iMessage Biru vs Pesan Teks Hijau di iPhone – Apa Bedanya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Aplikasi perpesanan eksklusif
Apple, iMessage, memungkinkan Anda mengirim pesan iMessage, SMS, atau MMS dari perangkat Apple mana pun. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa pesan muncul dalam warna hijau dan beberapa berwarna biru, teruslah membaca saat kami membahas perbedaan dan tips untuk menyelesaikan masalah pengiriman iMessage.

Pesan Hijau vs Biru

Gelembung teks hijau menunjukkan bahwa pesan telah dikirim sebagai SMS/MMS biasa pesan. Gelembung teks biru mengonfirmasi bahwa pesan Anda telah dikirim ke pengguna Apple lain.

Alasan Mengapa Pesan Hijau Terkirim

Ada beberapa alasan mengapa pesan yang dikirim mungkin berwarna hijau.
Penerima tidak menggunakan perangkat AppleiPhone Anda tidak terhubung ke InternetDefault Pengaturan iMessage di iPhone Anda dinonaktifkan
SMS (Hijau) vs iMessage (Biru)

Layanan pesan singkat (SMS) adalah metode pesan teks tradisional yang mengirim dan menerima pesan melalui sinyal seluler. Sebaliknya, iMessage adalah layanan perpesanan eksklusif Apple yang mengirim pesan menggunakan data atau Wi-Fi.

Berikut kelebihan dan kekurangan iMessage vs SMS.
iMessage hanya dapat ditukar menggunakan perangkat Apple, sedangkan SMS kompatibel dengan semua smartphone. iMessage lebih terlindungi daripada SMS, menawarkan enkripsi ujung ke ujung untuk menjaga keamanan data. Aplikasi perpesanan pribadi lainnya termasuk WhatsApp atau Signal.iMessage menggunakan data seluler atau Wi-Fi Anda untuk bertukar pesan. Teks tidak termasuk dalam paket teks terbatas. iMessage menyertakan fitur rapi seperti menampilkan tiga titik yang berdenyut setiap kali seseorang memasukkan teks, dan tanda terima telah dibaca dikirim setelah pesan dibuka. iMessage tidak memiliki batas karakter. Pesan SMS memiliki batas karakter 160 karakter. Jika pesan melebihi 160 karakter, perusahaan telepon Anda akan memecahnya dan mengirim beberapa pesan 160 karakter.
Cara Memperbaiki iMessage “Harus Diaktifkan untuk Mengirim Pesan Ini” Error

Lihat perbaikan di bawah ini untuk mengatasi pesan kesalahan Tidak Dapat Mengirim Pesan. iMessage harus diaktifkan untuk mengirim pesan ini.

Pastikan iMessage Anda Diaktifkan

Pesan menunjukkan bahwa aplikasi iMessage mungkin tidak diaktifkan, jadi mari kita mulai dari sana. Berikut cara mengaktifkan aplikasi iMessage.
Buka “Pengaturan.” Pilih “Pesan.” Ketuk sakelar “iMessage” dan tunggu aktivasi. Jika sudah diaktifkan, nonaktifkan, lalu aktifkan kembali.
Apakah Server Apple iMessage Down?

Meskipun ini tidak ‘tidak sering terjadi, mungkin ada masalah dengan server iMessage untuk mencegah pesan dikirim. Kunjungi halaman Status Sistem Apple untuk memverifikasi apakah ini masalahnya.

Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Masalahnya mungkin masalah koneksi jaringan. Coba atur ulang pengaturan jaringan di ponsel Anda. Begini caranya.
Buka “Pengaturan.” Ketuk “Umum.” Pilih “Setel Ulang”, lalu “Setel Ulang Pengaturan Jaringan”. Jangan khawatir, karena ada beberapa opsi lagi untuk dicoba.

Setel Ulang Pengaturan iMessage

Untuk beberapa alasan, aplikasi iMessage mungkin tertidur. Coba bangunkan lagi dengan reset.
Buka “Pengaturan.” Ketuk “Pesan,” lalu pilih “Kirim & Terima.” Di bawah bagian “ANDA DAPAT DICAPAI OLEH IMESSAGE DI”, hapus centang pada alamat email dan nomor telepon. Ketuk ID Apple Anda, lalu pilih “Keluar.” Mulai ulang iPhone Anda, aktifkan iMessage dari “Pengaturan,” lalu masuk ke ID Apple Anda lagi.
Hapus iPhone Anda

Sebagai upaya terakhir, pertimbangkan untuk menghapus semua konten dan pengaturan Anda dari penyimpanan. Setel ulang semua pengaturan iPhone Anda untuk mengaturnya sebagai baru menggunakan cadangan iCloud Anda.
Buka “Pengaturan.” Pilih “Umum,” “Setel Ulang iPhone,” lalu “Hapus Semua Konten dan Pengaturan.”
iPhone Anda akan memulai ulang dengan semua konten dan pengaturan dihapus. Anda kemudian akan memiliki opsi untuk mengaturnya sebagai baru atau memulihkannya dari cadangan. Untuk mengaturnya sebagai baru, Anda memiliki kesempatan untuk mengikuti petunjuk pengaturan di layar.

Jika Anda masih mengalami masalah dalam mengirim iMessages, hubungi dukungan Apple.

Biru Adalah untuk Pesan Aman

Perbedaan antara teks hijau dan biru adalah apakah pesannya dienkripsi. Pesan biru dienkripsi, karena tetap berada di server iMessage Apple sementara pesan SMS/MMS tidak. Alasan lain mengapa pesan yang dikirim dari iPhone Anda tampak hijau dapat mencakup masalah dengan aplikasi iMessage atau server iMessage. Apa pun itu, ada beberapa opsi untuk menyelesaikan masalah.

Apa yang paling Anda sukai dari aplikasi iMessage? Menurut Anda, fitur tambahan apa yang dapat disertakan Apple untuk meningkatkannya? Bagikan ide Anda di bagian komentar di bawah.