Haruskah Anda Membeli iPhone Langsung dari Apple atau Operator?

Membeli iPhone bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama ketika Anda dihadapkan pada pilihan untuk membeli dari operator atau toko resmi Apple. Jika Anda ingin tahu mana yang akan menjadi pilihan yang tepat, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Artikel ini akan membantu Anda menentukan yang paling cocok untuk Anda dan memberikan nilai terbaik untuk uang.

Kenyamanan Biaya di Muka

Faktor penting saat membeli telepon adalah biaya di muka yang diperlukan untuk membeli perangkat. Saat membeli iPhone di toko Apple, Anda harus membayar semua uang di muka.

Dengan operator, ini tidak terjadi. Anda tidak perlu memiliki semua uang yang Anda butuhkan untuk membeli telepon karena pembayaran didasarkan pada angsuran bulanan. Anda dapat masuk ke toko operator, melakukan semua dokumen, dan berjalan keluar dengan iPhone tanpa mengeluarkan uang.

iPhone Terkunci vs. Tidak Terkunci

Saat Anda membeli ponsel langsung dari Apple, ponsel itu tidak terkunci. IPhone yang tidak terkunci diprogram untuk bekerja dengan antena dari berbagai penyedia layanan seluler. Fitur ini memberi Anda fleksibilitas untuk beralih di antara operator nirkabel yang berbeda. Ini adalah pilihan yang bagus. Jika Anda tidak menyukai layanan yang disediakan oleh satu operator, Anda selalu dapat mengubah ke yang lain.

Sebaliknya, membeli telepon dari operator Anda mengikat Anda ke operator itu karena iPhone terkunci. Akibatnya, jika Anda ingin mencoba operator yang berbeda di masa mendatang, maka membeli dari Apple adalah pilihan yang paling masuk akal. IPhone yang tidak terkunci juga cocok jika Anda sering bepergian, karena Anda dapat dengan mudah mengganti operator ke mana pun Anda pergi.

Anda dapat membuka kunci ponsel yang terkunci tetapi prosesnya bisa mahal. Pertama, Anda harus berbicara dengan operator Anda. Biasanya, sebagian besar operator mengharuskan Anda menutup kontrak dengan membayar biaya terminasi. Selain itu, Anda akan diminta untuk membayar biaya telepon yang tertunda secara penuh sebelum dapat dibuka kuncinya.

Perlindungan dan Asuransi Perangkat

Seperti item lainnya, Anda harus membeli iPhone yang memiliki perlindungan. Baik operator nirkabel dan Apple menawarkan beberapa tingkat perlindungan untuk iPhone Anda. Namun, kualitas pemeliharaannya sangat berbeda.

Sebagian besar operator menawarkan asuransi yang cukup solid. Verizon, misalnya, memberikan asuransi terhadap kerusakan, pencurian, dan kehilangan hanya dengan $13 per bulan. Selain itu, ini nyaman karena Anda tidak perlu menunggu berhari-hari untuk perbaikan sederhana untuk iPhone Anda.

Apple, di sisi lain, menawarkan AppleCare. Ini adalah dukungan telepon 90 hari dan garansi terbatas satu tahun terhadap cacat pabrik. Perhatikan bahwa perlindungan tidak memberikan kekebalan terhadap kerusakan atau pencurian.

Perlindungan Apple juga dilengkapi AppleCare+, yang merupakan versi superior AppleCare. AppleCare+ memiliki garansi dua tahun dan menawarkan dukungan perangkat selama dua tahun. Namun, Anda harus memilih AppleCare+ Theft and Loss jika Anda menginginkan perlindungan asuransi untuk kedua kemungkinan tersebut.

Harga untuk setiap paket meningkat saat Anda menaikkan program, dengan AppleCare+ Theft and Loss menjadi yang paling mahal.

Anggaran dan Biaya Tersembunyi

Anggaran adalah faktor inti ketika membeli utilitas atau produk apa pun. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami perbedaan biaya saat membeli iPhone dari operator Anda atau toko Apple.

Ada kekhawatiran yang meningkat bahwa membeli iPhone dari operator mungkin lebih mahal daripada membelinya langsung dari Apple. Meskipun kekhawatiran ini tidak sepenuhnya akurat, tugas Anda sebagai konsumen adalah meneliti kesepakatan sebelum menandatangani kontrak apa pun. Pastikan Anda menentukan opsi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan finansial Anda dan paling masuk akal secara ekonomi. Jika Anda tidak menghadapi kendala keuangan, ini mungkin bukan masalah besar, tetapi tetap menyenangkan untuk diketahui.

Namun, biaya iPhone dari kedua layanan tersebut cenderung agak mirip. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa harga tersebar di beberapa bulan. Selain itu, biaya umum kontrak akan lebih tinggi dengan operator karena sudah termasuk paket data. Oleh karena itu, operator dianggap sebagai cara paling mahal untuk mendapatkan iPhone baru.

Tekanan Beli

Karyawan Apple tidak bekerja berdasarkan komisi. Akibatnya, ketika Anda masuk ke toko mereka, mereka akan memberi Anda umpan balik yang tulus tentang apa yang harus Anda beli, tergantung pada informasi yang Anda berikan.

Di sisi lain, jika Anda menuju ke operator Anda, tenaga penjual bekerja berdasarkan komisi. Secara alami, mereka akan mencoba dan menekan Anda untuk membeli perangkat paling mahal dan aksesori tidak perlu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Nilai Tukar Tambah

Tukar tambah adalah bagian penting dari pasar ponsel yang berkembang pesat. Ini bukan waktunya untuk membuang iPhone Anda hanya karena sudah tua. Anda selalu dapat menukarnya dengan model baru. Dibandingkan dengan operator, Apple menawarkan harga tukar tambah yang sangat rendah. Anda dapat menukar iPhone 11 dengan harga sekitar $300.

Dengan kesepakatan yang sama di Verizon, angkanya mencapai sekitar $800. Operator adalah pilihan terbaik Anda, oleh karena itu, jika Anda membuat keputusan pembelian berdasarkan nilai tukar tambah.

Di Mana Anda Harus Membeli iPhone

Memutuskan untuk membeli iPhone dari operator atau toko Apple bermuara pada apakah Anda mampu membayar semua biaya dimuka atau diangsur bulanan. Tentu saja, lebih banyak yang dilakukan untuk membeli suatu produk daripada sekadar pertanyaan tentang berapa biayanya di muka. Beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan termasuk asuransi, nilai tukar tambah, kontrak penguncian, dll.

Selamat Membeli

Ponsel telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Kami menghabiskan sebagian besar waktu kami di ponsel kami, baik bekerja, menghibur diri sendiri, atau berbicara dengan orang yang kami cintai. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan paket yang Anda gunakan untuk pembelian Anda guna memastikan Anda memeras nilai maksimum dari produk.

Pernahkah Anda membeli telepon dari Apple dan operator? Yang merupakan kesepakatan terbaik? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.