Kapan & Cara Mengganti Mouse Lama Anda

 

Menggunakan mouse lama yang terus-menerus membeku atau melompat-lompat? Apakah sensor atau salah satu tombolnya rusak? Mari kita bicarakan kapan Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengganti mouse Anda.

Cari Tahu Masalahnya Dulu

Sebelum menentukan bahwa mouse Anda rusak dan perlu diganti, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya.

Solusi termudah adalah mencolokkan kembali mouse Anda ke USB lain Pelabuhan. Untuk mouse nirkabel, pasang kembali pemancar nirkabel atau sambungkan kembali mouse Anda melalui Bluetooth untuk mengatur ulang koneksi. Pastikan Anda telah memperbarui driver mouse Anda dan juga mengisi ulang baterainya. Jika saat ini Anda menggunakan driver terbaru, instal ulang.

Hembuskan udara ke dalam sensor untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin menghalanginya, menggunakan sekaleng udara bertekanan jika kamu memiliki satu. Jika itu tidak berhasil, coba gunakan mouse Anda di permukaan lain, seperti alas mouse atau meja yang berbeda. Colokkan mouse Anda ke komputer lain untuk melihat apakah komputer Anda bermasalah karena mungkin masalah malware.

Sayangnya, jika tidak ada metode ini yang berhasil, kemungkinan besar mouse Anda rusak, yang berarti Anda harus mendapatkan penggantinya. Raih mouse gaming Anda sendiri karena dibuat agar tahan lama. Juga, periksa apakah Anda masih dalam garansi sehingga Anda bisa mendapatkan penggantian gratis.

Jika Anda belum melakukannya, pastikan Anda mendapatkan alas mouse yang berkualitas, karena memberikan permukaan yang mulus secara konsisten untuk mouse Anda meluncur. Sebagian besar mouse tidak berfungsi dengan baik pada permukaan yang tidak padat atau halus, dan ini termasuk permukaan reflektif seperti meja kaca.

Bahkan jika menurut Anda mouse Anda akan berfungsi dengan baik di permukaan, selalu lebih baik menyimpannya di alas mouse untuk melindungi bagian bawah mouse dan permukaannya. Menggeser mouse Anda jutaan kali pada permukaan yang tidak terlindungi dapat cepat aus!

 

Tombol Mouse Rusak

Bahkan jika salah satu tombol pada mouse Anda tiba-tiba berhenti bekerja, rasanya semuanya tidak berguna. Tombol klik kiri atau klik kanan yang rusak adalah masalah besar yang menunggu untuk terjadi.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi tombol yang rusak. Tetapi pertama-tama, periksa untuk melihat apakah itu masalah perangkat keras atau perangkat lunak dengan mencolokkan mouse Anda ke komputer lain. Bagi mereka yang memiliki mouse nirkabel, pasangkan melalui Bluetooth atau pemancar nirkabel. Jika tombol berfungsi normal, maka ini adalah masalah perangkat lunak di komputer Anda. Jika tombol masih tidak berfungsi, itu masalah perangkat keras.

Sayangnya, semua mouse akhirnya rusak. Inilah sebabnya mengapa Anda akan melihat peringkat untuk jumlah klik yang membuat mereka bertahan. Misalnya, Razer DeathAdder Elite memiliki rating hingga 50 juta klik. Jika Anda belum mencapai peringkat klik mouse Anda, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri.

iFixit adalah sumber yang bagus yang menyediakan solusi langkah demi langkah. Setelah Anda mengetik nama mouse Anda di bilah pencarian, Anda harus mengganti panduan untuk berbagai bagian mouse Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan mouse Anda, coba hubungi mereka untuk mendapatkan dukungan. Atau, Anda dapat mencari secara online untuk menemukan solusi lain untuk model persis Anda. Ini mungkin tampak seperti banyak pekerjaan, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang jika Anda dapat memperbaikinya sendiri. Manfaat lainnya adalah Anda akan memiliki gambaran umum tentang cara memperbaiki mouse komputer!

Jika Anda berurusan dengan masalah perangkat lunak, solusi termudah adalah mengatur ulang mouse Anda kembali ke pengaturan pabrik. Anda harus dapat melakukan ini menggunakan perangkat lunak konfigurasi yang dirancang untuk mouse Anda. Misalnya, Razer menyarankan pengguna untuk menginstal Razer Synpase. Anda juga dapat mencoba memperbarui atau menginstal ulang driver mouse Anda di Device Manager.

Mouse Freezing atau Stopping

Salah satu masalah yang paling membuat frustrasi dengan mouse adalah ketika terus-menerus membeku atau berhenti bekerja sama sekali. Ini biasanya disebabkan oleh sensor mouse yang rusak. Anda mencoba menggerakkan mouse ketika tiba-tiba berhenti di jalurnya untuk waktu yang singkat. Bergantung pada seberapa buruk situasinya, mouse Anda dapat membeku selama beberapa detik setiap beberapa menit atau lebih.

Jika Anda menggunakan mouse nirkabel, coba biarkan tetap terpasang untuk melihat apakah itu membantu. Menggunakan baterai rendah dapat menyebabkan berbagai masalah, oleh karena itu Anda harus ingat untuk mengisi daya sebelum benar-benar habis. Anda juga harus mencoba memasang kembali mouse Anda ke port USB yang berbeda dan menginstal ulang atau memperbarui driver-nya.

Sayangnya, jika pembekuan terus terjadi, Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti mouse Anda sehingga Anda tidak perlu membuang waktu menunggu untuk mencairkan setiap beberapa menit. menit.

Mouse Disconnecting

Mouse yang terputus terus-menerus dapat mengganggu untuk ditangani. Anda sedang mengerjakan dokumen penting atau memainkan game favorit Anda dan kemudian, tiba-tiba, mouse Anda terputus saat masih terpasang.

Mencolokkan kembali ke komputer Anda berhasil sampai terjadi lagi, dan lagi. Anda jauh lebih mungkin mengalami masalah ini dengan mouse nirkabel, karena mereka menggunakan Bluetooth atau pemancar untuk terhubung secara nirkabel. Anda harus memeriksa perangkat keras mouse Anda termasuk pemancar untuk melihat apakah rusak. Kecuali Anda tahu cara memperbaiki perangkat keras, akan lebih mudah untuk mengganti seluruh mouse.

Itulah berita seputar Kapan Mengganti Mouse Lama Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.