive mereka setelah Mei 2023 telah hilang secara misterius. Anehnya, struktur file Drive pengguna juga dikembalikan ke Mei 2023, dan akun mereka tidak menunjukkan aktivitas atau perubahan file setelah tanggal tersebut.

Orang lain mengatakan bahwa mereka telah kehilangan data penting selama bertahun-tahun. Ada beberapa cara untuk memulihkan data Google Drive, namun proses pemulihan tidak berfungsi dalam situasi khusus ini. File yang hilang tidak berada di sampah Google Drive dan tidak dapat disinkronkan dari cache offline.

Kami masih menunggu komentar resmi dari Google. Namun, bagaimanapun juga, Google secara aktif berkomunikasi dengan mereka yang telah mengirimkan tiket dukungan. Dalam satu pesan, karyawan Dukungan Google menyatakan, “hal ini sekarang sedang diselidiki oleh Insinyur Produk kami,” dan mengonfirmasi bahwa beberapa pelanggan Drive mengalami kehilangan data.

Mengenai alasan hal ini terjadi—yah, ini hanyalah dugaan siapa pun, dan banyak orang sedang menebak-nebak. Beberapa pengguna menyalahkan kebijakan akun tidak aktif Google, yang seharusnya tidak berlaku hingga Desember 2023. Pengguna lain percaya bahwa pembaruan Google Drive untuk Desktop v84.0 bertanggung jawab, namun pembaruan v84.0 mulai diluncurkan seminggu kemudian. sebelum pengguna melaporkan kehilangan data.

Penyedia penyimpanan cloud jarang kehilangan jejak data. Dan, meskipun data dihapus secara manual dari penyimpanan cloud, biasanya data tersebut dapat dipulihkan. Namun kehilangan data bukanlah hal yang tidak pernah terjadi di dunia penyimpanan cloud. Awal tahun ini, penyedia Denmark bernama CloudNordic kehilangan semua data pelanggannya karena serangan ransomware. Itu sebabnya file penting harus selalu disimpan di beberapa lokasi, termasuk rumah Anda.

Jika Anda terkena masalah ini, kirimkan tiket dukungan dan tunggu sebentar. Kami masih belum tahu apakah data yang hilang telah terhapus atau hanya salah tempat. Jika Google berhasil memulihkan data Anda, perubahan baru apa pun yang Anda buat pada Drive mungkin hilang dalam prosesnya.

Sumber: The Register