Inilah Cara Kerja Steam di Chromebook

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pada awal 2022, Google dan Valve mengumumkan bahwa Steam akan hadir di Chrome OS. Ini secara instan membuat Chromebook menjadi perangkat game yang jauh lebih mumpuni. Butuh waktu lama untuk ini terjadi, jadi bagaimana cara kerjanya?

Secara teknis, ada dua cara untuk memainkan Steam di Chromebook. Anda dapat mengunduh aplikasi Steam Link Android, yang mengalirkan game dari PC ke aplikasi, atau metode lebih baru yang memungkinkan game benar-benar dimainkan di Chromebook Anda. Itulah metode yang akan kami fokuskan.

Chrome OS ❤️ Linux

Ini mungkin tidak terlihat seperti itu, tetapi Chrome OS adalah sistem operasi berbasis Linux. Itulah mengapa dimungkinkan untuk menginstal aplikasi Linux di Chromebook yang mendukung fitur tersebut. Ini juga pada dasarnya apa yang memungkinkan untuk menjalankan Steam di Chromebook.

Pada awalnya, ini dimungkinkan melalui “Crouton,” yang merupakan serangkaian skrip yang memungkinkan distribusi Linux berjalan bersama Chrome OS. Kemudian, Google beralih ke “Project Crostini,” yang tidak memerlukan penggunaan aplikasi Linux dalam Mode Pengembang—manfaat besar.

Saat ini, aplikasi Linux di Chromebook berjalan di dalam mesin virtual dengan lingkungan Debian Linux. Steam tersedia di Linux; oleh karena itu, Steam tersedia di Chrome OS. Tapi itu melupakan sesuatu yang sangat penting—bagaimana dengan gamenya?

Terima kasih kepada Steam Deck

Pada tahun 2021, Valve mengumumkan Steam Deck. Perangkat genggam yang telah lama ditunggu-tunggu ini menempatkan game PC dalam bentuk faktor Nintendo Switch. Produk ini juga berperan dalam menghadirkan Steam ke Chromebooks.

Steam Deck menjalankan “Steam OS”, yang didasarkan pada Arch Linux. Meskipun berbasis Linux, Steam Deck dapat menjalankan game yang tidak memiliki versi Linux asli. Valve menghargai pekerjaannya di Steam Deck yang memungkinkan fungsionalitas yang sama dimungkinkan di Chrome OS.

Fitur “Steam Play” memungkinkan game Windows dimainkan di Steam OS berbasis Linux. Valve menggunakan versi Wine yang dimodifikasi untuk mewujudkan keajaiban ini. Implementasi Steam Deck jauh lebih “idiot proof” daripada Wine standar di Linux.

Valve mengatakan: “seluruh perpustakaan Steam Anda muncul, sama seperti PC mana pun” ketika Anda mengatur Steam Deck, dan sistem yang sama itulah yang membuat ini semua mungkin di Chrome OS. Singkatnya, Steam di Chrome OS kemungkinan tidak akan mungkin (saat ini) tanpa pekerjaan sebelumnya yang dilakukan Valve di Steam Deck.

Chromebook Mana yang Kompatibel?

Pada saat itu Dari tulisan September 2022, Steam di Chrome OS masih belum banyak tersedia. Namun, kami tahu Chromebook mana yang kompatibel. Seperti yang Anda duga, daftar ini terdiri dari model-model baru dengan persyaratan perangkat keras tertentu.

Acer Chromebook 514 (CB514-1W)Acer Chromebook 515 (CB515-1W)Acer Chromebook Spin 713 (CP713-3W)Acer Chromebook Flip CX5 (CX5500)Asus Chromebook CX9 (CX9400)HP Pro c640 G2 ChromebookLenovo IdeaPad Chromebook 5i

Memiliki salah satu Chromebook ini saja tidak cukup. Model yang tepat harus menyertakan prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi ke-11, RAM minimal 8 GB, dan Intel Iris Xe Graphics.

Begitulah cerita di Steam untuk Chromebook. Berkat kerja Linux dan Valve di Steam Deck, Anda dapat memainkan game PC di Chrome OS. Tentu saja, sebagian besar Chromebook tidak dimaksudkan untuk bermain game dan tidak memiliki perangkat keras untuk melakukannya, tetapi ini masih membuka peluang untuk menjadikan Chrome OS sebagai sistem operasi yang lebih serbaguna. Komputer Penuh Waktu?

Itulah berita seputar Inilah Cara Kerja Steam di Chromebook, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.