Haruskah Anda Menggunakan Tor Over VPN atau VPN Over Tor?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tor over VPN memungkinkan Anda mengakses web gelap dengan keamanan tambahan, sedangkan VPN over Tor berfungsi untuk melindungi Anda dari pandangan VPN Anda. Meskipun keduanya memiliki pro dan kontra, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari Tor melalui VPN.

Jika Anda telah melihat bagaimana Anda dapat menjelajah secara anonim, Anda mungkin menemukan ide untuk menggabungkan VPN dengan Tor. Itu melibatkan pemilihan, antara VPN di atas Tor dan Tor di atas VPN. Mari kita bahas apa arti istilah-istilah ini dan mana yang harus Anda gunakan.

VPN Over Tor vs. Tor Over VPN

Meskipun kedua pendekatan melakukan hal yang sangat berbeda, ide di baliknya sama: Anda menggabungkan Tor dan VPN untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia. Seperti yang kami jelaskan dalam artikel kami yang membandingkan VPN dan Tor, keduanya memiliki kekuatan dan kelemahan, dan menggabungkannya akan menghapus banyak kelemahannya dan meningkatkan kekuatannya. Namun, teori dan kenyataan sedikit bertabrakan di sini. Karena cara kerja teknologi ini, Anda tidak dapat menggabungkannya secara langsung; Anda harus memilih salah satu dari dua pilihan. Entah Anda terhubung terlebih dahulu ke VPN Anda dan kemudian ke jaringan Tor—Tor melalui VPN—atau pertama ke Tor dan kemudian ke VPN—VPN melalui Tor. itu sebagai “Tor through a VPN”—adalah cara untuk pergi jika Anda menginginkan keamanan VPN tetapi masih perlu menggunakan Tor untuk mengakses web gelap. Mengikuti rute ini berarti Anda masih bisa mendapatkan akses ke situs-situs ini tetapi tidak perlu khawatir tentang implikasi keamanan penggunaan Tor.

Apa saja implikasi tersebut? Sekeren Tor, ada beberapa keraguan tentang betapa anonim dan amannya Tor sebenarnya. Bahkan jika Anda menggunakan banyak node untuk mengubah rute koneksi Anda, ada risiko kebocoran data, apalagi jika Anda terhubung ke node berbahaya. Dan koneksi Anda bisa sepenuhnya halal, tetapi menggunakan beberapa lompatan akan mengurangi kecepatan internet Anda menjadi sangat lambat, membuat persinggahan Anda ke layanan tersembunyi Tor menjadi pengalaman yang membuat frustrasi.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menghubungkan ke VPN sebelum menggunakan Tor. Cara kerjanya relatif sederhana: Anda membuka VPN, mengakses server lokal, dan dari sana membuka browser Tor. Dengan melakukan ini, Anda akan mengenkripsi koneksi Anda hingga standar yang lebih andal, tetapi, karena Tor terakhir dalam rantai, situs web gelap masih akan mengenali koneksi Anda berasal dari Tor dan dengan demikian membiarkan Anda masuk. Namun, Anda tidak mengenali koneksi Anda saat menggunakan VPN melalui Tor, atau menyambung ke Tor sebelum menggunakan VPN Anda. Ketika Anda melakukan ini, Anda kehilangan kemampuan untuk terhubung ke situs .onion, tetapi Anda mendapatkan anonimitas yang lebih besar karena Anda secara efektif menutupi lokasi Anda dari VPN Anda. Apakah Mereka Peduli?

Menggunakan VPN melalui Tor berguna jika Anda tidak mempercayai layanan VPN Anda, katakanlah dalam kasus menggunakan VPN gratis yang cerdik, atau untuk memastikan penyedia layanan internet (ISP) Anda tidak dapat melihat Anda menggunakan VPN—berguna di negara-negara yang melarang penggunaan VPN, seperti Rusia atau Cina. Yang mengatakan, ISP Anda masih dapat melihat Anda menggunakan Tor, yang mungkin masih membuat Anda ke air panas. Hal lain adalah bahwa ini kemungkinan akan sangat memperlambat koneksi Anda, terutama jika Anda multi-hop dengan Tor sebelum menggunakan VPN. Selain itu, saat Anda menyembunyikan penjelajahan dari VPN, kecuali Anda mendaftar secara anonim, layanan ini masih mengetahui siapa Anda. Jika Anda, misalnya, menggunakan kartu kredit untuk mendaftar, tampaknya tidak ada gunanya menyembunyikan penjelajahan Anda dari VPN: mereka tahu siapa Anda dan mereka dapat, jika situasinya muncul, mengungkapkan identitas Anda kepada pihak berwenang.

Memutuskan Antara VPN Over Tor dan Tor Over VPN

Meskipun VPN over Tor dan Tor over VPN memiliki kegunaannya masing-masing, Tor over VPN akan menjadi pilihan yang lebih baik bagi kebanyakan orang. Ini memecahkan beberapa masalah keamanan Tor sambil tetap membiarkan Anda terhubung ke layanan tersembunyi Tor. Faktanya, ini sangat berguna sehingga beberapa VPN menawarkannya sebagai fitur bawaan. Dua contoh terbaik adalah NordVPN dan ProtonVPN, tetapi ada juga yang lain. Namun,

VPN melalui Tor sedikit kurang berguna. Fungsi terpentingnya adalah untuk melindungi Anda dari pandangan VPN Anda, yang menimbulkan pertanyaan mengapa Anda menggunakan VPN yang tidak Anda percayai sejak awal. Jika privasi menjadi perhatian utama Anda, lebih baik Anda mendaftar ke VPN sadar privasi seperti Mullvad atau IVPN daripada mengutak-atik penyiapan Tor.