Haruskah Anda Menggunakan Audio Lossless di Apple Music?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Lossless audio akan meningkatkan pengalaman mendengarkan Anda di Apple Music, menambahkan detail yang hilang dalam proses kompresi yang digunakan aliran normal. Namun, Anda memerlukan headphone berkabel untuk mendengar perbedaannya, dan Anda harus menghindari penggunaan audio lossless pada koneksi dengan bandwidth terbatas.

Pada tahun 2021, Apple Music mulai menawarkan seluruh perpustakaannya dalam audio lossless. Tapi apa sebenarnya audio lossless itu? Apakah ada kerugian untuk mendengarkan musik dalam format lossless Apple? Dan seberapa bagus suaranya?

Apa Itu Lossless Audio?

Ketika berbicara tentang file audio, ada dua tipe dasar: file terkompresi dan tidak terkompresi.

File tidak terkompresi membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan daripada file terkompresi, tetapi mereka memiliki kelebihan. Jika Anda mengedit musik, file yang tidak dikompresi dapat dimuat ke dalam memori lebih cepat karena perangkat lunak yang Anda gunakan untuk membukanya tidak harus mendekompresnya terlebih dahulu. Inilah sebabnya mengapa Anda biasanya hanya melihat file WAV yang tidak terkompresi dan jenis file serupa yang digunakan di Pro Tools dan digital audio workstations (DAWs) lainnya.

Untuk sekadar mendengarkan musik, Anda mungkin lebih peduli dengan ruang penyimpanan dan bandwidth daripada perangkat Anda membutuhkan satu atau dua detik sebelum mulai memutar lagu. Inilah mengapa kami mengompresi file audio.

Ini dimulai dengan file seperti MP3, yang sebenarnya membuang bagian dari file asli untuk membantu mengecilkannya. Kompresi semacam ini dapat membuat file menjadi kecil, tetapi Anda tidak akan pernah dapat mengembalikannya agar sesuai dengan aslinya. Sebagai singkatan, ini kadang-kadang disebut sebagai “audio lossy” untuk membedakannya dengan format audio lossless alternatif, audio.

Lossless seperti FLAC dan ALAC Apple sendiri masih mengecilkan file sehingga jauh lebih kecil daripada file WAV yang tidak terkompresi. Perbedaannya adalah setelah didekompresi, file tersebut berisi audio yang sama persis dengan file aslinya, dan tidak ada yang hilang di sepanjang prosesnya.

Apple Music dan Lossless Audio

Spotify dan layanan lainnya (termasuk Apple hingga saat ini) menggunakan audio lossy, sebagai lebih mudah untuk streaming melalui seluler atau koneksi data terbatas lainnya. Kompresi ini terdengar lebih baik daripada MP3 lama, tetapi masih tidak membawa 100% sinyal asli.

Pada Juni 2021, Apple mengonversi seluruh katalognya, yang baru-baru ini menduduki puncak 100 juta lagu, menjadi lossless. Setelah Anda mengaktifkan audio lossless di Apple Music, layanan ini menggunakan codec ALAC Apple untuk mengirimkan audio lossless. Meskipun demikian, Anda masih dapat memilih streaming terkompresi, yang memperdagangkan kualitas audio yang sedikit lebih rendah untuk penggunaan data yang lebih sedikit melalui codec AAC Apple.

Apple Music bukan satu-satunya layanan yang menawarkan audio lossless, tetapi ini adalah salah satu dari sedikit layanan yang menyertakan lossless audio tanpa biaya tambahan. Ini bagus, karena memungkinkan Anda mencoba audio lossless untuk memutuskan apakah Anda menyukainya, tanpa menghabiskan ekstra selama sebulan untuk langganan tingkat yang lebih tinggi. Audio

Hi-Res juga tersedia sebagai bagian dari langganan Apple Music dasar. Karena itu, Anda memerlukan perangkat keras khusus untuk mendengarkan audio beresolusi tinggi, seperti yang akan kita bahas nanti di artikel ini.

Perangkat Keras yang Didukung untuk Audio Tanpa Rugi

Apple Music mendukung audio tanpa kehilangan di iPhone, iPad, macOS, dan Apple TV. Pada tahun 2021, Apple juga menambahkan dukungan audio lossless ke HomePod dan HomePod mini. Audio lossless di Apple Music juga tersedia di perangkat Windows dan Android.

Sayangnya, Anda mungkin tidak akan mendapat manfaat dari audio lossless jika Anda menggunakan koneksi Bluetooth. Agar audio lossless berfungsi, Anda harus mendengarkan dengan headphone berkabel, yang mungkin memerlukan adaptor Lightning ke 3.5mm, tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

Perhatikan bahwa meskipun Anda dapat mendengarkan audio lossless dengan mudah, hi- res audio tidak semudah itu. Adaptor pencahayaan atau port headphone pada perangkat lama hanya mendukung hingga 24-bit / 48Hkz. Aliran resolusi tinggi dapat mencapai lebih tinggi dari itu, biasanya 24-bit / 192kHz.

Untuk mendengarkan audio resolusi tinggi di Apple Music, Anda memerlukan beberapa perlengkapan tambahan, yaitu konverter digital-ke-analog eksternal (DAC). Ini terkadang menyertakan ampli headphone, tetapi jika tidak, Anda juga memerlukan ampli headphone atau amplifier terintegrasi untuk benar-benar mendengarkan musik Anda.

Dapatkah Anda Menggunakan AirPods untuk Audio Lossless?

Setelah mengaktifkan audio lossless, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa musik tidak terdengar lebih baik di AirPods Pro baru Anda. Jawabannya sederhana: tidak ada model AirPods yang mendukung audio lossless, baik melalui Apple Music atau layanan lain. Ini berlaku untuk AirPods asli, Pro, dan bahkan AirPods Max.

Alasannya sederhana. Saluran AirPods menggunakan codec AAC Apple melalui Bluetooth, yang tidak memiliki bandwidth yang cukup untuk audio lossless yang sebenarnya. Kami mulai melihat audio lossless melalui Bluetooth menjadi tersedia, tetapi tidak didukung di AirPods saat ini.

Apakah Audio Lossless Layak di Apple Music Layak?

Dalam sebagian besar kasus, ya, ada baiknya mengaktifkan audio lossless untuk Apple Music. Anda mungkin tidak selalu melihat perbedaan besar dalam kualitas suara, tetapi ada beberapa lagu di mana hampir semua orang akan melihat artefak kompresi, dan Anda tidak perlu khawatir tentang itu dengan audio lossless.

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu mendengarkan musik Anda dari Wi-Fi dan menggunakan data seluler, Anda mungkin ingin menonaktifkan audio lossless. Untungnya, Anda dapat menonaktifkan audio lossless untuk koneksi seluler dengan masuk ke Pengaturan> Musik> Kualitas Audio dan memilih “Kualitas Tinggi” atau “Efisiensi Tinggi” daripada “Lossless.” Anda dapat membiarkan audio lossless diaktifkan untuk Wi-Fi dan unduhan, memungkinkan Anda tetap memanfaatkan audio lossless dari waktu ke waktu.

Audio beresolusi tinggi adalah cerita lain. Bagi banyak orang, tidak sepadan dengan waktu dan biaya untuk membeli dan memasang perlengkapan eksternal untuk mendengarkan musik. Meskipun demikian, tidak ada ruginya dengan mengaktifkan audio lossless, dan Anda dapat menikmati musik lebih banyak lagi.

Disadur dari HowToGeek.com.