Haruskah Anda Membeli Pembangkit Listrik Portabel?

Jika Anda menikmati alam bebas, berkemah, bekerja di lokasi konstruksi, atau ingin bersiap-siap saat listrik padam, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli pembangkit listrik portabel. Power bank berukuran kotak makan siang ini sangat berguna, dan di sini kita akan membahas beberapa pro, kontra, dan mengapa Anda menginginkannya.

Apa itu Pembangkit Listrik Portabel?

Apa itu dan bagaimana pembangkit listrik portabel kerja? Ini adalah perangkat yang penuh dengan sumber daya yang berbeda untuk semua gadget Anda, termasuk kulkas, TV, laptop, kamera, speaker, drone, mesin CPAP, tablet, ponsel, pemanggang listrik, dll. Pada dasarnya ini hanya baterai raksasa.

Cara lain untuk jelaskan itu adalah bahwa mereka adalah generator bertenaga baterai yang diam dan dapat diisi ulang. Kebanyakan dari mereka kira-kira seukuran kotak makan siang atau pendingin kecil, dan mereka diisi dengan baterai lithium-ion besar yang mirip dengan apa yang Anda temukan di laptop, hanya lebih besar. Anda dapat mengisi dayanya di rumah atau dengan panel surya, lalu membawanya ke mana pun Anda membutuhkannya, atau menyimpannya untuk nanti.

Kami tidak sedang membicarakan generator, atau baterai portabel kecil untuk ponsel yang dapat Anda simpan di tas ransel. Itu sama sekali berbeda. Yang kami maksud adalah pembangkit listrik portabel 500 watt, 1000, atau bahkan 2.000 watt yang lebih besar yang penuh dengan stopkontak AC, port USB, port 12v, dan banyak lagi. Kotak kecil yang senyap ini memberikan daya sesuai permintaan di mana saja dan di mana saja.

Pembangkit listrik hadir dalam berbagai ukuran, fitur, dan berbagai titik harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Siapa yang Harus Menggunakan Pembangkit Listrik Portabel?

Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli pembangkit listrik portabel, Anda mungkin harus terus maju dan lakukan saja. Mereka elektronik yang sangat baik yang berguna untuk semua situasi yang berbeda. Seperti yang kami katakan sebelumnya, mereka sangat cocok untuk siapa saja yang suka pergi ke luar ruangan atau berkemah, terutama jika Anda lebih suka apa yang saya sebut “glamping” dengan kasur yang dapat ditiup, pemanas, lampu, atau kopi panas di pagi yang dingin di pegunungan.

Beberapa, seperti Anker Powerhouse, dilengkapi dengan lentera LED internal atau dapat diisi ulang dari panel surya, menjadikannya bagus untuk berkemah dan keadaan darurat. Saya memiliki kabin di pegunungan yang indah di luar Sion, Utah, dan membawa pembangkit listrik bersama saya setiap kali saya pergi. Saya dapat dengan cepat mengisi ulang ponsel, lentera bertenaga baterai, e-sepeda saya, dan saya bahkan menggunakannya untuk menjalankan pembuat kopi Keurig atau kipas angin di malam musim panas yang terik.

Ya, kabin saya memiliki generator bertenaga gas, tetapi pada malam hari tidak orang ingin mendengar mesin yang keras itu bekerja dan merusak suasana di sekitar api unggun. Saya sering mematikan lampu dapur Anker atau Jackery saya, menyimpan generator gas untuk nanti, jika perlu.

Berkemah hanyalah salah satu dari banyak alasan berbeda seseorang ingin membeli pembangkit listrik portabel. Mereka bagus untuk pekerja konstruksi di lokasi kerja, cocok untuk liburan keluarga di RV, dan ini adalah produk yang sangat baik untuk dimiliki jika terjadi keadaan darurat.

Tergantung pada ukuran pembangkit listrik portabel Anda, seseorang dapat menyimpan semua ponsel Anda, lentera , atau produk penting seperti mesin CPAP yang berjalan saat listrik padam. Dengan begitu, Anda akan dapat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, menerima peringatan cuaca, atau tidur dengan mesin pernapasan.

Misalnya, Jackery 500w akan mengisi ulang sebagian besar ponsel cerdas hingga 40 kali atau menjalankan lemari es selama 10 jam. Anda akan memiliki telepon dengan layanan seluler selama beberapa minggu selama keadaan darurat atau makanan dingin sampai listrik pulih.

Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Portabel?

Sekarang Anda tahu lebih banyak tentang pembangkit listrik portabel, berapa banyak yang harus Anda lakukan? menawarkan, dan bagaimana Anda bisa menggunakannya, saya ingin menyebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan mereka. Kemudian, itu akan sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan anggaran Anda.

Pros
Cory Gunther

Jelas, manfaat terbesar menggunakan pembangkit listrik portabel adalah Anda akan memiliki daya baterai dalam sekejap. Nah, selama Anda menyimpannya terisi penuh. Jika listrik padam di rumah, Anda dapat langsung mencabutnya, menyalakan komputer, mengisi ulang daya ponsel, atau menghubungkannya ke lemari es, agar makanan tidak cepat rusak.

Ada banyak situasi berbeda di mana salah satunya akan berguna. Dari keadaan darurat, bekerja, atau bermain. Mereka juga lebih kecil dan lebih ringan dari generator yang sebenarnya, belum lagi mereka senyap dan tidak melepaskan knalpot generator.

RELATEDUlasan Pembangkit Listrik Sungai: Sumber Daya yang Sempurna untuk Keadaan Darurat dan More

Kebanyakan dari mereka dapat diisi ulang melalui panel surya, bukan menggunakan bahan bakar, jadi yang Anda butuhkan hanyalah sedikit sinar matahari. Merek populer menawarkan panel surya, termasuk Jackery, atau panel surya pihak ketiga yang bekerja dengan merek lain seperti Goal Zero dan pembangkit listrik Anker.

Plus, mereka keren. Mampu meminjamkan teman atau orang lain dalam perjalanan berkemah kekuatan selalu merupakan perasaan yang baik.

Dan apakah kami menyebutkan bahwa Anda dapat mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan? Saya memiliki enam hal berbeda yang dicolokkan ke Anker Powerhouse 757 baru saya, semuanya mengisi daya atau berjalan secara bersamaan, dan menanganinya dengan mudah. Berbicara tentang Anker 757, ulasan saya akan segera hadir, dan jika Anda tidak ingin melewatkannya, berlanggananlah ke buletin harian kami.

Cons

Namun, tidak semuanya merupakan kabar baik. Pembangkit listrik portabel dan dapat diisi ulang harganya mahal dan seringkali harganya sama mahalnya dengan generator atau inverter biasa. Mulai dari $299 hingga lebih dari $1.000 dengan mudah saat Anda mulai menggunakan kapasitas yang lebih besar.

Beberapa opsi yang sangat besar, seperti EcoFlow Delta 3.600-watt, harganya lebih dari $3.000. Kemudian lagi, saya juga tidak akan menyebutnya “portabel”, dan sebaliknya, ini hanya sebuah pilihan dibandingkan sistem bertenaga gas tradisional.

Mereka juga relatif berat, dan tergantung pada jenis berkemah yang Anda lakukan, Anda mungkin tidak ingin membawa satu di sekitar. Pembangkit listrik portabel saya adalah Anker Powerhouse 800, dan beratnya sekitar 18 lbs. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, dan cukup mudah untuk dibawa ke tenda atau duduk di meja piknik.

Dan akhirnya, mereka tidak bisa menjalankan semuanya seperti yang bisa dilakukan generator. Sebagian besar pembangkit listrik portabel memiliki batasan beban maksimal dan hanya memiliki outlet AC 120V. Artinya tidak akan menjalankan peralatan yang lebih besar seperti mesin cuci, pengering, atau bahkan pemanas. Kulkas perlu dimatikan dan dihidupkan agar semuanya tetap dingin dan berfungsi dengan baik. Sebagai perbandingan, pemanas besar membutuhkan elemen pemanas yang terus menyala, yang akan menguras baterai lebih cepat dari yang diharapkan atau tidak bekerja sama sekali.

Haruskah Anda Membeli Pembangkit Listrik?

Sebagai penutup, haruskah Anda membeli pembangkit listrik portabel? Kami tidak dapat menjawabnya untuk Anda, karena itu sepenuhnya terserah Anda. Karena itu, kami telah memberikan beberapa alasan mengapa Anda menginginkannya, cara kerjanya, dan beberapa dari banyak manfaat memilikinya jika Anda membutuhkannya. Saya memiliki beberapa, meminjamnya ke teman atau keluarga, dan merekomendasikannya tanpa ragu-ragu.

Anda tidak perlu menjadi gila dan mendapatkan pembangkit listrik portabel 1500w yang besar. Merek populer seperti Anker, Jackery, Goal Zero, RockPals, dan lainnya memiliki versi yang lebih kecil dan lebih terjangkau.

Tentukan berapa banyak daya yang Anda butuhkan atau inginkan dengan nyaman, apa yang Anda mampu, dan pilih yang terbaik untuk Anda. Perlu diingat bahwa pembangkit listrik portabel memiliki beberapa keterbatasan, tetapi manfaatnya bisa jauh lebih besar daripada kekurangannya.

Pada akhirnya, mereka adalah pilihan yang sangat baik untuk dimiliki di gudang senjata Anda.

Itulah berita seputar Haruskah Anda Membeli Pembangkit Listrik Portabel?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.