INDEX dan MATCH vs. VLOOKUP vs. XLOOKUP di Microsoft Excel

 

Lookup di Microsoft Excel ideal untuk menemukan apa yang Anda butuhkan saat Anda memiliki data dalam jumlah besar. Ada tiga cara umum untuk melakukan ini; INDEX dan MATCH, VLOOKUP, dan XLOOKUP. Tapi apa bedanya?

INDEX dan MATCH, VLOOKUP, dan XLOOKUP masing-masing berfungsi untuk mencari data dan mengembalikan hasil. Mereka masing-masing bekerja sedikit berbeda dan memerlukan sintaks khusus untuk rumusnya. Kapan Anda harus menggunakan yang mana? Mana yang lebih baik? Mari kita lihat sehingga Anda tahu opsi terbaik untuk Anda.

Menggunakan INDEX dan MATCH

Jelas, kombinasi INDEX dan MATCH adalah campuran dari dua fungsi yang disebutkan. Anda dapat melihat petunjuk kami untuk fungsi INDEX dan fungsi MATCH untuk detail spesifik tentang penggunaannya secara individual.

Untuk menggunakan duo ini, sintaks untuk masing-masing adalah INDEX(array, row_number, column_number) dan MATCH(value, array, match_type).

Ketika Anda menggabungkan keduanya, Anda akan memiliki sintaks seperti ini: INDEX(return_array, MATCH(lookup_value, lookup_array)) dalam bentuk paling dasar. Paling mudah untuk melihat beberapa contoh.

Untuk menemukan nilai di sel G2 dalam rentang A2 hingga A8 dan memberikan hasil yang cocok dalam rentang B2 hingga B8, Anda akan menggunakan rumus ini:

=INDEX(B2:B8,MATCH(G2 ,A2:A8))

Jika Anda lebih suka memasukkan nilai yang ingin Anda temukan daripada menggunakan referensi sel, rumusnya terlihat seperti ini di mana 2B adalah nilai pencarian:

=INDEX(B2:B8,MATCH("2B", A2:A8))

Hasil kami adalah Houston untuk kedua rumus.

Kami juga memiliki tutorial yang menjelaskan secara rinci tentang penggunaan INDEX dan MATCH jika itu pilihan Anda.

Menggunakan VLOOKUP

VLOOKUP telah menjadi referensi populer fungsi di Excel untuk beberapa waktu. V singkatan dari Vertikal, jadi dengan VLOOKUP, Anda melakukan pencarian vertikal dan itu dari kiri ke kanan.

Sintaksnya adalah VLOOKUP(lookup_value, lookup_array, column_number, range_lookup) dengan argumen terakhir opsional sebagai True (perkiraan cocok) atau False (pencocokan persis).

Menggunakan data yang sama seperti untuk INDEX dan MATCH, kita akan mencari nilai di sel G2 dalam rentang A2 hingga D8 dan mengembalikan nilai di kolom kedua yang cocok. Anda akan menggunakan rumus ini:

=VLOOKUP(G2,A2:D8,2)

Seperti yang Anda lihat, hasil menggunakan VLOOKUP sama dengan menggunakan INDEX dan MATCH, Houston. Perbedaannya adalah VLOOKUP menggunakan rumus yang jauh lebih sederhana. Untuk detail selengkapnya tentang VLOOKUP, lihat how-to.

Jadi mengapa ada orang yang menggunakan INDEX dan MATCH daripada VLOOKUP? Jawabannya adalah karena VLOOKUP hanya berfungsi ketika nilai pencarian Anda berada di sebelah kiri nilai kembalian yang Anda inginkan.

Jika kami melakukan kebalikannya dan ingin mencari nilai di kolom keempat dan mengembalikan nilai yang cocok di kolom kedua, kami akan tidak menerima hasil yang kita inginkan dan bahkan mungkin menerima kesalahan. Seperti yang ditulis Microsoft:

Ingat bahwa nilai pencarian harus selalu berada di kolom pertama dalam rentang agar VLOOKUP berfungsi dengan benar. Misalnya, jika nilai pencarian Anda berada di sel C2, maka rentang Anda harus dimulai dengan C.

INDEX dan MATCH mencakup seluruh rentang sel atau larik, menjadikannya opsi pencarian yang lebih kuat meskipun rumusnya sedikit lebih rumit.

Menggunakan XLOOKUP

XLOOKUP adalah fungsi referensi yang tiba di Excel setelah VLOOKUP dan mitra HLOOKUP (pencarian horizontal). Perbedaan antara XLOOKUP dan VLOOKUP adalah bahwa XLOOKUP berfungsi di mana pun nilai pencarian dan pengembalian berada dalam rentang sel atau larik Anda.

Sintaksnya adalah XLOOKUP(lookup_value, lookup_array, return_array, not_found, match_mode, search_mode). Tiga argumen pertama diperlukan dan serupa dengan yang ada di fungsi VLOOKUP. XLOOKUP menawarkan tiga argumen opsional di bagian akhir untuk memberikan hasil teks jika nilainya tidak ditemukan, mode untuk jenis kecocokan, dan mode untuk cara melakukan pencarian.

Untuk tujuan artikel ini, kami akan berkonsentrasi pada tiga argumen pertama yang diperlukan.

Kembali ke rentang sel kita dari sebelumnya, kita akan mencari nilai di G2 dalam rentang A2 hingga A8 dan mengembalikan nilai yang cocok dari rentang B2 hingga B8 dengan rumus ini:

=XLOOKUP(G2 ,A2:A8,B2:B8)

Dan seperti dengan INDEX dan MATCH serta VLOOKUP, rumus kami mengembalikan Houston.

Kami juga dapat menggunakan nilai di kolom keempat sebagai nilai pencarian dan menerima hasil yang benar di kolom kedua:

=XLOOKUP(20745,D2:D8,B2:B8)

Dengan mengingat hal ini, Anda dapat melihat bahwa XLOOKUP adalah opsi yang lebih baik daripada VLOOKUP hanya karena Anda dapat mengatur data sesuka Anda dan tetap menerima hasil yang diinginkan. Untuk tutorial lengkap tentang XLOOKUP, kunjungi how-to.

Jadi sekarang Anda bertanya-tanya, haruskah saya menggunakan XLOOKUP atau INDEX dan MATCH, bukan? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Mana yang Lebih Baik?

Jika Anda telah menggunakan fungsi INDEX dan MATCH secara terpisah dan telah menggunakannya bersama-sama untuk mencari nilai, maka Anda mungkin lebih familier dengan cara kerjanya. Bagaimanapun, jika tidak rusak, jangan perbaiki, dan tetap gunakan apa yang membuat Anda nyaman.

Dan tentu saja, jika data Anda terstruktur untuk bekerja dengan VLOOKUP dan Anda telah menggunakan fungsi itu selama bertahun-tahun, Anda dapat terus menggunakan atau membuat transisi mudah ke XLOOKUP meninggalkan INDEX dan MATCH dalam debu.

Jika Anda ingin formula yang sederhana dan mudah dibuat ke segala arah, XLOOKUP adalah cara yang harus dilakukan dan dapat menggantikan INDEX dan MATCH. Anda tidak perlu khawatir tentang menggabungkan argumen dari dua fungsi menjadi satu atau mengatur ulang data Anda.

Satu pertimbangan terakhir, XLOOKUP memang menawarkan tiga argumen opsional yang mungkin berguna untuk kebutuhan Anda.

Opsi pencarian mana yang akan Anda gunakan di Microsoft Excel? Atau mungkin, Anda akan menggunakan ketiganya tergantung kebutuhan Anda? Tidak peduli apa, senang memiliki opsi!

Itulah berita seputar INDEX dan MATCH vs. VLOOKUP vs. XLOOKUP di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.