Haruskah Anda Membeli Drone?

Drone lebih mudah diakses daripada sebelumnya dan sekarang tersedia dalam berbagai ukuran dan harga. Tapi sebelum Anda meraih dompet Anda, ada beberapa hal yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.

Terlepas dari alasan Anda mempertimbangkan drone, sejauh ini rintangan terbesar yang harus Anda selesaikan adalah Anda undang-undang dan peraturan drone setempat. Kami akan berfokus pada undang-undang yang berlaku di AS, jadi jika Anda membaca ini dan Anda berada di luar negeri, maka Anda perlu melakukan penelitian untuk memastikan Anda tidak melanggar peraturan drone di negara Anda. .

Di AS, Anda harus lulus Uji Keamanan UAS Rekreasi (TRUST) Federal Aviation Administration (FAA) sesuai undang-undang federal. Ini adalah tes gratis yang membutuhkan waktu kurang dari satu jam yang dapat diselesaikan secara online. Setelah lulus, Anda akan mendapatkan sertifikat yang harus Anda pegang dan tunjukkan kepada penegak hukum saat diminta. Jika sertifikat Anda hilang, Anda harus mengikuti tes lagi.

Melewati tes ini memungkinkan Anda menerbangkan drone dengan bobot di bawah 0,55 lb (250g) di bawah 400 kaki di Kelas G (wilayah udara tak terkendali) untuk tujuan rekreasi. Jika drone Anda memiliki berat lebih dari 0,55 lb, maka Anda harus mendaftarkan drone Anda ke FAA seharga $5 per drone dan memberikan informasi termasuk alamat, nomor telepon, dan nomor seri drone Anda.

Setelah Anda mendaftarkan drone Anda, Anda akan menerima nomor registrasi yang harus Anda tampilkan di drone Anda. Pendaftaran Anda berlaku selama tiga tahun, setelah itu Anda harus mendaftar ulang untuk $5 lagi. Sertifikat TRUST dan pendaftaran drone hanya mengizinkan Anda terbang untuk tujuan rekreasi di wilayah udara yang tidak terkendali.

Bahkan dengan kondisi ini terpenuhi, Anda harus terbang di bawah 400 kaki (sekitar 120 meter), mempertahankan garis pandang visual dengan drone Anda, pastikan Anda memiliki lampu di drone Anda saat terbang di malam hari, dan tidak mengganggu pesawat berawak dengan cara apa pun. Anda tidak dapat menerima kompensasi dalam bentuk apa pun untuk menerbangkan drone Anda tanpa menjadi Pilot Drone Bersertifikat untuk tujuan komersial.

Hambatan terbesar yang harus diatasi di sini adalah terbang di wilayah udara yang tidak terkendali. Jika Anda tinggal di kota besar atau dekat bandara atau fasilitas militer, Anda mungkin harus bepergian untuk menerbangkan drone Anda secara legal. Jika Anda tinggal di antah berantah, Anda mungkin bisa terbang tepat di atas rumah Anda. Lihat Peta Zona Geo Terbang Aman DJI untuk melihat apakah area lokal Anda berada di bawah batasan apa pun.

Jenis Drone Apa yang Tersedia?

Ada banyak drone di pasaran, termasuk sejumlah besar model lama di pasar barang bekas . Sebagian besar drone yang kita bahas di bawah ini dibuat oleh DJI, yang secara konsisten membuat lompatan terbesar dalam teknologi drone konsumen (meskipun perusahaan lain seperti Parrot dan Ryze patut untuk dilihat). Ini berkisar dari drone FPV (tampilan orang pertama) kecil yang dirancang untuk balap dan akrobat, hingga drone yang cukup besar untuk memasang seluruh kamera dan sistem gimbal untuk produksi film profesional.

Pada akhirnya, pilihan drone Anda bergantung pada tujuan penggunaan Anda. Jika Anda ingin menghindari keharusan mendaftarkan drone Anda, model kecil di bawah 0,55 lb sangat ideal. Berat drone dihitung dikurangi baterai, dan ada banyak model hobi dan FPV yang tersedia yang termasuk dalam braket ini.

Seri DJI Mini dibuat khusus untuk memenuhi peraturan FAA ini. DJI Mini 2 (mulai $449) dan DJI Mini SE (mulai $299) adalah drone ultra-kompak dan ringan yang ideal untuk pendatang baru atau siapa saja yang menyukai perjalanan ringan. Jika Anda ingin membawa drone hiking atau berkemah, itu sempurna tetapi mereka mengorbankan beberapa optik yang lebih canggih dan fitur keselamatan yang terlihat pada model yang lebih mahal.

Jika Anda suka mengotak-atik dan membuat drone Anda sendiri, adegan drone FPV tidak dapat dikalahkan. Buka forum seperti intoFPV.com atau subreddit r/FPV untuk melihat berbagai build yang ditawarkan. Seiring waktu Anda akan belajar cara memperbaiki dan mengganti komponen, meningkatkan drone Anda dengan suku cadang baru, dan menjadi lebih efisien dalam terbang (ditambah drone FPV dimaksudkan untuk menjadi ringan, jadi sebagian besar memenuhi peraturan FAA sub-0,55 lb).

Jika Anda memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan atau Anda menginginkan drone yang lebih mumpuni maka Anda mungkin ingin melihat model seperti seri DJI Air (termasuk Mavic Air), atau seri DJI Phantom. Drone ini memiliki muatan yang jauh lebih tinggi, baterai yang lebih besar, lebih banyak fitur keselamatan seperti sistem penghindaran rintangan, dan kontrol yang menggabungkan tampilan (daripada mengandalkan ponsel cerdas atau headset FPV Anda). modul kamera kelas atas yang dapat diganti, dan jajaran DJI Inspire yang dirancang bagi pembuat film untuk membawa sistem kamera besar. Kecuali jika Anda memiliki beberapa ribu dolar yang membakar lubang di saku Anda, ini akan berlebihan untuk kebutuhan Anda.

Untuk Apa Anda Menggunakan Drone Anda?

Banyak pemilik drone memiliki sedikit “alasan” untuk memiliki drone mereka selain minat pada penerbangan , dan tidak ada yang salah dengan itu. Di sinilah hobi yang lebih murah dan drone FPV menjadi miliknya sendiri, menawarkan jalur yang terjangkau menjadi hiburan yang menggembirakan. Drone

FPV biasanya dirancang dengan kecepatan dan kelincahan dalam pikiran, sering kali mengabaikan kamera dan umpan video berkualitas tinggi yang mendukung desain ringan yang berbelok dan berakselerasi dengan cepat. Drone hobi seperti seri DJI Mini kurang bermanuver tetapi mungkin memiliki kamera yang dapat menangkap foto dan video lumayan yang sebanding dengan smartphone.

AndaDrone dengan muatan lebih tinggi lebih menekankan pada kamera berkualitas, dengan beberapa diantaranya gimbal untuk rekaman video yang halus dan stabil. Banyak dari kamera ini menyertakan sistem pelacakan cerdas yang akan membuat Anda tetap dalam bidikan saat Anda sedang bergerak, seperti saat bermain ski atau bersepeda gunung. Hal ini membuat mereka lebih cocok untuk fotografi dan penggemar videografi.

Drones memiliki kegunaan selain menyenangkan untuk terbang atau untuk alasan fotografi. Salah satu contohnya adalah pemilik rumah yang menggunakannya untuk memeriksa tempat-tempat yang sulit dijangkau, termasuk selokan, atap, dan puncak pohon. Perlu diketahui bahwa operator drone non-komersial tidak diizinkan untuk menerima pembayaran apa pun untuk layanan mereka, dan itu termasuk fotografi komersial.

Pertahankan Biaya dalam Perspektif

Sementara drone FPV dan penghobi sering dianggap terjangkau, waspadalah terhadap drone “siap terbang” yang murah yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Seperti produk murah lainnya, produk ini seringkali memiliki kualitas pembuatan yang buruk, dengan masa pakai baterai yang sangat singkat. Uang yang Anda masukkan ke dalam drone murah yang rusak saat pertama kali digunakan dapat digunakan untuk model kualitas yang lebih tinggi atau proyek FPV yang dapat Anda perbaiki sendiri.

Ini membawa kita ke poin lain: pertahankan biaya “sebenarnya” drone Anda pikiran saat membeli. Sementara DJI Mini SE mulai dari sekitar $299 untuk drone dan baterai, sebagian besar operator drone akan menginginkan aksesori seperti satu atau dua baterai cadangan (masing-masing $55 untuk Mini 2), tas jinjing ($39), dan tambahan opsional seperti pelindung baling-baling. ($19).

Hal ini juga berlaku untuk model yang lebih mahal, yang umumnya menggunakan baterai berkapasitas lebih tinggi yang harganya lebih mahal ($115 untuk DJI Air 2S). Jika Anda tertarik untuk mengambil foto RAW atau video 4K berkualitas tinggi, Anda juga harus memperhitungkan biaya kartu memori berkapasitas tinggi yang cepat. Aksesori lain seperti pengisi daya ekstra dan pengisi daya mobil membuat hobi drone Anda dapat melonjak harganya dalam waktu singkat.

Fotografer sering menyebut ini sebagai “sindrom akuisisi gigi” atau disingkat GAS. Jika Anda tidak yakin apakah penerbangan drone adalah hobi Anda, pertimbangkan untuk membeli model bekas sebelum Anda berkomitmen pada paket “Terbang Lebih Banyak” saat checkout.

Gadget Lain yang Mungkin Anda Minati

Jika Anda tidak dapat terbang mudah di wilayah udara yang tidak terbatas, tidak yakin bahwa Anda hanya penggemar menerbangkan drone, atau khawatir tentang ledakan biaya untuk membeli drone, ada banyak gadget lain yang mungkin ingin Anda belanjakan sebagai gantinya.

Drone adalah akhirnya kamera yang bisa terbang. Anda akan mendapatkan gambar yang lebih baik dari kamera khusus seperti keluarga kamera saku RX100 Sony, atau kamera mirrorless yang dapat dipertukarkan seperti X-T3 Fuji. Fotografi adalah hobi dengan batasan yang jauh lebih sedikit, meskipun juga bisa menjadi sangat mahal.

Tersedia juga kamera aksi dan kamera 360 derajat yang dapat memberikan perspektif baru tentang hobi Anda yang sudah ada. Kamera ini dapat meningkatkan aktivitas Anda yang sudah ada seperti hiking, bersepeda, melakukan perjalanan darat, kayak, atau sekadar pergi berlibur dan jalan-jalan. Pasangkan kamera Anda dengan gimbal untuk video yang mulus guna mendapatkan produksi yang terlihat profesional di rumah.

Untuk nilai hiburan, pertimbangkan konsol modern seperti Xbox Series X atau PlayStation 5. Meskipun Nintendo Switch mungkin merupakan salah satu konsol terlaris, Valve’s Steam Deck adalah alternatif yang layak untuk gamer yang ingin memainkan perpustakaan Steam mereka saat bepergian. Pilihan lainnya adalah headset VR seperti Valve Index atau Oculus Quest 2.

Jika aspek remote control (RC) yang paling Anda minati, mobil RC selalu menjadi pilihan. Secara khusus, dunia perayap batu RC yang luar biasa memungkinkan Anda mengubah halaman belakang menjadi hutan belantara untuk ditaklukkan dalam skala mikro. Seperti drone, model rock crawler sangat modular, dan mempelajari cara memperbaiki dan mengganti suku cadang adalah bagian penting dari hobi.

Drone Sangat Menyenangkan

Semoga Anda sekarang tahu lebih banyak tentang kepraktisan dan penggunaan yang ditawarkan drone. Mereka menyenangkan untuk diterbangkan dan menawarkan peluang fotografi udara yang unik tetapi datang dengan peraturan unik dan pertimbangan praktis yang perlu diingat.

Jika Anda siap untuk menggigit peluru, lihat pilihan drone terbaik kami (serta drone murah terbaik Review Geek untuk pemula). Fotografer harus memberi perhatian khusus pada filter lensa apa yang dapat dibawa ke fotografi drone.

Itulah berita seputar Haruskah Anda Membeli Drone?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.