Inilah Mengapa Anda Tidak Harus Menggunakan Ponsel Anda untuk Tes Kecepatan Internet

Sebagian besar dari kita menggunakan ponsel untuk hampir semua hal, jadi tampaknya wajar untuk mengambil ponsel Anda untuk menjalankan tes kecepatan pada koneksi internet rumah Anda. Inilah mengapa Anda harus menghindari melakukan itu—dan apa yang harus dilakukan sebagai gantinya.

Mengapa Ponsel Anda Menunjukkan Hasil yang Tidak Akurat

Pertanyaan yang sering kami ajukan dari tetangga dan teman kami yang peduli adalah “Saya menjalankan tes kecepatan di internet saya. Mengapa jauh lebih lambat dari yang saya bayarkan?”

Itu pasti pertanyaan yang valid. Siapa yang mau membayar paket internet tingkat atas hanya untuk mendapatkan kecepatan tingkat anggaran? Biasanya, ketika kami menggali lebih dalam, kami menemukan orang tersebut menjalankan tes kecepatan di ponsel cerdas mereka dan mereka kecewa karena hasilnya hanya sebagian kecil dari kecepatan yang diantisipasi. Tetapi hasil itu diharapkan dalam banyak kasus.

Bagaimana Tes Kecepatan Bekerja

Untuk memahami mengapa orang sering mendapatkan hasil tes kecepatan lambat saat menguji dari ponsel cerdas, kita harus melihat cara kerja tes kecepatan.

Kami telah melihat cara kerja tes kecepatan internet secara mendetail, tapi inilah satu poin relevan yang perlu diingat: Detail utamanya adalah ini: setiap kali Anda melakukan tes kecepatan, Anda tidak menghubungkan koneksi internet umum Anda ke server tes kecepatan. Anda menghubungkan perangkat tempat Anda menjalankan tes kecepatan ke server tes kecepatan.

Koneksi Wi-Fi Ponsel Anda Merupakan Hambatan

Perangkat, dalam hal ini ponsel Anda, harus menavigasi melalui jaringan rumah Anda terlebih dahulu dan setiap hal di antaranya perangkat dan server uji kecepatan berpotensi menjadi hambatan. Saat bandwidth maksimum Anda melebihi kapasitas perangkat keras jaringan apa pun antara modem Anda dan perangkat pengujian, Anda akan mendapatkan hasil yang tidak akurat.

Jika Anda mendapatkan hasil tes kecepatan yang merupakan sebagian kecil dari kecepatan internet yang Anda bayar saat menggunakan ponsel Anda, kemungkinan penyebab di balik kemacetan adalah router Wi-Fi Anda dan/atau perangkat Wi-Fi tempat Anda menjalankan pengujian.

Mengapa? Karena, kecuali untuk orang-orang dengan koneksi yang lebih lambat, kecepatan keseluruhan koneksi internet (yang diukur langsung di modem) lebih cepat daripada yang dapat ditangani oleh koneksi tunggal antara perangkat keras Wi-Fi dan perangkat Wi-Fi apa pun.

Ini tidak hanya mencakup smartphone tetapi semua yang lain di jaringan menggunakan Wi-Fi termasuk tablet, laptop, konsol game, perangkat streaming, dan TV pintar. Jika kecepatan broadband Anda secara keseluruhan lebih tinggi daripada yang dapat ditangani oleh peralatan Wi-Fi di rumah Anda, Anda akan selalu mendapatkan hasil yang tidak akurat saat menjalankan tes kecepatan menggunakan perangkat Wi-Fi.

Pengecualian untuk aturan ini, tentu saja, adalah jika Anda ‘re goyang perangkat keras yang sangat bagus terhubung ke koneksi broadband lambat. Router Wi-Fi baru yang dipasangkan dengan smartphone baru memiliki kapasitas bandwidth yang lebih dari cukup untuk melampaui koneksi DSL 25 Mpbs.

Membandingkan Tes Kecepatan Wi-Fi dan Ethernet

Seperti apa tampilannya dalam kondisi dunia nyata? Mari kita langsung ke contoh yang mungkin akan terasa akrab bagi banyak orang yang telah menjalankan tes kecepatan menggunakan ponsel cerdas mereka dan tanpa sadar mengalami masalah kemacetan.

Katakanlah Anda memiliki koneksi internet kabel atau fiber gigabit. Berikut adalah tampilan tes kecepatan yang dilakukan dengan ponsel Anda.

Uji sampel pertama kami dijalankan menggunakan aplikasi Speedtest.net iOS pada iPhone 13 yang terhubung ke jaringan Wi-Fi 5 pada koneksi serat gigabit di lokasi perumahan.

Sekitar 240 Mpbs untuk satu perangkat tentu saja bukan kecepatan koneksi yang buruk, pastinya. Pada kecepatan itu, tidak ada jumlah video streaming atau pembaruan game seluler yang akan Anda lakukan yang membuat Anda berkata, “Ugh, mengapa ponsel bodoh ini sangat lambat?” Tapi itu jelas bukan kecepatan yang Anda harapkan dari koneksi serat gigabit. Jadi, jika Anda menjalankan tes ini tepat setelah gigabit fiber terpasang, Anda mungkin akan sedikit kecewa.

Kami melakukan tes yang sama, menggunakan iPhone 13 yang sama, tetapi terhubung ke titik akses Wi-Fi 6 di rumah yang sama koneksi internet.

Beralih dari titik akses Wi-Fi 5 ke titik akses Wi-Fi 6 menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kecepatan unggah dan unduh karena iPhone 13 dapat memanfaatkan peningkatan yang ditawarkan Wi-Fi 6. Namun masih belum secara akurat mencerminkan bandwidth koneksi internet. Anda akan lebih senang dengan tes ini, tetapi mungkin masih bertanya-tanya mengapa Anda membayar internet gigabit jika Anda tidak mendapatkannya.

Ini adalah tes yang sama, dilakukan dengan komputer desktop dengan Gigabit Ethernet menggunakan situs Speedtest.net, semua saat terhubung ke jaringan rumah dan koneksi internet yang sama.

Hasil tes kecepatan di sini, sekitar 945 Mbps, lebih mencerminkan jenis kecepatan yang Anda harapkan dari koneksi serat gigabit. Mengingat kami tidak mengusir semua orang dari LAN untuk melakukan tes ini atau menjalankannya dalam isolasi total, kami tidak khawatir jika itu tidak menjadi 1000/1000 yang sempurna. Menghitung overhead umum dan aktivitas, itu cukup akurat.

Jika kami telah menguji koneksi yang sama menggunakan koneksi Wi-Fi laptop dan kemudian menghubungkan laptop ke router melalui Ethernet untuk menguji lagi, Anda dapat mengharapkan untuk melihat hasil yang sama meskipun pengujian dilakukan pada perangkat yang sama. Ethernet akan secara konsisten melampaui Wi-Fi dalam segala jenis pengujian kecepatan berkelanjutan.

Bagaimana Saya Harus Menguji Kecepatan Internet Saya? Router Wi-Fi dapat menangani,) lalu apa yang harus Anda lakukan?

Tes di Level Router

Ingat beberapa saat yang lalu ketika kami menekankan bahwa tes kecepatan sebenarnya menguji koneksi antara perangkat uji dan server uji kecepatan? Idealnya, Anda harus menguji kecepatan internet Anda dengan perangkat yang terhubung sedekat dan seefisien mungkin dengan modem.

Jika Anda memiliki perute modern dengan perangkat keras internal yang kuat, ada kemungkinan besar Anda dapat melakukan uji kecepatan pada perute itu sendiri dengan masuk ke panel kontrol router dan memulai tes di sana. Dalam hal kedekatan dan efisiensi, cukup sulit untuk mengalahkan menjalankan tes langsung pada perangkat keras yang menyalurkan koneksi internet ke seluruh jaringan Anda.

Uji Menggunakan Koneksi Ethernet

Solusi bagus lainnya, jika Anda tidak dapat menjalankan tes di router Anda , adalah menggunakan perangkat dengan antarmuka Ethernet seperti laptop, PC desktop, atau bahkan konsol game. Colokkan perangkat langsung ke modem Anda dan lakukan pengujian seperti itu. Jika Anda sudah memiliki pengaturan dengan sakelar jaringan yang terhubung ke modem/router Anda, Anda selalu dapat menyambungkannya.

Dengan asumsi Anda tidak menggunakan sakelar 10/100MB lama yang berdebu dengan modem fiber baru Anda atau menjalankan tes dengan laptop yang sangat lama dengan port 10/100MB, ini sama baiknya dengan menjalankan tes pada router itu sendiri selama perangkat keras Anda siap untuk menghabisi.

Tidak Dapat Melakukan Keduanya? Hubungi ISP

AndaJika Anda tidak memiliki perute yang mendukung pengujian pada perangkat dan rumah tangga Anda sepenuhnya Wi-Fi tanpa perangkat ethernet untuk menguji perute, Anda harus meminjam beberapa peralatan dari teman atau menghubungi ISP Anda .

Anda juga sebaiknya menghubungi ISP Anda jika Anda menjalankan tes kecepatan dengan perangkat keras yang tepat dan hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan, sehingga mereka dapat membantu Anda mengatasi masalah apa pun. Mungkin saja ada sesuatu yang tidak dikonfigurasi dengan benar pada akhirnya.

Dalam kedua situasi—kurangnya pengujian perangkat keras atau hasil yang menunjukkan ada masalah—mereka selalu dapat mengirim teknisi ke rumah Anda untuk menghubungkan alat diagnostik ke jalur dan aturan masalah koneksi atau perangkat keras apa pun di pihak mereka.

Jika ternyata masalahnya adalah peralatan jaringan Anda karena router Wi-Fi Anda cukup tua untuk memulai pelatihan pengemudi, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke yang baru.

Itulah berita seputar Inilah Mengapa Anda Tidak Harus Menggunakan Ponsel Anda untuk Tes Kecepatan Internet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.