Inilah Cara Mendekode Angka di Nama Router Wi-Fi

Saat Anda berbelanja untuk router Wi-Fi baru, Anda pasti akan melihat mereka memiliki nama yang rumit. Berikut cara memecahkan kode arti angka-angka tersebut.

Mengapa Nama Router Begitu Membingungkan?

Banyak produk teknologi cenderung memiliki nama yang rumit karena produsen mencoba mengemas informasi sebanyak mungkin tentang produk untuk menarik pembeli dan mempermudah pencarian untuk produk. Konvensi penamaan router, khususnya, cukup rentan terhadap hal ini.

Meskipun penunjukan nomor kemungkinan tidak akan hilang dalam waktu dekat, kebingungan atas mereka, bersama dengan kebingungan atas penunjukan seperti 802.11ac dan 802.11ax persis mengapa ada dorongan ke arah penunjukan seperti Wi- Fi 6 dan Wi-Fi 7 untuk memudahkan konsumen rata-rata.

Jika Anda bukan orang yang suka menghitung angka dan mempelajari statistik teknologi, perincian dari berbagai sebutan router berarti bisa mendapatkan cukup fiddly. Jadi mari kita mulai dengan dasar-dasar arti huruf dan angka, lalu uraikan dengan beberapa contoh.

Huruf Menunjukkan Generasi Wi-Fi

Huruf yang Anda temukan di iklan router Wi-Fi, di kotak, dan dikemas ke dalam nama produk menunjukkan generasi tertinggi dari standar Wi-Fi yang didukung produk.

Secara formal, nama lengkap generasi Wi-Fi yang diberikan adalah IEEE 802.11[x] di mana bagian IEEE menunjukkan bahwa itu adalah Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), itu dalam keluarga 802 (yang mengatur jaringan komputer), dalam subkategori .11 (dicadangkan untuk Wi-Fi), dengan generasi yang ditunjukkan oleh [x] letter designation.

Itu cukup banyak dan sementara produsen mungkin tidak benar-benar mengeluarkan nama router dengan nama yang super ringkas dan elegan, mereka mencoba untuk memangkasnya menjadi hanya huruf terakhir.

Inilah arti huruf-huruf itu:

  • AC – Wi-Fi 5AX – Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6 EAXE – Tidak resmi. Digunakan oleh beberapa perusahaan untuk menunjukkan Wi-Fi 6E.BE – Kandidat untuk Wi-Fi 7. Anda tidak akan melihat ini di kotak produk dulu.
  • Ada sebutan huruf lain, seperti 802.11n dan 802.11g, tetapi versi ini Standar Wi-Fi sudah cukup usang pada saat ini (diperkenalkan pada tahun 2008 dan 2003, masing-masing) sehingga Anda tidak akan melihat perusahaan yang secara aktif mempromosikannya di depan dan di tengah.

Angka Menunjukkan Kecepatan Maksimum Teoretis

Sekarang setelah kita tahu apa arti huruf-huruf itu, saatnya untuk membongkar apa nomor berdiri untuk. Dan jika menurut Anda seluruh huruf tidak terlalu buram, Anda akan senang membongkar arti angka-angka tersebut.

Pertama dan terpenting: Bagian yang paling jelas. Angka setelah penunjukan huruf adalah kecepatan teoritis maksimum router, atau Maksimum Linkrate, dinyatakan dalam megabit per detik (Mbps).

Misalnya, jika router berlabel AC1900, yang memberi tahu Anda bahwa router menggunakan Wi-Fi 5 standar dan memiliki kecepatan maksimum teoritis 1900 Mbps. Jika router diberi label AX3000, router tersebut menggunakan standar Wi-Fi 6 dan memiliki kecepatan maksimum teoritis 3000 Mbps.

Sekarang, bagian yang kurang jelas: Ini bukan kecepatan maksimum yang dapat Anda alami dengan menggunakan satu perangkat. Ini adalah kecepatan maksimum teoretis yang dapat dicapai router dalam kondisi laboratorium yang ideal saat semua radio di router aktif dan dipasangkan dengan perangkat keras yang sama baiknya atau lebih baik.

Tidak ada kondisi dunia nyata di mana ponsel cerdas, komputer, atau konsol game Anda akan dapat mencapai, secara individual, kecepatan maksimum teoretis.

Menembus Kecepatan Maksimum Teoretis

Anda tidak akan pernah menjenuhkan koneksi router Wi-Fi Anda dengan satu perangkat. SFIO CRACHO/Shutterstock.com

Jika sebuah perusahaan mengiklankan bahwa router mereka adalah AC3200 tetapi tidak ada perangkat individual di jaringan yang dapat mencapai kecepatan itu, lalu dari mana bagian 3200 itu berasal, tepatnya? pengalaman pengguna yang lebih baik. Sebutan seperti “dual-band” dan “tri-band” menunjukkan fitur ini dan peningkatan jumlah antena memungkinkan peningkatan bandwidth dan peningkatan kecepatan secara keseluruhan.

Kunci untuk memahami nomor tersebut adalah bagian kecepatan “keseluruhan”. Router AC3200 itu tidak mengeluarkan semua 3000 Mpbs di satu koneksi tetapi memecahnya antara satu pita 2.4GHz dan dua pita 5GHz. Itu bukan hal yang buruk, tentu saja. Anda jauh lebih baik dengan beberapa perangkat mendapatkan koneksi yang cukup cepat ke router daripada satu perangkat mendapatkan ledakan penuh pula.

Ukuran nomor itu—AC600 versus AC3200 misalnya—hanya menunjukkan berapa banyak lagi perangkat keras yang dilemparkan pada masalah. Router AC600 memiliki radio 2.4GHz tunggal dan radio 5Ghz tunggal yang berjalan pada perangkat keras lama dengan modulasi frekuensi yang kurang canggih.

Sebaliknya, router AC3200 biasanya memiliki 4 radio 2,4GHz dan 4 radio 5GHz, dengan perangkat keras dan modulasi frekuensi yang ditingkatkan secara signifikan. Hasil akhirnya adalah kecepatan maksimum teoretis yang lebih tinggi serta pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan (terutama di rumah dengan banyak orang dan perangkat.)

Apakah Angka Kecepatan Maksimum yang Lebih Tinggi Selalu Lebih Baik?

Nomor AC atau AX yang lebih tinggi tidak otomatis menerjemahkan ke pengalaman yang lebih baik. Ada variabel lain di play.

Misalnya, jika Anda mengganti sistem mesh dengan beberapa AP dengan router yang berdiri sendiri yang memiliki nilai AC lebih tinggi, Anda mungkin tidak mendapatkan kinerja yang Anda harapkan. Mungkin sistem mesh lama Anda hanya AC1200 dan router baru Anda yang berdiri sendiri adalah sistem AC3000, tetapi sistem mesh lama menutupi rumah bergaya peternakan Anda yang luas dengan lebih baik yang memberi Anda pengalaman pengguna yang lebih baik. Pada saat itu, sesuatu yang secara teoritis lebih cepat tidak ada artinya jika secara praktis lebih baik.

Tetapi secara umum, ketika membandingkan apel dengan apel (dalam hal ini router yang berdiri sendiri dengan router yang berdiri sendiri atau sistem mesh ke sistem mesh) aman untuk bersandar pada nomor AC/AX untuk mendapatkan router yang lebih baik. Mengapa? Karena semua hal sama, produsen harus menggunakan perangkat keras yang semakin baik untuk mendorong kecepatan maksimum teoritis yang lebih besar dan lebih besar.

Itulah berita seputar Inilah Cara Mendekode Angka di Nama Router Wi-Fi, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.